--> Skip to main content

4 Perkara Yang Akan Di Terima Oleh Allah SWT Setelah Kita Meninggal Dunia


4 Perkara Yang Akan Di Terima Oleh Allah SWT Setelah Kita Meninggal Dunia

Sudah menjadi ketetapan Allah Subhanahu Wata'ala bahwasannya setiap mahluk hidup yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Hal tersebut telah di nyatakan oleh Allah Subhanahu Wata'ala dalam firmannya di surah Al-Imran ayat ke 185, yaitu :

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Artinya :
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.

Ketika manusia mati, maka ada 4 buah perkara yang akan diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. Keempat perkara tersebut adalah :
  • Iman
  • Islam
  • Ilmu
  • Amal
Berikut ini adalah penjelasan mengenai keempat buah perkara tersebut di atas, sebagai berikut :

1. IMAN

Kata iman secara bahasa berarti tashiq (membenarkan) atau bisa juga dimaknai sebagai pembenaran hati yang melahirkan sikap Terima dan tunduk. Sedangkan menurut istilah syar'i adalah "keyakinan dalam hati, perkataan rilisan, amalan dengan anggota badan, bertambah dengan melakukan ketaatan dan berkurang dengan maksiat".

Dalam Agama Islam, rukun iman terdiri dari enam perkara, yaitu :
Keimanan yang ada dalam diri seseorang akan mampu menjadi rem agar tidak terjerumus kedalam perbuatan keji dan dosa.

2. ISLAM

Tidak ada kematian yang lebih mulia kecuali mati dalam keadaan beriman dan Islam. Dalam agama Islam terdapat 5 buah rukun Islam yang perlu kita ketahui, yaitu :
  • Mengucapkan dua kalimat syahadat
  • Mendirikan Shalat Fardlu 5 waktu
  • Berpuasa di bulan Ramadhan
  • Menunaikan zakat fitrah
  • Berhaji bagi yang mampu
3. ILMU

Dalam ajaran agama Islam. menuntut ilmu hukumnya adalah wajib, karena semua syariat dalam ajaran Islam selalu di landasi dengan ilmu sehingga perlu dipelajarai agar ibadah yang kita kerjakan di terima oleh Allah Subhananhu Wata'ala.

Rasulullah Salallahu 'Alaihi Wassalam pernah bersabda :

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَةَ فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمَِ

Artinya :
"Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu.Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu.Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu."

Begitu pentingnya ilmu sehingga Allah Subhanahu Wata'ala telah mewajibkan kepada kita untuk mencarinya.

4. AMAL

Amal adalah perkara keempat yang akan di terima oleh Allah Subhanahu Wata'ala ketika kita meninggal dunia. Amal perbuatan kita terdiri dari macam yakni amal kebajikan dan amal keburukan. Setaiap amal kebajikan yang yang kita lakukan maka pasti akan mendapatkan pahala dari Allah dan sebaliknya setiap amal kebutukan yang kita lakukan juga akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Oleh karena itu kita hendaknya menyadari bahwa setiap kita pasti akan mengalami kematian, agar kita selalu terhindar dari segala perbuatan dosa karena hal tersebut kelak akan kita pertanggung jawabkan dihadapan Allah.

Ada tiga buah perkara yang akan di bawa oleh kita ketika kita meninggal dunia dan kembali kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Karena saat kita meninggal dunia maka terputuslah segala amal ibadah dan perbuatan kita kecuali tiga perkara. 
Ketiga perkara tersebut adalah :
  • Sedekah jariyah kita
  • Ilmu yang bermanfaat 
  • Anak shaleh yang mau mendo'akan kedua orang tuanya

Hal tersebut selaras dengan hadits Rasulullah Salallahu 'Alaihi Wassalam yang berbunyi :


إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، وعلم ينتفع به، وولد صالح يدعو له. رواه مسلم

Artinya :
Jika anak cucu adam mati maka semua amal perbuatannya terputus kecuali tiga hal. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan kedua orangtuanya. (HR. Muslim)

Demikianlah sekelumit artikel tentang 4 Perkara Yang Akan Di Terima Oleh Allah SWT Setelah Kita Meninggal Dunia. Semoga bermanfaat untuk Anda.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar