--> Skip to main content

10 Hadits Tentang Shalawat Dan 25 Fadhilah Keutamaan BerShalawat Kepada Nabi


10 Hadits Tentang Shalawat Dan 25 Fadhilah Keutamaan BerShalawat Kepada Nabi

Jika kita berbicara masalah shalawat Nabi tentu ada banyak sekali jenis dan macamnya. Ada banyak sekali referensi yang menguatkan tentang dasar – dasar hukum tentang keutamaan dari membaca shalawat Nabi tersebut.

Di dalam kehidupan masyarakat sehari – hari tentu kita sering menghadiri acara akekah dan potong rambut untuk bayi yang baru lahir. Biasanya dalam acara tersebut juga di bacakan bacaan – bacaan shalawat Nabi yakni bacaan maulid Barzanji yang sangat indah. Kitab “Barzanji” merupakan sebuah maha karya dari Syaikh Ja’far Al-Barzanji yang sangat terkenal dan fenomenal.

Saah seorang Ulama yang sangat terkenal yakni Imam As-Suyuthi dalam sebuah kitab yang di karangnya kitab “Lubbabul Hadits” bab keempat telah menuliskan tentang sepuluh hadis mengenai fadhilah atau keutamaan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Kesepuluh hadits tersebut adalah sebagai berikut :

1. HADITS PERTAMA

قال النبي صلى الله عليه وآله : (إنّ الله أعطى ملكاً من الملائكة أسماع الخلق ، فهو قائم على قبري إلى يوم القيامة ، لا يصلّي عليَّ أحد صلاة إلاّ سمّاه باسمه واسم أبيه ، وقال : يا محمّد صلّى عليك فلان بن فلان ، وقد ضمن لي ربّي تبارك وتعالى أن أردّ عليه بكلّ صلاة عشراً

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda:

Artinya :
“Sungguh Allah telah memberikan salah satu dari para malaikat semua pendengaran makhluk, ia berdiri di atas kuburanku sampai datangnya hari kiamat. Tidaklah seseoang bershalawat kepadaku kecuali ia akan menyebutkan namanya dan nama ayahnya, dan berkata: “Wahai Muhammad, fulan bin fulan telah bershalawat kepada anda, dan Tuhanku –Tabaraka wa Ta’ala- telah menjamin kepadaku untuk menjawab kepadanya untuk setiap satu shalawat dengan 10 shalawat”.

2. HADITS KEDUA

قال النبي صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَليَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا}.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda:

Artinya :
“Siapa yang membaca shalawat atasku satu kali, maka Allah akan bershalawat (memberikan rahmat) untuknya sepuluh kali.”

3. HADITS KETIGA

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَليَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا، وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ عَشْرًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا ماِئَةً، وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ مِائَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا ألْفًا، وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ ألْفًا لَمْ تَمسَّهُ النَّارُ}.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda:

Artinya :
“Siapa yang membaca shalawat atasku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali, siapa yang membaca shalawat atasku sepuluh kali, maka Allah akan bershalawat atasnya seratus kali, siapa yang bershalawat atasku seratus kali, Maka Allah akan bershalawat untuknya seribu kali, dan siapa yang shalawat atasku seribu kali, maka api neraka tidak akan menyentuhnya.”

4. HADITS KEEMPAT

وقال النبي صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَلْفَ مَرَّةٍ لَمْ يَمُتْ حَتَّى يُبَشَّرَ لَهُ بِالجَنَّةِ}.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda:

Artinya :
“Siapa yang membaca shalawat atasku seribu kali, maka ia tidak akan meninggal dunia sampai diberikan kabar gembira masuk surga untuknya.”

5. HADITS KELIMA

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ نَسِيَ الصَّلاَةَ عَلَيَّ فَقَدْ أَخْطَأَ طَرِيْقَ الجَنَّةِ}.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda:

Artinya :
“Siapa yang lupa membaca shalawat atasku (dengan sengaja), maka sungguh ia telah salah (dalam melewati) jalan surga.”

6. HADITS KEENAM

وقال صلى الله عليه وسلم: {صَلاَتُكُمْ عَلَيَّ مَحَّاقَةٌ}.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda:

Artinya:
“Shalawat kalian atasku adalah dapat menjadi pelebur (dosa-dosa kalian).”

7. HADITS KETUJUH

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَلَيَّ في كُلِّ جُمُعَةٍ أرْبَعِينَ مَرَّةً مَحَا الله ذُنُوبَهُ كُلَّهَا}.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda:

Artinya :
“Siapa yang shalawat atasku di setiap hari Jumat empat puluh kali maka Allah akan menghapus dosanya semuanya.”

8. HADITS KEDELAPAN

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ دُعاءٍ إلا بَيْنَهُ وَبَيْنَ السَّماءِ حِجَابٌ حَتَّى يُصَلِّيَ عَلَيَّ ، فإذا صَلَّى عَلَيَّ انْخَرَقَ ذالِكَ الحِجَابُ وَرُفِعَ الدُّعَاءُ}.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda:

Artinya :
“Tidak ada doa kecuali antaranya dan langit terdapat penghalang sampai ia bershalawat atasku, jika ia bershalawat atasku maka hijab (penghalang) itu akan terkoyak dan doa akan diangkat (tembus ke langit).”

9. HADITS KESEMBILAN

وقال صلى الله عليه وسلم: {إنَّ أوْلَى النَّاسِ بِي يَوْمَ القِيَامَةِ أكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلاَةً}.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda:

Artinya :
“Sungguh manusia yang paling pertama bersamaku di Hari Kiamat adalah yang paling banyak bershalawat atasku.”

10. HADITS KESEPULUH

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِيْ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ قَضَى اللهُ لَهُ مِائَةَ حَاجَةٍ سَبْعِيْنَ مِنْهَا لِآخِرَتِهِ وَثَلاَثِيْنَ مِنْهَا لِدُنْيَاهُ}.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda:

Artinya :
“Siapa yang bershalawat atasku dalam sehari seratus kali, maka Allah akan menyelesaikan kebutuhannya tujuh puluh di antaranya untuk akhiratnya dan tiga puluh darinya untuk dunianya.

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَمَلاَئِكَتُهُ عِشْرِيْنَ مَرَّةً وَلَمْ يَمُتْ حَتَّى يُبَشَّرَ بِالجَنَّةِ}.

Artinya :
“Siapa yang bershalawat atasku shalawat satu kali, maka Allah dan malaikat akan bershalawat atasnya sebanyak dua puluh kali dan ia tidak akan meninggal dunia sampai diberikan kabar gembira dengan surga.”

Itulah sepuluh hadits yang telah dijelaskan oleh Imam As-Suyuthi tentang keutamaan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW di dalam kitabnya yang berjudul "Lubbabul Hadits"

Selain itu, kita juga bisa mempelajari dan mengetahui tentang fadhilah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, antara lain :

1. Barang siapa yang bershalawat kepada Nabi maka Allah Subhanahu Wata'ala akan menurunkan rahmat kepadanya 10 kali lipat.

2. Allah Subhanahu Wata’ala akan menghapus dosa-dosa kecil yang kita lakukan dengan cara membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 11 kali setiap kali selesai menunaikan shalat fardhu.

3. Dengan membiasakan diri untuk membaca shalawat 100 kali setiap hari , insya Allah akan segera mendapatkan jodoh.

4. Dengan membaca shalawat sebanyak 7 kali pada air minum, maka Insya Allah , perut yang sakit akan segera sembuh.

5. Barang Siapa yang membaca shalawat 3 kali setiap setelah sholat 5 waktu akan dihilangkan kebuntuan pikiran dalam menghadapi masalah apapun.

6. Membaca dan mengamalkan bacaan shalawat 11 kali tiap kali selesai shalat fardu karena Allah akan mengindahkan akhlaknya menjadi lebih disenangi oleh orang lain.

7. Barang siapa yang membaca shalawat 33 kali setiap hari maka dapat menjernihkan hati , mudah memahami akan sesuatu ilmu yang diajarkan , di samping memperoleh ketenangan pikiran.

8. Barang siapa yang rajin membaca shalawat kepada Nabi maka akan mendapatkan keberkahan dalam apapun dengan syarat ia berusaha mencari ridla Allah SWT.

9. Membaca shalawat Nabi sebanyak mungkin setiap hari akan menjamin keselamatan hidup dan pertolongan dari Allah , ketika sedang menghadapi kesulitan hidup.

10. Menurut Syibab Ahmad , siapa bershalawat 3 kali setiap selesai shalat Subuh , Maghrib dan Isya , maka Allah akan menghindarkannya dari bencana.

11. Membaca shalawat sebanyak 1000 kali sehari , insya Allah akan dikaruniai kebijaksanaan pemikiran.

12. Barang siapa yang mengamalkan bacaan shalawat 11 kali setiap hari , maka dengan izin Allah dirinya akan dihormati dan dihargai oleh orang lain.

13. Menurut Sayyid Ahmad Dahlan , barang siapa yang bershalawat walaupun hanya sekali pada malam Jumat , saat mautnya kelak akan dimudahkan oleh Allah SWT seperti yang dihadapi oleh para nabi.

14. Barang siapa yang bershalawat 41 kali sehari , maka Insya Allah akan terhindar dari sifat tercela seperti sifat iri dan dengki.

15. Barang siapa yang bershalawat 1000 kali pada malam Jumat , maka Insya Allah akan memperoleh kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

16. Barang siapa yang bershalawat sebanyak 1000 kali setiap hari , maka Allah akan memeliharanya dari setiap ancaman musuh dan bahaya fitnah .

17. Membaca shalawat secara teratur setiap hari akan mampu membersihkan kekeruhan jiwa , dimudahkan segala urusannya oleh Allah SWT dan akan mendapatkan ampunan dari-Nya.

18. Menurut As - Shawi , siapa orang yang membaca shalawat secara rutin , akan terpelihara hatinya dari gangguan serta tipu daya setan yang melalaikan .

19. Membaca shalawat sebanyak 10 kali pada setiap waktu pagi dan petang akan memperoleh keridhaan serta dijauhkan dari murka Allah SWT.

20. Barang siapa yang membaca shalawat sebanyak 7 kali selama 7 hari Jumat secara berturut-turut , maka ia akan mendapatkan syafa’at ( pertolongan ) dari Nabi SAW.

21. Membaca shalawat 1000 kali setelah sholat hajat 2 rakaat akan mampu menghilangkan kecemasan , rasa dukacita serta dikabulkan Allah SWT akan hajatnya.

22. Rajin membaca shalawat Nabi maka dia akan mati dalam keadaan khusnul khatimah. Untuk itu bacalah shalawat Nabi sebanyak 10 kali setiap selesai shalat Maghrib.

23. Rasulullah SAW telah bersabda : “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sebanyak 100 kali pada hari Jumat , maka ia akan datang pada hari kiamat dengan kondisi bercahaya”. (HR Abu Naim).

24. Rasulullah SAW telah bersbda : “Barangsiapa bershalawat kepadaku 10 kali pada waktu pagi dan 10 kali pada waktu sore tiap hari , ia akan beroleh syaafaatku pada hari kiamat”. (HR Thabrani)

25. Menurut Al - Hafiz Dimyati , barang siapa yang berhajat untuk menemui Nabi SAW dalam mimpinya maka dianjurkan untuk membaca shalawat sebanyak 70 kali setiap hari.


referensi : doa-id.blogspot.com, bincangsyariah.com
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar