--> Skip to main content

Shalawat Nabi Adalah Bukti Cinta Kita Kepada Nabi Muhammad SAW



Di zaman modern seperti sekarang ini banyak orang yang mencari – cari alasan karena merasa kesulitan untuk menjadikan Rasulullah SAW sebagai seorang idola dengan alasan karena dia tidak pernah melihat Rasulullah SAW secara langsung. Itu adalah hanya sebuah alasan yang tidak logis karena kita memang tidak hidup di zaman yang sama dengan Nabi. Padahal menurut apa yang sering di sampaikan oleh para alim ulama, untuk mencintai Rasulullah SAW, kita tidak perlu membayangkan fisiknya akan tetapi kenalilah beliau dari keagungan budi pekertinya dan kepribadiannya yang agung.

Jika kita mencintai seseorang hanya karena bentuk fisik dan jasmaninya saja maka kita akan kecewa, karena ternyata isi di dalam hatinya belum tentu seindah fisiknya.

Allah SWT telah berfirman dalam surah Al- Ahzab ayat ke 21, yaitu :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا



Artinya :
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS. Al-Ahzab : 21)

Para ulama juga menerangkan bahwa ada beberapa keutamaan bershalawat sebagai bukti bahwa kita mencintai Rasulullah SAW. Sebagai contoh misalnya anjuran untuk membaca shalawat, sebagaimana perintah Allah SWT dalam surat Ahzab ayat ke 56 sebagai berikut :


إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا



Artinya :
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.

Pada ayat tersebut diterangkan bahwa Allah SWT bershalawat kepada nabi Muhammad SAW itu bermakna memberikan Rahmat, malaikat bershalawat dengan maksud memohonkan maghfirah Allah SWT sedangkan orang-orang beriman dianjurkan untuk banyak bershalawat karena kita memohonkan syafa’at kepada beliau agar kita selamat baik didunia maupun diakhirat kelak.

Salah satu acara yang diisi dengan pembacaan shalawat Nabi adalah acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam catatan sejarah Islam, Peringatan Maulid Nabi pertama kali di adakan oleh Shalahudin Al-Ayyubi yakni pada tahun 1184 Masehi atau 580 Hijriyah.

Pada perhelatan acara tersebut Sultan Shalahudin Al-Ayyubi mengadakan sebuah sayembara dan kompetisi untuk menulis bacaan - bacaan shalawat Nabi. Seluruh alim ulama dan sastrawan termashur di undang untuk mengikuti ajang tersebut. Akhirnya, sebagai pemenang tersebut terpilihlah sebuah karya dari Syaikh Ja'far Al-Barzanji. Kitab tersebut akhirnya melekat kepada beliau sehingga kitab karangn beliau tersebut di beri nama kitab "Barzanji". Kitab tersebut selain berisi puji - pujian kepada baginda Nabi SAW, juga berisi bacaan - bacaan shalawat dan juga riwayat serta nasab dari Nabi Muhammad SAW secara lengkap dan komperenship.

Tujuan dari Sultan Shalahudin Al-Ayyubi menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi lainnya adalah untuk mengobarkan semngat jihad dan perjuangan karena pada saat itu umat Islam sedang berjuang untuk mempertahankan diri dari serangan pasukan salib eropa, yakni Jerman, Perancis dan Inggris.

Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi sendiri adalah penguasa Haramayn (Dua Tanah Suci, yakni Mekkah dan Madinah) kemudian mengeluarkan instruksi kepada seluruh jemaah haji, agar jika kembali ke kampung halaman masing-masing segera mensosialisasikan kepada masyarakat Islam di mana saja berada, bahwa mulai pada tahun 580 Hijriah (1184 M) tanggal 12 Rabiul-Awal dirayakan sebagai Hari Maulid Nabi Muhammad SAW dengan berbagai kegiatan yang membangkitkan semangat perjuangan umat Islam.

Ternyata Peringatan Maulid Nabi SAW yang diselenggarakan oleh Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi tersebut membuahkan hasil yang sangat positif. Umat Islam kembali meneladani sunnah-sunnah Nabi SAW, dan kembali bersemangat untuk melawan kaum kafir. Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi akhirnya berhasil menghimpun kekuatan yang sangat besar hingga pada akhirnya, pada tahun 1187 M (583 H) Yerusalem bisa direbut kembali oleh Beliau dari tangan bangsa Eropa, dan Masjidil Aqsa kembali berfungsi sebagai masjid sebagaimana mestinya sampai dengan hari ini.

Berikut ini adalah sekilas informasi tentang Kitab "Barzanji" karya Syaikh Ja'far Al-Barzanji, antara lain :
  • Kitab Al-Barzanji adalah salah satu kitab yang paling populer dan paling luas tersebar ke pelosok negeri Islam terutama yang berkenaan dengan peringatan Maulid Nabi.
  • Kandungan kitab "Barzanji" merupakan khulasah (ringkasan) Sirah Nabawiyah yang meliputi kisah kelahiran Nabi, ketika menjadi rasul, saat hijrah, tentang akhlak Nabi, peperangan hingga wafatnya Nabi Muhammad saw..
  • Pada bagian awal kitab dilukisahkan tentang peristiwa kelahiran Muhammad SAW yang ditandai dengan banyaknya peristiwa ajaib seperti angin yang tenang berhembus, binatang-binatang yang tiba-tiba terdiam dan tumbuh-tumbuhan yang merundukkan daun-daunnya sebagai tanda penghormatan atas kelahiran Nabi.
  • Menuliskan kisah bahwa Muhammad SAW terlahir dalam posisi bersujud kepada Allah SWT dan pada saat yang bersamaan istana-istana para durjana tergoncang. Istana Raja Kisra retak, empat belas berandanya sampai terjatuh ke tanah. Demikian juga api sesembahan raja Persia yang tak pernah padam selama ribuan tahun lamanya, tiba-tiba padam ketika Nabi terlahir.

Salah satu bait, puji-pujian dan shalawat Nabi dalam kitab Barzanji" tersebut antara lain :
  • Ya Nabi salâm ‘alaika , artinya Wahai Sang Nabi, salam untukmu.
  • Ya Rasûl salâm ‘alaika , artinya Wahai Sang Rasul, salam untukmu.
  • Ya Habîb salâm ‘alaika , artinya Wahai Sang Kekasih, salam untukmu.
  • ShalawatulLâh ‘alaika , artinya Shalawat Allah selalu teruntuk padamu.

Demikianlah ulasan mengenai Shalawat Nabi Adalah Bukti Cinta Kita Kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah rasa cinta kita kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

referensi : galamedianews.com
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar