--> Skip to main content

Makna Rukun Iman Yang Kedua Beriman Kepada Malaikat - Malaikat Allah


Makna Rukun Iman Yang Kedua Beriman Kepada Malaikat - Malaikat Allah
Sumber gambar : pixabay

Santrikampung- Rukun iman yang kedua adalah beriman kepada malaikat - malaikat Allah. Seperti kita ketahui bahwa salah satu mahluk yang di ciptakan oleh Allah SWT yang mempunyai sifat mulia adalah para Malaikat. Menurut penciptaannya para Malaikat Allah di ciptakan dari unsur Nur (Cahaya). Jumlah Malaikat Allah sangatlah banyak dan tidak terhitung.

Berbeda dengan penciptaan manusia yang di lengkapi dengan akal dan nafsu maka tidak pada penciptaan para Malaikat. Malaikat di ciptakan hanyalah untuk menyembah kepada Allah SWT dan melaksanakan segala perintah Allah SWT sesuai dengan tugas dia di ciptakan. Malaikat tidak di lengkapi dengan nafsu (Syahwat), oleh karena itu sifat Malaikat hanyalah patuh menjalankan perintah Allah SWT.

Dalam Agama Islam ada sepuluh (10) Malaikat yang perlu di ketahui nama dan tugasnya. Kesepuluh Malaikat tersebut yaitu :

1.  Malaikat Jibril As

Malaikat Jibril As mempunyai tugas yaitu menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul.

2. Malaikat Mikail As

Tugas dari Malaikat Mikail adalah membagikan rizky kepada mahluk Allah SWT.

3. Malaikat Israfil As

Tugas Malaikat Israfil As adalah meniup terompet sangkakala di hari kiamat nanti.

4. Malaikat Izrail As

Tugas Malaikat Izrail As adalah mencabut nyawa mahluk Allah SWT apabila telah tiba waktunya.

5. Malaikat Munkar As

Tugas dari Malaikat Munkar As adalah memberikan pertanyaan kepada ruh manusia di alam kubur bersama - sama dengan Malaikat Nakir As.

6. Malaikat Nakir As

Tugas Malaikat Nakir As adalah memberikan pertanyaan kepada ruh manusia di alam kubur bersama - sama dengan Malaikat Munkar As.

7. Malaikat Raqib As

Tugas Malaikat Raqib As adalah mencatat segala amal kebaikan yang di perbuat oleh manusia selama hidup di dunia.

8. Malaikat Atid As

Tugas Malaikat Atid As adalah mencatat segala amal keburukan manusia selama hidup di dunia.

9. Malaikat Malik As

Tugas Malaikat Malik As adalah menjaga pintu neraka.

10. Malaikat Ridwan As

Tugas Malaikat Ridwan As adalah menjaga pintu syurga.

Tugas seorang muslim sesuai dengan rukun iman adalah percaya dan mengimani para Malaikat Allah yang jumlahnya tak terhingga  tersebut tidak terkecuali sepuluh  Malaikat yang tersebut diatas.

Malaikat adalah termasuk kedalam golongan mahluk ghaib yang di ciptakan oleh Allah SWT karena di ciptakan dari unsur Nur (Cahaya), dan salah satu dasar dari keimanan seorang Muslim adalah percaya adanya hal - hal ghaib di luar penglihatan kita sebagai manusia. 

Demikianlah artikel singkat tentang makna rukun iman yang kedua  beriman kepada Malaikat - Malaikat Allah. Semoga berguna dan membawa manfaat bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungannya.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar