Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghafal Al Quran

Cara Menghafal Al Quran

Sungguh layak bersyukur kepada Allah SWT, saat ini sudah banyak orang yang ingin menghafal Alquran. Alquran adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan malaikat Jibril. Alquran yang dihafalkan kelak di akhirat akan memberikan syafaat kepada orang yang membaca dan menghafalnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al Quran, sesungguhnya ia akan memberikan syafaat kepada orang yang membacanya di akhirat kelak”. Namun, tahukah Anda cara menghafal Alquran yang sederhana namun mudah diingat? 

One Day One Ayat

Cara menghafal Alquran degan mudah dapat dilakukan oleh siapa saja. Sekalipun, Anda seorang yang sibuk. Lakukanlah menghafal dengan one day one ayat, ‘sehari satu ayat’. Ini adalah cara paling mudah. Jika niat Anda memang ingin menghafal Alquran.

Anda cukup menggunakan waktu di pagi atau malam hari. Lakukanlah dengan teratur. Misalnya, di pagi hari setelah shalat subuh. Cobalah rutinkan aktivitas ini setiap pagi. Setelah shalat shubuh cobalah untuk membaca ayat yang ingin dihafal terlebih dahulu.

Kemudian, bacalah terjemahnya. Bila ayat dan terjemah sudah terasa ‘ringan’ didengar di telinga, barulah menghafalnya. Kenapa harus dibaca terjemahnya? 

Pentingnya membaca terjemah terlebih dahulu adalah agar kita bisa memahami cerita yang terkandung di dalam ayat tersebut. Dengan memahami cerita dari suatu ayat, akan mudah mengingat cerita pada ayat selanjutnya.

Cara menghafal Alquran ini memang lazim dilakukan oleh orang dewasa. Oleh karena, ada beberapa ayat yang sama di dalam Alquran. Maka, dengan memahami cerita pada ayat sebelumnya, kita akan dapat menghafal ayat selanjutnya dengan mudah. 

Ya, sehari cukup satu ayat saja. Penulis sengaja menganjurkan demikian, karena yang diajak untuk menghafal Alquran adalah orang yang biasa dan mungkin memiliki kesibukan. Namun bila Anda tidak sibuk, cobalah untuk menambah hafalan Anda hingga dua hingga lima ayat sehari.

Bahkan ada baiknya, sebelum menghafal mendengarkan bacaan-bacaan yang dibaca oleh para imam Masjidil Haram, seperti As-Syuraim dan As-Sudais atau para imam masjid Timur Tengah lainnya.

Dengarkan bagaimana cara membacanya. Alangkah lebih baik, bila mendengarnya diulang berkali-kali. Bila sudah akrab di telinga, barulah Anda menghafalnya. Sangat baik, bila Anda menghafalnya dengan meniru bagaimana cara membaca dan nada yang digunakan oleh imam tersebut.

Lakukanlah aktivitas seperti ini setiap hari. Jika sudah diiringi dengan niat yang baik, maka Anda  akan merasa asyik saat menghafal Alquran. Seolah-olah, Anda menghafal Alquran kepada seorang guru yang mengajari cara membaca bacaan Alqurannya yang baik. Sungguh, ini akan memberikan kenikmatan tersendiri.

Jangan Gonta-Ganti Alquran

Agar cara menghafal Alquran Anda menjadi lebih mudah, jangan pernah menggonta-ganti Alquran yang digunakan. Gunakanlah satu Alquran saja. Kenapa penulis Anjurkan demikian? 

Tujuannya, agar Anda mudah mengingat ayat yang dibaca dan dihafal. Karena, ketika menghafal dengan satu Alquran maka akan memudahkan Anda mengingat posisi ayat. Bahkan, waqaf ayat pun akan mudah ingatnya.

Ketika muraja’ah atau mengulang hafalan Alquran hanya dengan melihat waqaf dan posisi ayatnya saja, Anda sudah tahu ayat selanjutnya. Ini juga kebiasaan yang dilakukan para huffadz, yaitu para penghafal Alquran.

Selain itu, sebelum melanjutkan hafalan, hendaklah Anda mengulang hafalan yang sudah dibaca sehari sebelumnya. Baru ketika hari minggu atau di saat Anda sedang tidak sibuk, cobalah gunakan waktu tersebut untuk mengulang seluruh ayat yang dihafal.

Proses muraja’ah atau pengulangan hafalan Alquran bisa Anda lakukan sendirian dan bisa juga dibantu oleh orang lain. Proses muraja’ah juga bisa dilakukan dengan mendengarkan kaset hafalan, lalu berhentikan di tempat Anda ingin menyambungnya. 

Hanya saja, ini kurang efektif. Karena, Anda tidak bisa mengetahui kesalahan membaca atau kekurangan huruf. Apalagi, ketika mandeg membacanya, akhirnya Anda akan membuka Alquran.

Bila Sulit, Tulislah Ayat Berulang-Ulang

Cara Menghafal Al Quran

Ada di dalam Alquran, ayat yang berulang-ulang atau ayat yang mirip. Terkadang, bila kita membacanya begitu saja tanpa menuliskannya akan sedikit sulit menghafalnya. Maka, tulislah ayat tersebut berulang-ulang karena ini bisa jadi pengingat Anda selanjutnya.

Atau, Anda yang mungkin sulit bila menghafal, maka sebaiknya Anda tulis terlebih dahulu. Ini memang jarang dilakukan oleh para penghafal Alquran. Karena, ini membutuhkan waktu yang lama saat menghafal. Namun, cara ini sangat efektif buat Anda yang tak bisa dengan mudah menghafal tanpa menuliskannya.

Atau Anda yang sedang kuliah di Universitas Al-Azhar misalnya, lalu ketika ada ujian lisan, maka cara menghafal dengan menuliskannya terlebih dahulu itu lebih baik. Karena, ini memudahkan Anda menuliskannya dan memudahkan Anda juga pada saat melakukan penghafalan sambil menulis.

Yang paling penting, dalam proses penghafalan Alquran jangan pernah menggonta ganti Alquran. biarkan saja Alquran Anda dalam kondisi lusuh atau sobek lantaran Anda sibuk menghafal Alquran karena ini sangat membantu sekali dalam proses pengulangan nantinya.

Pakailah Ayat yang Dihafal Saat Shalat 

Setiap shalat disunahkan membaca ayat Alquran setelah membaca surat al-Fatihah, maka bacalah ayat yang dihafal. 

Jika Anda menjadi imam, jangan terlalu panjang membaca ayat yang dihafal. Akan tetapi, ketika shalat sendirian, baik shalat fardhu maupun sunnah, maka bacalah ayat yang dihafal dengan jumlah yang banyak.

Hingga kini pun, saya masih selalu mengulang hafalan Alquran pada saat mengendarai mobil. Penulis hidupkan CD bacaan imam As-suraim, lalu saya ikut meniru bacaan imam tersebut. Sungguh, ini adalah cara terbaik untuk melakukan proses pengulangan hafalan Alquran, selain pada saat shalat.

Menjadi penghafal Alquran sangat beruntung. Kita menjadi orang yang paham, apakah ayat yang dibaca seseorang benar atau salah. 

Bahkan, ketika ada yang membaca salah, kita bisa dengan mudah untuk mengingatkannya tanpa harus dengan membaca Alquran. Semua itu, lantaran kita juga memahami cerita yang dibicarakan di dalam ayat tersebut.

Bahkan banyak riwayat yang menjelaskan keistimewaan penghafal Alquran, seperti diberi keselamatan dari siksa kubur, mampu menolong orang tuanya saat di akhirat kelak dan berada di dalam golongan orang-orang yang benar atau shiddiqin. 

Saya berharap, semoga dengan artikel ini yang mengajarkan cara menghafal Alquran dengan one day one ayat dan cara melakukan pengulangan ayat-ayat yang dihafal dapat memberikan semangat bagi sobat muslim.

Posting Komentar untuk " Cara Menghafal Al Quran"