Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah Zakat, Lembaga Zakat Terpercaya

Rumah Zakat, Lembaga Zakat Terpercaya
credit:[email protected]_kediri

Bermula dari semangat membantu dan rasa keprihatinan akan ekonomi dan persaudaraan umat Islam, sekelompok anak muda penuh potensi membentuk sebuah lembaga penyaluran zakat.

Lembaga yang terbentuk 2 Juli 1998 itu diberi nama Dompet Sosial Ummul Quro (DSUQ). Lembaga ini melayani dan menyalurkan serta menyambungkan tali antara mustahik dan muzaki.

Keikhlasan dan ketulusan para pengurusnya telah membuat semakin banyak masyarakat Indonesia yang percaya dengan DSUQ. Tidak hanya zakat, tabungan kurban, program bantuan serta penyaluran dana bagi yang membutuhkan pun semakin meluas hingga ke beberapa provinsi di Indonesia.

Kini, dengan semangat yang semakin membara dan jauh sangat modern serta profesional, dengan baju RUMAH ZAKAT, para pengurusnya telah mampu menjadikan Rumah Zakat semakin dipercaya, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di beberapa negara lain, seperti Singapura dan Malaysia.

Manajemen berbasis profesionalitas, ketulusan hati, dan teknologi telah membuat lembaga zakat ini mampu mengetuk beberapa perusahaan besar di Indonesia untuk menyalurkan zakat mal, zakat profesi, maupun zakat fitrah ke Rumah Zakat. Di antara perusahaan-perusahaan tersebut adalah:

Beberapa bank nasional dan bank daerah, seperti Bank Permata, Bank BTN, BNI, Bank Jabar Banten, Bank Riau, dan Bank DKI.

Beberapa penerbitan koran, seperti Pikiran Rakyat, Batam Pos, dan Tribun Batam.

ZIS Indosat, Telkom, Medco, Telkomsel, Trijaya radio, Trans 7, Mizan, Pamella swalayan, SBS, Indosat, Rabbani, dan lain-lain.

Rasanya tidak mungkin perusahaan-perusahaan hebat di atas mau menyalurkan zakat mereka ke Rumah Zakat bila lembaga tersebut tak mampu menjalankan amanat. Rumah Zakat sangat berkomitmen untuk terus menjadi lebih dan lebih profesional, dan world class!

Oleh karena itu, Rumah Zakat sangat concerned untuk terus meningkatkan kemampuan teknologi para pengelolanya. Semakin sibuk dan semakin banyaknya mobilitas para wajib zakat, membuat Rumah Zakat sangat sadar bahwa teknologi bisa menjadi jembatan yang sangat efektif dan efisien bagi seseorang untuk menyalurkan zakat, sedekah maupun infaknya. 

Program tersebut diberi nama Zakat High Tech: pengelolaan zakat berbasis IT (information technology).

Dengan data real time on time, para donatur bisa berhubungan dengan Rumah Zakat melalui www.rumahzakat.org. Pertanyaan apa pun bisa ditanyakan di situs tersebut. Donatur bisa mengakses apakah dananya sudah masuk atau belum. Tinggal masukan nomor id-donatur dan password, data yang dibutuhkan sudah di depan mata.

Program ini cukup aplikatif dan bandwidth friendly. Dengan teknologi ini, kecepatan akses data antar pengguna tidak akan saling mengganggu.

Rumah Zakat juga berkomunikasi dengan para donaturnya melalui majalah Rumah Lentera. Di majalah ini, donatur pun dapat mengetahui data perkembangan program, misalnya:

  • berapa jumlah anak yang dikhitan gratis,
  • berapa jumlah anak asuh yang sudah tersantuni,
  • berapa jumlah anggota pemberdayaan ekonomi,
  • berapa orang yang mendapatkan program operasi katarak, operasi hernia, operasi bibir sumbing gratis,
  • berapa jumlah relawan yang bergabung,
  • berapa jumlah klinik gratis yang tersebar di beberapa daerah di seluruh Indonesia,
  • berapa jumlah masyarakat yang mendapatkan pengobatan gratis,
  • berapa jumlah pengantaran jenazah gratis dapat terlayani,
  • berapa jumlah ibu-ibu yang dapat dilayani di Rumah Bersalin Gratis,
  • berapa jumlah sekolah juara,
  • berapa jumlah anak yang mengikuti program Kemah Juara,
  • berapa jumlah kurban yang didapat dan kornetnya disalurkan ke mana saja.

Rumah Zakat menggunakan satu nomor sms center: 081573001555. Program Simple Process dapat juga digunakan untuk membayar zakat. Apa saja layanan di Simple Process?

Ada Layanan Jemput Zakat. Tinggal hubungi ZIS consultant di daerah Anda, zakat, infak, sedekah Anda akan dijemput. 

Visit’ counter. Tinggal kunjungi counter Rumah Zakat yang ada di daerah Anda.

Gesek zakat yang memanfaatkan fasilitas EMA (EDC Mini ATM) yang ada di counter Rumah Zakat.

Auto zakat. Tinggal gunakan kartu kredit Anda. Kirim sms berformat: Nomor Kartu Anda#Batas MasaBerlaku#Jenis Program#Jumlah Donasi kirim ke sms center 081573001555.

Itulah beberapa hal yang menjadikan Rumah zakat sebagai lembaga zakat terpercaya.

Posting Komentar untuk " Rumah Zakat, Lembaga Zakat Terpercaya"