Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Huruf Al-Quran Bernama Hijaiyah

Huruf Al-Quran Bernama Hijaiyah

Setiap umat muslim pasti tahu dan mengerti dengan huruf Al-Quran. Ya, huruf yang dipakai untuk menuliskan isi Al-Quran disebut huruf hijaiyah. Namun, sebelum membahasnya lebih jauh, kita akan mulai terlebih dahulu artikel kali ini dengan pembahasan mengenai agama dan islam.

Agama merupakan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Di dalamnya terdapat ajaran – ajaran yang mengarahkan kita mengikuti jalan Tuhan yang pasti benar. Ada beragam agama yang dianut oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia. 

Seperti di Indonesia yang mengakui 5 macam agama, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha. Selain itu, ada pula sejumlah kepercayaan yang dianut oleh sebagian etnis tertentu, misalnya kejawen, atau Sunda wiwitan (disebut aliran kepercayaan)

Islam merupakan agama yang paling banyak dianut oleh penduduk di Indonesia. Di dalamnya terdapat suatu pedoman yang menjadi tiang keimanan umat beragama, yaitu rukun iman. Rukun iman terdiri dari 6 perkara. Diantaranya iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab Allah, iman kepada Rasul, iman kepada hari kiamat, serta iman kepada Qadha dan Qadhar.  

Dalam mengimani adanya kitab Allah, umat Islam perlu mengetahui kitabullah atau kitab-kitab Allah yang lain seperti kitab Taurat, kitab Zabur, dan kitab Injil serta kitab penyempurna dan terakhir yang diturunkanNya bernama Al-Quran.

Kitab Al Quran yang diturunkan pada Nabi Muhammad SAW ini menjadi pedoman pembelajaran kalamullah atau wahyu-wahyu Allah SWT. Al-Quran mengandung ayat-ayat dalm bahasa Arab. Yang harus dipahami ketika pertama kali belajar membaca Al-Quran adalah huruf-hurufnya yang disebut dengan huruf Hijaiyah.

Mengenal Huruf Hijaiyah

Terdapat 30 huruf Hijaiyah yang masing-masing tersebar dalam 30 juz dan 114 surat di dalam Al Quran. Diantara huruf-huruf hijaiyah itu adalah sebagai berikut:

ا        dibaca      alif                ز       dibaca       zai                 ق      dibaca      qof

ب       dibaca      ba                س      dibaca      sin                 ك      dibaca      kaf       

ت       dibaca      ta                ش      dibaca       syin                ل      dibaca      lam

ث       dibaca      tsa              ص      dibaca       shod               م      dibaca      mim

ج       dibaca      jim              ض      dibaca       dhod              ن      dibaca       nun      

ح       dibaca      ha                ط       dibaca       tho                 و      dibaca      wau

خ       dibaca       kha             ظ       dibaca       zho                 ه      dibaca      hha      

د        dibaca      dal               ع       dibaca       ‘ain                 لا      dibaca      alif lam

ذ        dibaca      dzal             غ       dibaca       ‘ghin               ﺀ       dibaca      hamzah

ر       dibaca       ro               ف      dibaca         fa                  ي       dibaca      ya

Huruf-huruf Hijaiyah tersebut dalam Al-Quran akan dirangkai dengan huruf lain. Ilmu yang mempelajari tentang tata cara membaca huruf Al-Quran tersebut dinamakan ilmu tajwid. 

Terdapat tanda baca seperti fathah ( garis coret atas berbunyi ‘a’ ), kasrah ( garis coret bawah berbunyi ‘i’ ), dan tanwin ( tanda baca yang berbunyi ‘u’ ) juga tasydid ( tanda baca yang hurufnya dibaca tebal ) dan sukun ( tanda baca huruf dimatikan ) dipergunakan untuk membaca rangkaian huruf menjadi satu pengertian kata atau kalimat.

Dalam ilmu tajwid juga dikenal hukum bacaan izhar yang dibaca jelas, ikhfa yang dibaca dengung, iqlab, idghom bighunnah, idghom bigunnah, dan lain-lain.

Sebagai seorang muslim, kita seharusnya belajar tentang huruf - huruf hijaiyah tersebut dan mengajarkannya kepada anak - anak kita agar mereka dapat membaca Al-Quran dengan baik dan tartil.

Posting Komentar untuk " Huruf Al-Quran Bernama Hijaiyah"