Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Artikel Islami: Peran Ibu dalam Mendidik Anak

Peran Ibu dalam Mendidik Anak
credit:[email protected]_linatha

"Behind a great man, there must be a great woman". Kata-kata ini menggambarkan betapa pentingnya peran ibu dalam mendidik anak,  betapa pentingnya peran ibu dalam melahirkan dan membentuk manusia yang super. 

Disamping berperan sebagai ibu bagi anak-anaknya, seorang wanita juga berperan sebagai isteri. Pelaksanaan kedua peran yang bersamaan ini  harus dilaksanakan sebaik mungkin, sehingga melahirkan generasi yang terbaik sebagai penerusnya.

Anak merupakan bagian yang tidak terlupakan oleh kedua orang tua dan bagian yang tak terpisahkan dari ibunya. Anak mempunyai hak yang sama dengan kewajiban orang tua, terutama ibu. Artinya hak yang dimiliki oleh anak tersebut merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh ibunya.

Sehingga, peran ibu dalam mendidik anak sangatlah penting. Meskipun secara fisik seorang laki-laki jauh lebih kuat bila dibandingkan perempuan, namun pada beberapa hal ibu jauh memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh seorang suami. 

Sehingga, peran ibu dalam mendidik anak  tidak bisa digantikan oleh orang lain dan bahkan oleh suaminya sendiri.

Peran ibu dalam mendidik anak berkaitan erat dengan tumbuhkembangnya pribadi anak. Anak mampu berdikari dan mandiri ketika kelak hidup di masyarakat adalah berkat peran ibu dalam mendidik anak. 

Tentu saja, peran ayah, keluarga, dan lingkungan juga tidak bisa dihilangkan. Ibu memiliki peran menyusui anak dan menyapihnya, sementara ayah bertugas mencari nafkah dan sekali-kali ayah juga berpotensi menggantikan ibu dalam mendidik anak, misalnya memandikan anak dan mengantarkan anak ke sekolahnya.

Sementara, masyarakat juga membantu bagi perkembangan anak. Karena di masyarakat inilah sebenarnya anak  belajar bermasyarakat, belajar mengakui kesalahan, belajar untuk tidak mengulangi hal-hal yang salah dalam bermasyarakat.

Keutamaan Ibu dibandingkan Ayah

Peran ibu dalam mendidik anak tidak bisa disejajarkan dengan ayah, karena itu ibu memiliki naluri yang lebih kuat terhadap anaknya dibandingkan ayahnya. Untuk itu, ibu memiliki keutamaan-keutamaan dibandingkan ayah. 

Keutamaan-keutamaan tersebut adalah:

  • Ibu lebih sabar dibandingkan ayah dalam hal mendidik anak
  • Ibu memiliki insting alami yang tidak dimiliki oleh ayah
  • Ibu lebih tahu karakter dan moral anak dibandingkan ayah
  • Ibu yang mengandung anak, sehingga lebih sayang pada anaknya

Tanpa kasih sayang, seorang anak tidak akan mampu survive dalam kehidupan ini. Keutamaan luar biasa yang diberikan Allah SWT ini tentu juga mengajarkan Ibu bagaimana cara yang benar untuk memerintahkan anak-anaknya kepada kebaikan serta melarang hal-hal yang bisa berbuat maksiat.

Begitu besarnya peran ibu dalam mendidik anak sangat perlu diapresiasi. Mengingat ibu mempunyai peran yang ganda. 

Peran sebagai istri dan peran sebagai seorang ibu, sebagai isteri ia harus senantiasa taat kepada suaminya selagi suaminya tidak menyuruh ke arah kejahatan dan kemaksiatan dan sebagai Ibu ialah menyelamatkan generasi masa depan dengan mendidik anak-anak ke arah Islam.

Post a Comment for " Artikel Islami: Peran Ibu dalam Mendidik Anak"