Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 10 Hikmah Ibadah Puasa Ramadhan Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 10 Hikmah Ibadah Puasa Ramadhan Yang Perlu Anda Ketahui

Hikmah Ibadah Puasa - ada banyak sekali hikmah ibadah puasa yang bisa kita renungkan agar bisa menjadikan diri kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Dengan melaksanakan ibadah puasa selain kita telah menjalankan perintah agama dengan baik dan benar ternyata ada banyak sekali manfaat dan juga hikmah yang bisa kita ambil ketika kita melaksanakan ibadah puasa itu sendiri.

Secara umum puasa berarti menahan makan dan minum, namun untuk melaksanakan ibadah puasa tidak segampang itu dan tidak semua orang bisa menlaksanakannya. Ada banyak sekali hikmah ibadah puasa yang bisa kita ambil. 

Apalagi bulan puasa ramadhan memang sangat istimewa dan hanya datang setahun sekali saja. Kita tentunya tidak ingin melewatkan ibadah puasa di bulan ramadhan ini dengan kegiatan yang biasa-biasa saja seperti bulan-bulan lainnya karena ada banyak sekali hal baik yang bisa kita laksanakan di bulan ramadhan.

Ibadah puasa ini memiliki banyak sekali aturan mulai dari harus menjauhkan diri dari semua hal yang haram, dan juga bersedekah ataupun hal-hal lainnya. Jika kita bisa menjalankannya, maka bukan hanya pahala saja yang didapat karena ada hikmah - hikmah lainnya, termasuk diantaranya hikmah untuk kesehatan tubuh kita.

Artikel berikut ini akan menjelaskan tentang 10 Hikmah Ibadah Puasa Ramadhan Yang Perlu Anda Ketahui. Simak dan baca ulasannya hingga selesai sehingga Anda akan mendapatkan tambahan pengetahuan yang lebih baik.

Hikmah Ibadah Puasa

1. Sikap Peduli Kepada Sesama

Pada bulan ramadhan pastinya kita akan melihat persaudaraan antara umat muslim ini akan menjadi sangat erat. Ketika akan datang waktu berbuka puasa akan banyak sekali orang atau rumah makan yang memberikan tajil gratis untuk berbuka puasa.

Kita juga melihat masjid-masjid di sekitar Anda akan nampak banyak sekali orang yang mengerjakan shalat secara berjamaah , dan juga banyak sekali ilmu islam yang bisa Anda peroleh di masjid ataupun pada media-media yang memberikan pendalaman tentang kajian agama islam di bulan ramadhan ini.

2. Melatih Diri Untuk Disiplin

Pastinya Anda sudah mengetahui kalau Anda ingin melaksanakan puasa dengan tubuh yang kuat dan bisa bertahan sampai datangnya waktu berbuka, maka Anda harus bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk tubuh Anda.

Oleh karena itu Anda harus tidur lebih teratur dari biasanya agar ibadah puasa yang akan dijalankan esok hari berjalan dengan lancar, dan pada pagi hari Anda harus bangun untuk makan sahur. Hal ini juga akan membuat Anda terbiasa untuk bisa bangun lebih pagi untuk mencari rezeki.

3. Mempererat Tali Silaturahmi

Menjelang berakhirnya bulan puasa ramadhan banyak saudara kita yang sengaja mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran (hari raya Iedul fitri). Momen tersebut dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga dan tetangga di sana.

4. Melatih Keseimbangan Hidup

Pada hakikatnya kita itu adalah Hamba Allah yang memang sudah diperintahkan untuk selalu melaksanakan ibadah, namun kenyatannya didunia ini banyak sekali perkara yang bisa mengalihkan ibadah seperti hawa nafsu dan juga berbagai macam pekerjaan yang membuat kita lupa untuk mengerjakan ibadah.

Oleh karena itu, pada bulan ramadhan ini kita diingatkan kembali untuk bisa mengerjakan ibadah dan seluruh kewajiban sebagai umat muslim dengan imbalan pahala yang berlipat ganda.

5. Melatih Untuk Hidup Sederhana

Pada saat kita berbuka puasa pasti kita akan merasakan nikmatnya makanan dan minuman yang dihidangkan walaupun kita baru merasakan sedikit saja. Keinginanan kita untuk makan banyak ketika kita akan memasuki buka puasa itu hanyalah hawa nafsu saja, dan dari situlah kita bisa belajar agar tidak berlaku berlebihan untuk semua perkara di dalam kehidupan karena ternyata kebutuhan kita tidak seperti keinginan kita.

6. Belajar Untuk Bersyukur

Ketika kita makan makanan apa adanya ketika berbuka puasa akan membuat kita jauh lebih mensyukuri nikmat yang kita miliki saat ini. Jika kita berlaku tidak berlebihan maka kita akan menjadi orang yang jauh lebih mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita selama ini.

7. Melatih Diri Lebih Tabah

Ketika kita melaksanakan ibadah puasa, maka salah satu hikmah ibadah puasa yang paling mendalam adalah melatih diri kita untuk tetap tabah dan harus terbiasa untuk menahan hal-hal buruk yang hanya akan membatalkan puasa kita. Kita harus menahan diri untuk melakukan hal - hal seperti melakukan fitnah kepada orang lain dan harus selalu sabar atau semua perbuatan yang orang lain lakukan kepada kita.

8. Memahami Tujuan Ibadah

Jangan sampai kita melaksanakan ibadah puasa hanya karena ikut-ikutan saja atau hanya ingin dianggap baik dimata orang lain. Makna sebenarnya dari ibadah puasa itu adalah melatih diri kita agar kita bisa menghindari perbuatan dosa yang yang dilarang oleh Allah SWT.

Jika kita melaksanakan ibadah puasa namun tujuan yang puasa itu sendiri tidak bisa terpenuhi maka ibadah puasa yang kita laksanakan itu tidak memiliki arti apapun, artinya puasa kita menjadi sia - sia saja karena tidak diterima oleh Allah SWT.

9. Hati-Hati Dalam Semua Perbuatan

Ketika sedang berpuasa kita dituntut untuk bisa menghindari berbagai macam hal yang akan membuat puasa kita menjadi tidak sempurna. Kita harus menjaga mata, telinga dan juga mulut kita dengan sebaik-baiknya, tidak berkata kotor, berbohong atau melakukan perbuatan tercela lainnya yang akan mengurangi bahkan menghapus nilai  ibadah puasa yang kita kerjakan.

10. Semua Kegiatan Mulia Adalah Ibadah

Bulan ramadhan memang penuh dengan keberkahan yang akan menjadikan banyak sekali orang untuk melaksanakan ibadah. Banyak orang yang di bulan selain Ramadhan enggan pergi kemasjid namun pada bulan ramadhan ini mereka berbondong-bondong untuk datang ke masjid dan melaksanakan shalat berjamaah.

Banyak juga orang yang enggan beramal namun pada bulan puasa mereka memperbanyak amal dan sedekah ke fakir miskin dan juga anak yatim. Kebiasaan tersebut hendaknya membuat kita menjadi terbiasa untuk melaksanakannya walaupun tidak di bulan ramadhan ini.

Itulah ulasan singkat terkait dengan 10 Hikmah Ibadah Puasa Ramadhan Yang Perlu Anda Ketahui. Bulan ramadhan ini adalah bulan dimana semua umat muslim untuk berlatih menjadi pribadi yang baik dan juga memiliki jiwa seorang muslim yang sebenarnya.

Posting Komentar untuk " Inilah 10 Hikmah Ibadah Puasa Ramadhan Yang Perlu Anda Ketahui"