Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Sesuai Dengan Tuntunan Nabi Muhammad SAW


Doa Berbuka Puasa Ramadhan Sesuai Dengan Tuntunan Nabi Muhammad SAW
image via pixabay

Sobat Muslim, sebagai umat Islam kita semua tentu sudah mengetahui dan bahkan sangat hafal dengan doa berbuka puasa ini. Seperti yang di ajarkan oleh guru - guru kita baik di sekolah maupun di madrasah ataupun di tempat kita mengaji hampir semua rata - rata mengajarkan doa berbuka puasa ini. Dan memang di Indonesia sebagian besar umat Muslim di Indonesia lebih paham dengan doa puasa tersebut , termasuk juga diri saya sendiri.
Adapun doa berbuka puasa yang saya maksud adalah : 



Menurut sebagian ahli hadist ada yang mengatakan bahwa hadist mengenai doa berbuka puasa di atas adalah lemah ( dhaif ).Di katakan demikian karena perawinya adalah hanya dari kalangan tabiin.

Pertanyaan nya kemudian adalah apakah guru - guru kita selama ini mengajarkan doa berbuka puasa yang salah dan tidak sesuai dengan tuntunan Nabi ? Wallahu a'lam bissawab.
Kita tidak bisa menyimpulkan secara sembarangan karena secara derajat keilmuan tentunya guru - guru kita jauh di atas pemahaman kita. Mereka tentunya mempunyai pandangan dan juga rujukan yang barangkali tidak atau belum kita pahami.

Kembali ke soal hadist dhaif tadi, berasal dari Mu'adz bin Zuhrah. Sementara Mu'adz bin Zuhrah sendiri adalah seorang tabiin sehingga mengakibatkan posisi hadist menjadi mursal. Dalam ilmu hadist mursal termasuk kedalam posisi hadst dhaif ( lemah ) karena sanadnya yang terputus.
Sama dengan Abu Dawud, hadist tersebut di nyatakan dhaif oleh Al Abani dalam sunan Abu Dawud nomor 510 dan Irwal ghalil 4:38.

Lalu seperti apakah doa berbuka puasa yang selalu  di baca oleh baginda Nabi Muhammad SAW ? 
Dari Ibnu Umar Ra, beliau mengatakan bahwa Rosul ketika berbuka puasa membaca doa :



Demikianlah doa berbuka puasa untuk menjadi referensi kita kedepannya. Tidak perlu mempermasalahkan apakah doa yang kita baca dan amalkan selama ini kurang tepat atau tidak, namun setelah mengetahui doa yang di baca oleh baginda Nabi Muhammad SAW akan menambah pengetahuan dan ilmu kita semua.

Semoga amal ibadah puasa kita di terima di sisi Allah SWT.
Aamiin ya rabbal 'alamin

Posting Komentar untuk "Doa Berbuka Puasa Ramadhan Sesuai Dengan Tuntunan Nabi Muhammad SAW"