Skip to main content

Apa Itu Bulan Ramadhan?

 

Apa Itu Bulan Ramadhan?
credit:freepik.com

Apa Itu Bulan Ramadhan? Ramadhan adalah tindakan ketika umat Islam di seluruh dunia harus berpuasa secara ritual dan menjauhkan diri dari tindakan atau makanan dan minuman tertentu yang dilarang selama waktu berpuasa. 

Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam yang harus diikuti oleh semua umat Muslim, empat rukun Islam lainnya adalah Iman (Shahadah), Sholat, Zakat, dan Ziarah ke tanah suci Mekah (Haji). 

Bulan Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Islam dan oleh karena itu akan berbeda dari tahun ke tahun jika menggunakan kalender 12 bulan yang lebih umum daripada kalender bulan Islam. Bulan Ramadhan berlangsung selama 29 atau 30 hari tergantung pada penampakan bulan baru.

Waktu puasa dimulai dari matahari terbit hingga terbenam. Ketika seorang Muslim pertama kali mulai berpuasa mereka akan bangun sebelum matahari terbit untuk makan, ini dikenal dengan Sahur. 

Seringkali di rumah tangga Muslim, akan ada sarapan berlimpah sebelum matahari terbit, karena makan dan minum tidak diperbolehkan. Saat matahari terbenam menjelang dan mendekati waktu buka puasa, beberapa umat Islam akan berkumpul untuk mengadakan buka puasa bersama. 

Keluarga berkumpul dan bahkan keluarga besar, jadi ini juga saat yang tepat untuk berkumpul. Merupakan kebiasaan untuk membuka puasa Anda dengan kurma karena inilah yang dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai makanan untuk berbuka puasa.

Puasa lebih dari sekadar menolak makanan atau minuman untuk diri sendiri. Ini adalah waktu refleksi spiritual dan doa. Selama bulan ini umat Islam akan memikirkan orang lain yang kurang beruntung dari diri mereka sendiri, orang-orang dari seluruh dunia yang mengalami kesulitan ekstrim bahkan menemukan makanan atau berada dalam kemiskinan. 

Muslim juga harus menghabiskan waktu ini untuk merefleksikan agama mereka dan apa artinya bagi mereka. Doa penting selama Ramadhan dan digunakan untuk memfokuskan keyakinan spiritual Muslim kepada Tuhan mereka dan berdoa untuk semua yang mereka miliki dan untuk orang lain di seluruh dunia yang kurang beruntung karena tidak peduli seberapa buruk perasaan Anda bahwa keadaan Anda saat ini mungkin. menjadi, akan selalu ada seseorang yang lebih buruk.

Beberapa pedoman untuk berpuasa selama bulan suci Ramadhan:

1. Dilarang makan atau minum dari matahari terbit hingga terbenam

2. Dilarang mengunyah permen karet

3. Dilarang mer*kok (atau jenis obat -obatan dan minuman yang tidak diperbolehkan dengan cara apapun dalam Islam)

4. Tidak melakukn kontak s*ksual

5. Tidak diperbolehkan berpuasa bagi wanita selama masa menstruasi

6. Tidak diwajibkan bagi mereka yang sakit jiwa atau mereka yang sakit fisik

7. Tidak ikut serta dalam kegiatan yang dianggap haram

8. Tidak diwajibkan bagi anak-anak sampai mereka mencapai pubertas (baligh)

Nasehat yang berguna untuk berpuasa selama bulan suci Ramadhan:

1. Dianjurkan untuk banyak minum air putih sebelum memulai puasa

2. Usahakan untuk menghindari olah raga berat yang bisa menyebabkan keringat berlebih. Tanpa kemampuan minum untuk mengisi kembali cairan yang hilang, Anda akan membahayakan kesehatan yang dapat menyebabkan Anda bahkan pingsan atau merasa tidak sehat secara fisik. Berolahragalah di malam hari setelah Anda berbuka puasa.

3. Hindari makanan seperti keripik kentang atau makanan asin atau kering lainnya yang dapat menyebabkan Anda sangat haus di kemudian hari.

4. Hindari sinar matahari langsung jika memungkinkan karena keringat dapat menyebabkan Anda sangat haus atau membuat Anda pingsan / sakit.

Ketika bulan Ramadhan telah selesai dan puasa telah berakhir, Idul Fitri dirayakan. Itu dirayakan secara berbeda di seluruh dunia tetapi perasaan umumnya ada pada keluarga dan komunitas agama setempat. 

Biasanya keluarga akan berkumpul di rumah anggota senior keluarga dan hadiah berupa uang tunai atau pakaian diberikan kepada anak-anak. Saat perayaan berlangsung sepanjang siang dan malam, ini akan menandai akhir dari waktu yang sangat istimewa dalam tahun dalam kalender Muslim.

Mempersiapkan Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah salah satu bulan paling mulia dan diberkati dalam kalender Islam. Selama bulan inilah Allah SAW memenjarakan Iblis dan mengizinkan umat Islam untuk berpuasa dari fajar hingga senja dan berdoa kepada Allah di malam hari. 

Selama bulan ini, semua Muslim berpuasa dan berdoa kepada Allah SWT dan memohon ampunan-Nya. Ini adalah bulan yang diberkati sehingga selama bulan ini, Allah SWT juga menurunkan Alquran.

Tentang Ramadhan, Allah berfirman dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." [QS. Al-Baqarah:183]

Persiapan Bulan Ramadhan

Karena selama bulan Ramadhan seluruh rutinitas berubah, perlu persiapan terlebih dahulu. Karena itu, jika bisa, usahakan mempersiapkan Ramadhan sebelum Ramadhan dimulai. 

Beberapa persiapan penting Ramadhan diberikan di bawah ini:

1. Beli semua kebutuhan Ramadhan sebelumnya. Ini akan memungkinkan Anda menghabiskan lebih sedikit waktu dan tenaga selama sebulan. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk fokus pada tugas-tugas keagamaan karena Anda akan membeli semua data penting sebelum bulan dimulai.

2. Mulailah menyesuaikan kembali kebiasaan tidur Anda sebelum bulan dimulai. Jika Anda bangun larut pagi, mulailah dengan bangun lebih awal satu jam dari waktu biasanya setiap hari untuk memudahkan Anda bangun untuk sholat Subuh.

3. Puasa selama bulan Shaban. Ini adalah puasa sunnah dan akan memungkinkan Anda membiasakan diri berpuasa sebelum Ramadhan dimulai. Puasa Shaban juga dianggap sangat bermanfaat.

4. Kurangi waktu yang dihabiskan untuk menonton TV. Ini akan memungkinkan Anda untuk mempersiapkan semangat Ramadhan dan Anda mungkin tidak memerlukan perubahan mendadak saat bertransisi ke bulan Ramadhan.

5. Jadikan membaca dan mendengarkan Alquran sebagai kebiasaan. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membaca di rumah, Anda dapat membaca Alquran online setiap hari di tempat kerja jika Anda dapat meluangkan waktu untuk tugas keagamaan Anda.

6. Carilah tips kesehatan dan tips memasak yang dapat membantu Anda selama Ramadhan. Misalnya, Anda dapat mencari tips yang akan membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari bahkan tanpa air minum. 

Demikian pula, cari hidangan dan tip memasak yang akan membantu Anda mengurangi waktu yang dihabiskan untuk memasak. Anda dapat menggunakan waktu yang dihemat untuk beristirahat atau melibatkan diri dalam ibadah.

Kesimpulan

Karenanya, bulan Ramadhan adalah salah satu bulan paling mulia dalam tahun Islam. Yang terbaik adalah membaca Alquran selama bulan Ramadhan karena akan membantu Anda menggunakan waktu luang di tempat kerja untuk menyembah Allah SWT. Ikuti juga tips yang disebutkan di atas untuk mempersiapkan bulan suci.

Jika Anda ingin membaca lebih banyak Artikel tentang Islam dan Quran, Anda dapat menemukan semuanya di blog ini. 

Semoga artikel tentang Apa Itu Bulan Ramadhan ini dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita kapada Allah SWT.

Rekomendasi Topik Dari Penulis
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar