Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Agama Islam

 

Arti Agama Islam

Arti Agama Islam - Biasanya setiap penemuan apapun di seluruh dunia akan dinamai menurut nama pendirinya atau menurut komunitas dan bangsa di mana penemuan itu lahir. 

Hal tersebut juga berlaku dalam soal agama, misalnya, agama Kristen mengambil sebutannya dari nama nabinya Yesus Kristus, Zoroastrian dari pendirinya Zoroaster, dan Yudaisme, agama orang-orang Yahudi, dari nama suku Judah (dari negara Yudea) dimana ia lahir. 

Serupa halnya dengan agama lain. Namun tidak demikian halnya dengan Islam. Agama Islam memiliki perbedaan unik karena tidak memiliki hubungan seperti itu dengan tempat atau orang tertentu. Kata "Islam" tidak memberikan hubungan seperti itu, karena itu bukan milik orang, orang, atau negara tertentu. 

Ini bukanlah produk dari pikiran manusia dan juga tidak terbatas pada komunitas tertentu. Ini adalah agama universal dan tujuannya adalah untuk menciptakan dan menumbuhkan dalam diri manusia kualitas dan sikap Islam.

Agama Islam, pada kenyataannya, adalah gelar atributif. Siapa pun yang memiliki atributif ini, bolehkah ia berasal dari ras, komunitas, negara, atau klan apa pun, adalah seorang Muslim. Menurut Al-Qur'an (Kitab Suci Umat Islam), di antara setiap orang dan di segala usia selalu ada orang baik dan benar yang memiliki atribut ini adalah dan adalah Muslim.

Arti penting dari Islam adalah perdamaian, penyerahan keinginan seseorang yaitu kehilangan diri sendiri demi Tuhan dan menyerahkan kesenangannya sendiri untuk kesenangan Tuhan. Pesan Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW 1,400 tahun yang lalu. 

Agama Islam diturunkan melalui malaikat Jibril (As) dan dengan demikian diabadikan dalam Al-Qu'ran. A-Qur'an membawa jaminan perlindungan Ilahi dari interpolasi dan mengklaim bahwa itu menggabungkan fitur terbaik dari kitab suci sebelumnya. 

Pesan utama Islam adalah Keesaan Tuhan, bahwa Pencipta dunia adalah satu dan hanya Dia yang layak disembah dan bahwa Muhammad SAW adalah Utusan dan Hamba-Nya. Pengikut keyakinan ini dengan demikian adalah seorang Muslim.

Keyakinan Muslim lainnya adalah percaya kepada Malaikat Allah, Kitab-kitab Allah yang diwahyukan sebelumnya, semua Nabi dan Rasul, dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW, Hari penghakiman (Kiamat) dan segala Keputusan Allah (Qada dan Qadar).

Seorang muslim memiliki lima tugas pokok yang harus dilakukan, yaitu menjadi saksi keesaan Allah SWT dan Muhammad SAW sebagai Rasul-Nya, menjalankan sholat yang ditentukan, membayar Zakat, melaksanankan puasa Ramadhan dan menunaikan ibadah haji ke Mekah. Islam percaya bahwa setiap orang dilahirkan dalam keadaan suci.

Al-Qur'an menjelaskan kepada kita bahwa Allah SWT telah memberikan manusia pilihan antara yang baik dan yang jahat dan untuk mencari keridhaan Tuhan melalui iman, doa dan amal. Islam percaya bahwa Tuhan menciptakan manusia menurut gambar-Nya dan dengan menanamkan sifat-sifat Tuhan pada tingkat manusia, manusia dapat mencapai kedekatan-Nya. 

Pesan utama Islam adalah menyembah Tuhan dan memperlakukan semua ciptaan Tuhan dengan kebaikan dan kasih sayang. Hak-hak orang tua di hari tua, yatim piatu dan fakir miskin disebutkan dengan jelas. 

Hak-hak perempuan dilindungi 1.400 tahun yang lalu ketika seluruh dunia berada dalam kegelapan total tentang emansipasi. Ajaran Islam mencakup setiap situasi yang bisa dibayangkan dan aturan serta prinsipnya benar-benar universal dan telah teruji oleh waktu. 

Dalam Islam kebajikan tidak berkonotasi dengan meninggalkan karunia alam yang halal. Sebaliknya seseorang didorong untuk menjalani hidup yang sehat dan aktif dengan kualitas kebaikan, kesucian, kejujuran, belas kasihan, keberanian, kesabaran dan kesopanan. 

Singkatnya, Islam memiliki kode yang sempurna dan lengkap untuk pedoman individu dan komunitas. Karena seluruh pesan Islam berasal dari Alquran dan memang Sunnah dan Hadis (tradisi dan praktek Nabi SAW) itu tidak berubah dalam menghadapi perubahan waktu dan tempat. 

Ini mungkin tampak kaku untuk mata biasa, pada kenyataannya itu adalah cara hidup yang bisa beradaptasi terlepas dari perubahan manusia. Islam mengajarkan bahwa jalan menuju perkembangan spiritual terbuka untuk semua orang. 

Setiap individu yang menyelidiki Sang Pencipta dapat mencari kedekatan dengan Tuhan melalui penyembahan yang tulus dan sungguh-sungguh, dan itu penting untuk membangun hubungan dengan Yang Mahakuasa. 

Pesan positif untuk kemanusiaan ini mengisi hati dengan harapan dan keberanian. Saat ini terdapat 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia dan mereka menjadi mayoritas di lebih dari 50 negara di dunia. Saat ini Islam adalah agama yang tumbuh paling cepat di dunia karena pesan indahnya telah menjangkau jutaan orang di ujung bumi.

Demikianlah uraian artikel mengenai Arti Agama Islam. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Post a Comment for "Arti Agama Islam"