Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Belajar Ilmu Tajwid

Cara Mudah Belajar Ilmu Tajwid

Sebenarnya belajar tajwid mudah alias tidak susah. Tajwid secara bahasa berarti bagus atau membaguskan. Sedangkan menurut istilah. diartikan dengan mengeluarkan huruf dari tempatnya sesuai dengan sifat-sifat yang dimilikinya, tebal tipisnya, panjang pendeknya, serta cara membacanya dengan baik dan benar.

Belajar tajwid sangat diperlukan oleh seorang muslim, karena membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar adalah suatu kewajiban bagi seorang muslim. Dengan mempelajari dan memahami ilmu tajwid diharapkan agar kita bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Bayangkan jika kita tidak memiliki ilmu tajwid, bisa-bisa terjadi ketidaksesuaian antara tulisan dalam AL-Quran dengan maknanya. Misalnya di dalam Al-Qur’an terdapat kata  ‘aalamin menggunakan huruf  ‘ain yang memiliki makna  beberapa alam (alam jin, alam manusia,alam malaikat,dan sebagainya), sedangkan kita melafalkannya dengan aalamiin menggunakan huruf hamzah yang bermakna segala penyakit.

Tentu hal tersebut akan sangat fatal. Contoh lain kata qolbu yang bermakna hati, namun dilafalkan dengan kalbu yang maknanya (maaf) anjing, dan kesalahan-kesalahan cara membaca atau pelafalan lainnya. 

Namun bagaimana jika ternyata kita memang belum menguasai ilmu tajwid sementara kita  tidak punya banyak waktu untuk belajar di pondok pesantren, sibuk kuliah, kerja, dan berbagai kendala lainnya? Oleh karena itu kita akan membahas belajar tajwid mudah.

Pentingkah Belajar Ilmu Tajwid?

Saat ini banyak kita jumpai kaum muslim yang asal-asalan dalam membaca atau melafalkan ayat-ayat  dalam Al-Qur’an. Membaca dengan belepotan, kurang lancar, atau terbata-bata. Bahkan yang lebih parah, tidak sedikit umat muslim yang belum bisa membaca Al-Qur’an. 

Bagaimana mungkin seorang muslim bisa memahami Al-Qur’an yang notabene merupakan pedoman hidupnya jika membacanya saja salah? Maka disini kita juga perlu membahas pentingnya belajar tajwid.

Belajar tajwid sangat penting bagi kita demi menjaga kesalahan lidah kita dalam melafalkan ayat suci Al-Qur’an. Hukum belajar tajwid adalah fardhu kifayah, sedangkan mengamalkan ilmunya adalah fardhu ‘ain. 

Berikut ini merupakan dalil yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada kaum muslim untuk membaca Al-Qur’an dengan tajwid, antara lain:

1. Firman Allah SWT dalam QS. Al-Muzzammil ayat 4:

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا

Artinya:

“Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan/tartil(bertajwid).” 

Ayat ini mengisyaratkan dengan jelas  bahwa Allah SWT memerintahkan Rasulullah SAW untuk membaca Al-Qur’an dengan tartil, yaitu memperindah pelafalan setiap hurufnya,dan kemudian hal ini juga berlaku bagi seluruh umat muslim.

2. Firman Allah dalam QS. Al-Qiyamah ayat 16-17:

لَا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ

إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ

Artinya:

“Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al-Qur’an karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya.”

3. Hadits Rasulullah SAW

Sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh istri Rasulullah yaitu Ummu Salamah r.a, saat beliau ditanya tentang bagaimana bacaan Al-Qur’an dan sholat Rasulullah, maka beliau menjawab: 

“ Ketahuilah bahwa Rasulullah shalat kemudian tidur yang lamanya sama seperti ketika beliau tidur lagi, kemudian Rasulullah shalat yang lamanya seperti saat beliau tidur tadi, kemudian beliau tidur lagi yang lamanya seperti saat beliau shalat tadi hingga menjelang subuh. ” Kemudian beliau (Ummu Salamah) mencontohkan cara Rasulullah membaca dengan (satu) bacaan yang menjelaskan (ucapan) huruf-hurufnya satu per satu. [Hadits 2847 Jami At-Tirmidzi].

4. H.R Bukhari yang artinya:

“Nabi SAW, membaca Al-Qur’an dengan madd kemudian (Anas bin Malik r.a mencontohkan dengan) bismillaahir rahmaanir rahiim seraya memanjangkan bismillah, memanjangkan ar-rahman, dan memanjangkan ar-rahim. ”

Dari beberapa ayat dan hadits diatas, secara tidak langsung menuntut kita agar mempelajari tajwid supaya kita memahami tata cara membaca Al-Qur’an dengan fasih, tartil, menempatkan panjang pendek sesuai tempatnya, sifat-sifatnya, dan sebagainya.

Ruang Lingkup Materi Belajar Tajwid

tanda-baca-qur'an
credit:instagram@muhassabah_cinta

Secara umum belajar membaca Al–Qur’an atau tajwid terdiri atas tiga tahap, yaitu:

1. Pengenalan huruf hijaiyah

Agar kita bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, maka kita harus mengenal huruf hijaiyah yang jumlahnya 28 yaitu alif (ﺍ) sampai dengan ya’ (Ù?). Tanpa mengenal huruf hijaiyah, mustahil kita bisa membaca Al-Qur’an. Jadi menguasai huruf hijaiyah adalah sebuah keharusan untuk bisa membaca Al-Qur’an.

2. Pengenalan Tanda - Tanda Baca

Pengenalan tanda baca penting untuk dilakukan agar kita lebih mudah dalam membaca Al-Qur’an nantinya. Tanda baca yang akan dipelajari meliputi harokat, tanda berhenti, panjang, pendek, hukum bacaan, dan sebagainya.

3. Latihan dan Pengulangan

Dengan membaca secara berkesinambungan dan terus menerus Anda akan bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar pada akhirnya. Latihan dan pengulangan akan menjadikan Anda fasih dalam membaca Al- Qur’an. Nah, disini diperlukan kesabaran, keseriusan, dan keseriusan Anda  serta semangat pantang menyerah.

Tips dan Cara Mudah Belajar Tajwid 

Seiring kemajuan jaman, maka metode yang digunakan untuk belajar Al-Qur’an juga mengalami perkembangan. Anda akan menjumpai metode pembelajaran Al-Qur’an dengan berbagai macam variasi, antara lain : granada, albana, iqro’, abata, qiraati, tsaqifa, albarqi, qlc, metode smart,al-fatihah, dan sebagainya. Dengan berbagai varian metode tersebut tentunya akan lebih memudahkan Anda untuk belajar Al-Qur’an.

Dengan banyaknya varian metode pembelajaran tersebut, hanya akan menjadi sia-sia jika Anda tidak memiliki niat yang sungguh-sungguh dan juga semangat untuk belajar. 

Maka alangkah lebih baiknya, jika sebelum Anda belajar tajwid untuk memperlancar bacaan Al-Qur’an Anda meluruskan niat hanya untuk meraih Ridho Allah SWT. Karena belajar tajwid juga merupakan bagian dari kewajiban menuntut ilmu. Selain itu, senantiasa perbarui semangat Anda untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar.

Untuk memudahkan Anda belajar ada beberapa pilihan yang bisa Anda terapkan. Nah, bagi Anda yang dulu sudah pernah punya basik sejak dini dan sudah pernah belajar di pondok pesantren ataupun sekolah berbasis agama, tentu Anda tidak akan mengalami banyak kendala saat kembali mempelajari bacaan Al-Qur’an Anda. 

Namun bagaimana dengan Anda yang tidak punya basic sama sekali? Tidak punya waktu untuk belajar di pondok pesantren? Tidak punya banyak waktu untuk belajar tajwid karena sibuk kuliah, bekerja, atau segudang aktivitas lainnya, ataupun bagi Anda yang mualaf? 

Berikut langsung saja kita kita bahas beberapa tips dan cara mudah belajar tajwid , antara lain:

1.  Mendatangkan Mentor

Mendatangkan mentor/guru ngaji menjadi saran yang tepat bagi Anda. Dengan mendatangkan mentor /guru ngaji otomatis Anda akan berada di tangan yang tepat yaitu orang yang memang sudah ahli di bidangnya. 

Dengan pilihan ini Anda juga bisa leluasa menentukan jadwal belajar tajwid  sesuai keinginan Anda. Selain itu pilihan ini juga tepat Anda ambil jika Anda ingin buah hati Anda mahir membaca Al-Qur’an sementara Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengajarinya.

2.  DVD Belajar Tajwid

Jika pilihan pertama tidak memungkinkan, maka Anda dapat mencoba pilihan ini yaitu dengan membeli atau mendownload video tutorial melalui browser Anda. Selain lebih mudah dan murah, Anda bisa mengulang-ulang pembelajaran sesuai kehendak Anda meskipun sampai tengah malam. 

Saat ini telah tersedia berbagai macam DVD belajar tajwid yang dilengkapi dengan video tutorial bimbingan belajarnya, DVD ini juga dilengkapi dengan suara/sound pada tiap pelafalan huruf dan latihannya sehingga membantu Anda agar tidak lupa dengan nama huruf dan cara melafalkannya.

3.  Aplikasi Belajar Tajwid

Pilihan ini juga tepat Anda ambil. Anda dapat mendownload aplikasi ini secara gratis melalui browser Anda. Setelah itu Anda bisa menginstallnya di gadget yang Anda miliki, seperti laptop, iPhone, notebook, PC, dan sebagainya

Aplikasi ini biasanya berbentuk flash file yang dilengkapi dengan gambar maupun suara sehingga waktu belajar Anda lebih menyenangkan. Selain itu Anda bisa mengakseskan kapanpun Anda mau karena telah terinstall di gadget Anda.

4.  Video Youtube

Bagi Anda yang kebetulan memiliki hobi menonton video dengan membuka youtube, tidak ada salahnya juga bila Anda juga mendownload video tutorialnya di youtube. Saat ini telah tersedia pula tutorial belajar tajwid yang bisa Anda unduh di youtube dengan format file  flv, mp4, dan sebagainya sesuai kebutuhan Anda.

Nah beberapa pilihan di atas bisa Anda ambil sesuai selera Anda. Namun kuncinya tetap berada pada diri Anda masing-masing, karena sebaik apapun fasilitas yang tersedia tidak akan berguna tanpa keseriusan Anda. 

Kunci sukses belajar tajwid mudah bisa Anda lakukan jika Anda sabar, tekun, serius, dan istiqomah. Belajar tajwid ternyata mudah bukan? 

Posting Komentar untuk " Cara Mudah Belajar Ilmu Tajwid "