Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiga Mukjizat Nabi Sulaiman As

Mukjizat Nabi Sulaiman berbeda dengan mukjzat yang dimiliki oleh nabi-nabi lainnya. Jika nabi lain memiliki mukjizat untuk menjadikan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, namun tidak demikian halnya dengan apa yang diberikan Allah SWT., kepada Nabi Sulaiman AS ini.

Banyak yang beranggapan bahwa mukjizat nabi Sulaiman ini adalah terkait dengan kekayaannya yang tidak terukur. Namun pada dasarnya, Allah memberikan kelebihan dalam hal materi tersebut bukan sebagai sebuah mukjizat. Namun lebih pada sebuah ujian pada Sulaiman tentang bagaimana menjaga diri dan keluarganya atas kelebihan duniawi yang melekat padanya tersebut.

Dan tentang kekayaan Nabi Sulaiman tersebut, pada dasarnya bisa dijadikan pelajaran bagi manusia yang hidup di era modern sekarang ini. Di mana manusia pada saat ini lebih menjadikan harta sebagai tuhan mereka, dan melalaikan keberadaan Tuhan yang hakiki untuk disembah. Banyak orang sudah meninggalkan kewajiban agama, ketika jeratan harta dunia sudah menggungkungnya.

Pelajaran dari Nabi Sulaiman yang hingga kini masih menjadi manusia terkaya di dunia, kiranya patut dikedepankan. Dengan limpahan harta yang tidak terhitung, Sulaiman tetap menjadikan Allah sebagai Tuhan yang perlu dinomorsatukan. 

Hal tersebut ditegaskan dalam surat Shad ayat 32, yang menunjukkan betapa pun kecintaannya pada sesuatu di dunia, tidak mampu menutupi kecintaannya pada Allah yang harus disembahnya.

فَقَالَ إِنِّي أَحْبَبْتُ حُبَّ الْخَيْرِ عَنْ ذِكْرِ رَبِّي حَتَّىٰ تَوَارَتْ بِالْحِجَابِ

Artinya:

maka ia berkata: "Sesungguhnya aku menyukai kesenangan terhadap barang yang baik (kuda) sehingga aku lalai mengingat Tuhanku sampai kuda itu hilang dari pandangan". [QS. Shad:32]

Mukjizat Nabi Sulaiman As

Selain kelebihan dalam masalah duniawi, ada mukjizat nabi Sulaiman lain yang diberikan Allah kepadanya. Mukjizat tersebut diberikan sebagai upaya untuk menunjukkan kepada umat manusia tentang bukti kenabian yang ada pada Sulaiman adalah semata-mata berasal dari Allah. Dan bukan karena Sulaiman mengaku-aku sebagai nabi agar memiliki kedudukan tertentu.

Tiga mukjizat nabi Sulaiman yang tidak dimiliki oleh nabi lain di antaranya:

1. Nabi Sulaiman mampu berbicara dan mengerti bahasa binatang. Sehingga dengan kemampuannya, Sulaiman bisa mendengar serta menjalin komunikasi dengan semua binatang yang ada di dunia ini.

2. Mukjizat Nabi Sulaiman lain adalah mampu menguasai angin. Sehingga, Sulaiman mampu memerintahkan kepada angin untuk berhembus dan bertiup kemana saja sesuai keinginan Sulaiman.

3. Nabi Sulaiman diberikan mukjizat untuk mampu menundukkan jin dan setan untuk mengabdi kepadanya dan menyembah Allah. Sehingga keberadaan jin dan setan tersebut bisa digunakannya untuk membantu membangun kerajaannya serta menghindarkan umat Sulaiman dari gangguan para jin dan setan yang kafir.

Itulah Tiga Mukjizat Nabi Sulaiman As. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Tiga Mukjizat Nabi Sulaiman As"