Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Mukjizat Nabi Daud As

Mengenal Mukjizat Nabi Daud As

Nabi Daud adalah nabi dan Rasul Allah yang wajib diiimani oleh kaum Muslimin. Bila dilihat dari urutan 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui maka Nabi Daud dalah Nabi yang ke-17. Ia diutus untuk bangsa Israel.

Untuk membuktikan kenabiannya, Allah memberi mukjizat kepadanya. Mukjizat Nabi Daud berfungsi untuk mengalahkan kekuatan yang selama ini dimiliki publik Israel dan membuktikan kerasulannya. Pasalnya, Mukjizat Rasul itu selalu disesuaikan dengan kondisi masyarakatnya.

Cerita Singkat Terpilihnya Jadi Raja

Sebagaimana di dalam Al-Qur’an dimaktubkan bahwa Nabi Daud mendampingi Thalut untuk mengalahkan raja Jalut. Setelah memenangkan peperangan, Thalut menjadi pemimpin. Sayangnya, ia tidak berlaku adil dalam menjalankan pemerintahannya. Ia membuat rakyat kerap tersiksa.

Akhirnya timbullah perpecahan, dan publik Israel pun terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok Thalut dan kelompok Nabi Daud. Kelompok Thalut yang menjadi panglima perang adalah putranya, sedangkan publik Israel yang menjadi panglima perangnya adalah Nabi Daud. Dan, peperangan dimenangkan oleh Nabi Daud dan ia pun didaulat menjadi Raja.

Mukjizat Nabi Daud

Mukjizat Nabi Daud yang sering dibincangkan dan terkenal di kalangan publik ada dua:

1. Mampu Mematahkan Besi

Mukjizat nabi Daud bisa mematahkan besi dan membuatnya menjadi baju perang terjadi saat ia masih bersama-sama dengan Thalut untuk mengalahkan Jalut.

Saat itu, ia berpikir bagaimana caranya memiliki baju perang yang bagus. Pasalnya, baju perang yang dimiliki oleh kubu Jalut bagus dan kuat. Sedangkan baju perang yang mereka miliki bukan hanya tidak kuat, tapi juga tidak nyaman ketika dipakai.

Suatu hari Nabi Daud memegang besi tanpa disadarinya ia bisa membengkokkannya bahkan hingga bisa mematahkannya. Ia tahu ini adalah mukjizat yang diberikan Allah kepadanya. Hingga Akhirnya Allah mengajarinya  untuk membuat baju besi sebagai keperluan perang.

Perintah ini dimaktubkan Allah di dalam al-Quran di dalam surat al-‘Anbiya’ ayat 80. “Dan Kami ajarkan (pula) kepada Daud cara membuat baju besi untukmu, guna melindungi kamu dalam peperanganmu. Apakah kamu bersyukur (kepada Allah)?"

2. Mampu Mengajak Gunung-Gunung dan Binatang-Binatang Untuk Bertasbih

Mukjizat Nabi Daud yang juga kerap didengar publik adalah ia bisa mengajak gunung dan burung untuk ikut bertasbih bersamanya. Tasbih yang diucapkan berisi mengenai puji-pujian kepada Allah.

Cerita mukjizat Nabi Daud ini juga dimuat di dalam Al-Qur’an. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya, Kamilah yang menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) pada waktu petang dan pagi. Dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masing sangat taat (kepada Allah).” (QS. Shaad: 18-19)

Inilah mukjizat Nabi Daud yang populer didengar masyarakat. Disamping saat menjadi raja, ia kerap berlaku adil dan senantiasa bijaksana dalam mengambil keputusan. Maka pantas, jika publik Israel sangat menyukainya.     

Post a Comment for " Mengenal Mukjizat Nabi Daud As"