--> Skip to main content

Tata Cara Dan Contoh Penerimaan Serta Penyaluran Zakat Fitrah

Tata Cara Dan Contoh Penerimaan Serta Penyaluran Zakat Fitrah
image : pixabay

Zakat fitrah bisa di berikan secara langsung oleh seorang Muzakki kepada Mustahiq. Namun untuk menjembatani jika seorang muzakki kesulitan untuk menyalurkan zakat fitrahnya maka zakat fitrah bisa serahkan pengelolaanya ke dalam suatu badan yang bernama BAZIS ( Badan Amal Zakat Infaq dan Sadaqah ). Namun di kalangan masyarakat sendiri sekarang ini berkembang untuk mengelola zakat fitrah ini di koordinir oleh Dewan Kemakmuran Masjid ( DKM ) setempat.

Seperti halnya yang akan saya share ke sobat muslim semua, ini adalah contoh tahapan pengelolaan zakat di perumahan kami yaitu di masjid jami' Al Ihkhlas Taman Kota Permai 2 Kota Tangerang. Semoga bisa menjadi referensi bagi sobat muslim semua. Untuk tahun 2018 ( 1439 H ) ini kami juga sudah membentuk sebuah Unit Penerimaan Zakat yang mana susunan nya masih sama dengan tahun sebelumnya.

Tahapan - tahapan yang kami lakukan sebagai berikut :

1. Pembentukan Unit Pelaksana Zakat (UPZ)

Di awal bulan Ramadhan pengurus DKM mengadakan rapat pengurus untuk membentuk susunan Panitia Zakat Fitrah. Penyusunan ini untuk menentukan jumlah personil amil yang di butuhkan sesuai dengan kebutuhan dan jumlah masyarakat perumahan yang harus di layani.

Tata Cara Dan Contoh Penerimaan Serta Penyaluran Zakat Fitrah

2. UPZ Mulai Bekerja

Setelah terbentuk, maka panitia segera bekerja dan mengadakan rapat koordinasi untuk menentukan timeline atau jadwal pelaksanaan proses pengumpulan dan penarikan serta penyaluran zakat dari masyarakat.

Tata Cara Dan Contoh Penerimaan Serta Penyaluran Zakat Fitrah

3. Penentuan Mustahiq

Untuk mendapatkan data mustahiq zakat secara tepat dan akurat maka panitia berkoordinasi dengan ketua - ketua RT di lingkungan perumahan. Kebetulan perumahan Taman Kota Permai 2 terdiri dari 6 RT.

Tata Cara Dan Contoh Penerimaan Serta Penyaluran Zakat Fitrah

4. Teknis Pengumpulan Zakat

Untuk melayani masyarakat yang akan menyaklurkan zakat fitrahnya, maka panitia menetapkan dua metode yakni :

  • Membuka tempat penyaluran zakat fitrah dari masyarakat di Masjid jami' Al Ikhlas.
  • Dengan cara jemput bola, mendatangi satu persatu rumah masyarakat di perumahan.
  • Untuk setiap petugas amil akan di dampingi oleh seorang yang mengerti hukum - hukum islam, rukun zakat dan syarat sah nya zakat. Karena dalam proses ini di perlukan orang yang bisa membimbing masyarakat untuk mengucapkan niat zakat fitrah dan juga membacakan doa setelah proses ijab qobul zakat selesai di lakukan.

Tata Cara Dan Contoh Penerimaan Serta Penyaluran Zakat Fitrah

Kemudian setelah prosesnya selesai, untuk Muzakki di berikan tanda terima sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah menunaikan kewajiban membayar zakat fitrahnya.

Tata Cara Dan Contoh Penerimaan Serta Penyaluran Zakat Fitrah

5. Pendistributian Zakat Fitrah

Setelah semua zakat fitrah dari masyarakat terkumpul, maka panitia penerima zakat akan melakukan rapat komsolidasi untuk menghitung total semua penerimaan zakat fitrah yang ada. Setelah itu, di hitung dan di verifikasi kembali berapa jumlah total mustahiq yang akan di bagikan zakat nya. Apakah dari daftar awal ada perubahan atau tidak. Setelah semua beres, maka segera di lakukan perhitungan dan pembagian lalu pendistribusian / penyaluran zakat fitrah tersebut ke para mustahiq.

6. Penyerahan Sebagian Kecil Zakat Fitrah Ke BAZIS Kota Tangerang

Berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya dimana BAZIS Kota Tangerang tidak ikut campur untuk pengelolaan dan penyaluran zakat fitrah, maka dua atau tiga tahun belakangan ini mereka ikut mengelola zakat fitrah tersebut. Caranya adalah dengan memberikan kupon ke panitia Zakat fitrah di perumahan. Biasanya dari panitia, akan mengalokasikan sekitar 100 kupon untuk di serahkan ke BAZIS Kota Tangerang sedangkan sisanya di kelola oleh panitia.

7. Laporan Penyaluran Zakat Fitrah

Setelah proses penyaluran zakat fitrah di buatkan per RT masing - masing dan di serahkan ke Amil zakatnya untuk di distribusikan.

Tata Cara Dan Contoh Penerimaan Serta Penyaluran Zakat Fitrah

8. Laporan Akhir

Setelah semua proses penyaluran zakat fitrah selesai, maka panitia akan membuat laporan akhir yang berisi antara lain : Penerimaan zakat fitrah dari masing - masing RT, pendistribusiannya ke mana dan sisa nya berapa. Setelah semua cocok dan di setujui maka laporan tersebut di anggap sah.

9. Pembubaran UPZ

jika sudah selesai semuanya dan laporan akhir dari panitia juga sudah di sahkan, maka tahap terakhir adalah pembubaran panitia.
Dalam hal ini antara lain penyampaian rasa terima kasih atas kerja keras dari seluruh panitia demi kelancaran dan kesuksesan hajat tersebut.
Sampai di sini, kemudian di ketok palu dan di nyatakan kepanitian telah bubar dan selesai tugasnya.

10. Selesai

Demikianlah contoh tahapan proses pengelolaan zakat di masjid jami' Al Ikhlas perumahan Taman Kota Permai 2 Kota Tangerang. Semoga berguna untuk sobat muslim semua.

Terima kasih atas kunjungan anda ke blog saya.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar