--> Skip to main content

Tradisi Mudik Menjelang Hari Raya Iedul Fitri (Lebaran)

Tradisi Mudik Menjelang Hari Raya Iedul Fitri (Lebaran)
image : pixabay

Mudik adalah tradisi asli masyarakat Indonesia. Sebuah tradisi masyarakat  yang hanya ada di Indonesia yaitu menjelang tibanya hari raya Iedul Fitri (Lebaran).

Kegiatan mudik kini telah menjadi sebuah hajat nasional dan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, mulai dari menyiapkan sarana dan prasarana seperti kendaraan umum, jalan dan sebagainya. Bahkan kepolisian juga menyiapkan operasi khusus untuk mudik menjelang dan sesudah hari raya keagamaan tersebut. Semua itu di lakukan demi keamanan dan kenyamanan warga masyarakat yang melakukan kegiatan mudik ke kampung halaman.

Bagi umat muslim mudik pada hari raya adalah ajang untuk bersilaturahmi dan menjalin ukhuwah atau persaudaraan dengan mengunjungi orang tua dan sanak saudara di kampung halaman.

Bahkan ada pameo di masyarakat " Punya uang atau tidak punya uang yang penting lebaran harus mudik ". Demikian kuatnya tradisi ini sehingga seberat apapun perjuangannya harus bisa mudik ke kampung halaman.

Allah Subhanahu Wata'ala telah berfirman dalam Al Qur'an surah An Nisa ayat 1 :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
Artinya :
Hai manusia, bertaqwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya, dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki - laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-NYA kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

Selanjutnya Allah Subhanaahu Wata'ala juga telah berfirman dalam Al Qur'an surah Muhammad ayat 22 :


فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ تَوَلَّيْتُمْ أَنْ تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ
Artinya :
Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan.

Begitu juga Rasullah Salallahi Alaihi Wasalam bersabda dalam hadisnya mengenai penting nya silaturahmi antara sesama umat muslim, antara lain :


Artinya :

Dalam hadist lain Rasulullah Salallahu Alaihi wasalam  bersabda :

Tradisi Mudik Menjelang Hari Raya Iedul Fitri (Lebaran)
Artinya :
Tradisi Mudik Menjelang Hari Raya Iedul Fitri (Lebaran)

Demikianlah artikel mengenai tradisi mudik di Indonesia. Bagi sobat muslim yang hendak mudik ke kampung halaman semoga selamat sampai tujuan dan di berikan pahala oleh Allah Subhanahu Wata'ala sebagaimana pahala orang yang menyambung tali silaturahmi.

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar