Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Malam Lailatul Qadar

Rahasia Malam Lailatul Qadar
Image : pixabay

Salah satu keistimewaan dari sepuluh malam ketiga bulan Ramadhan adalah adanya suatu malam yang berdasarkan riwayat adalah lebih baik dari pada seribu bulan. Jika kita kalkulasikan maka itu adalah masa yang sama dengan 83 tahun.
Allah SWT telah berfirman dalam Al - Qur'anul karim yakni surah Al Qadar ayat 3 sebagai berikut :
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ
Artinya :
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Kapan malam lailatul qadar itu akan datang ? Datangnya malam lailatul Qadar ini sepenuhnya menjadi rahasia milik Allah SWT. Bahkan Rasulullah SAW saja tidak di beritahu kapan malam Lailatul Qadar itu akan datang. Mungkin Allah SWT mengharapkan agar kita tetap istiqamah menjalankan ibadah puasa dan juga ibadah - ibadah yang lain hingga kita bisa berjumpa dengan malam Lailatul Qadar itu.

Rasulullah SAW hanya memberikan pertanda kepada kita mengenai datangnya malam Lailatul Qadar yakni pada malam - malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

TANDA TANDA ALAM AKAN DATANGNYA LAILATUL QADAR

(1). Malam Lailatul Qadar cuaca tidak begitu panas, terasa lembut,  malam tampak cerah, tidak begitu dingin, udara di sekitar kita terasa lebih tenang dan pada pagi harinya matahari nampak bersinar dengan lembut seolah - olah tanpa sinarnya. 
Rahasia Malam Lailatul Qadar
Image : pixabay

(2). Waktu subuh ( pagi hari )  dari malam Lailatul Qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik. Ini artinya sinar matahari terasa sejuk seolah tanpa pancaran sinarnya.


Rahasia Malam Lailatul Qadar
Image : pixabay


(3). Di malam hari bentuk bulan yang terlihat seperti separuh bulatan atau terlihat seperti separuh nampan.

Rahasia Malam Lailatul Qadar
Image : pixabay

Itulah sebagian dari tanda - tanda alam tentang datangnya Lailatul Qadar. Kita sebagai muslim yang beriman tidak boleh terpaku saja dengan tanda - tanda alam tersebut. Hal terbaik bagi kita adalah menjaga keistiqamahan dalam ibadah kita karena tidak ada satu orangpun yang mengetahui kapan malam Lailatul Qadar akan datang.


RAHASIA MALAM LAILATUL QADAR

(1). Malam Lailatul Qadar merupakan waktu dimana Allah SWT menurunkan Al - Qur'an sebagai mukjizat terbesar kepada Nabi Muhammad SAW. Bila merujuk kepada tafsir Al Adzim 14:23, Al - Qur'an pada dasarnya di turunkan secara utuh dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul Izzah di langit, tetapi kemudian Allah SWT menurunkannya secara bertahap kepada Nabi SAW secara bertahap sesuai dengan urutan sebab kejadian melalui perantara Malaikat Jibril AS.

(2). Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 ( seribu ) bulan. Apabila kita berbuat suatu kebaikan maka nilai pahalanya adalah lebih baik daripada seribu bulan. Oleh karena itu kita seyogyanya memperbanyak ibadah, beramal shaleh, infaq, sedekah, membaca Al Qur'an di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Bilamana kita mengerjakan ibadah sunah maka nilainya seperti pahalanya ibadah wajib dan jika kita mengerjakan ibadah wajib maka pahalanya di lipatgandakan oleh Allah SWT.

(3). Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan keberkahan. Allah SWT berfirman dalam surah Ad Dukhan ayat 3 :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Artinya :
3. Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang di berkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.

(4). Malaikat Jibril AS turun ke dunia pada malam Lailatul Qadar. Bukan saja Malaikat Jibril AS saja yang turun kedunia tetapi banyak malaikat yang turun ke dunia ketika ada orang yang membaca Al Qur'an, dan akan mengitari orang - orang yang ada dalam majelis Dzikir dan majelis Ilmu.


(5).  Malam Lailatul Qadar di sebut dengan " Salaam " artinya adalah malam Lailatul Qadar itu penuh dengan keselamatan dan kesejahteraan sampai dengan terbitnya fajar.

(6). Malam Lailatul Qadar adalah malam di mana Allah SWT mencatat takdir kita selama setahun, termasuk rezeki dan juga ajal kita.

Allah SWT berfirman dalam surah Ad- Dukhan ayat 4 :

فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

Artinya :
Pada malam itu di jelaskan segala urusan yang penuh hikmah.

(7). Dosa - dosa orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar tersebut akan di ampuni oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang di riwayatkan oleh  Bukhari yang menyatakan "  Barang siapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap ridha Allah SWT maka dosa - dosanya yang telah lalu akan di ampuni ".

Demikianlah artikel mengenai rahasia malam Lailatul Qadar yang perlu sobat muslim ketahui. Semoga kita beruntung dan bisa bertemu dengan malam Lailatul Qadar tersebut.

Posting Komentar untuk "Rahasia Malam Lailatul Qadar "