Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alquran Terjemahan, Memudahkan Belajar Alquran

alquran-terjemahan
sumber:https://griyaalquran.id/

Alquran terjemahan adalah Alquran untuk memahami dengan menyeluruh mengenai arti ayat pada Alquran. Alquran yang lengkap dengan terjemahannya, akan membuat Anda lebih mengerti dan benar-benar mengetahui makna yang terkandung dalam Alquran.

Keberadaan Alquran adalah landasan utama bagi umat muslim (orang Islam) untuk dijadikan sumber hukum atas segala aktivitas yang dilakukan.

Pedoman (Alquran) umat Islam mampu menyelesaikan kemaslahatan terhadap problematika masalah urusan manusia. Jangkauan Alquran bukan hanya sebatas masalah keduniawian, melainkan masuk seluruh aspek kehidupan sampai dengan ranah ukhrowi (akhirat).

Sumber yang termaktub dalam Alquran telah terbukti kebenaranya dan diakui oleh kalangan ahli yang menelitinya. Contohnya saja ilmu pengetahuan modern telah mengungkap rahasia keajaiban pada mushaf suci umat Islam (Alquran).

Salah satu ilmuwan yang terkemuka dari Turki membuktikan keajaiban yang dimiliki oleh Alquran. Adalah Adnan Oktar atau sering juga dikenal dengan sebutan "Harun Yahya", beliau sangat menjunjung tinggi keilmuan yang berdasarkan dari sumber Alquran.

Salah satunya riset dan penelitian yang telah beliau lakukan ialah dengan menemukan hikmah yang tergandung dalam keajaiban Alquran. Contohnya temuan yang beliau peroleh yaitu dengan mengaitkan Alquran ke basis semua ranah kehidupan manusia; mulai dari tinjauan terhadap astronomi, planet bumi, fisika, biologi, pengetahuan yang terdapat di dalamnya, serta menggali informasi akan kejadian di masa yang akan datang berasalkan dari Alquran itu sendiri "subhanallah (maha suci Allah)".

Pengertian Alquran Terjemahan

Sebelum kita hendak mengenal lebih luas akan pengertian Alquran terjemahan, marilah kita memahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari Alquran (kitab suci umat islam).

Pengertian secara lengkap tampaknya kita tidak akan cukup membahasnya secara menyeluruh karena ilmu yang terkandung dalam Alquran sangatlah luas. Perlu pembahasan dan kajian yang sangat luas untuk mengenal lebih dekat kandungan yang ada di dalamnya.

Di sini kita akan mengetahui garis besar pengertian dari Al Quran saja, karena jika ingin mengetahui dengan mendalami Alquran secara menyeluruh, Anda harus mengenal lebih dahulu para pakar dan ahli dalam memberikan penjelasannya disertakan dengan sumber rujukan lainya seperti mengenal Asbabun Nuzul (sebab turunya Alquran), tafsir Alquran, dan sumber pendukung lain yang membahas tentang mushaf umat Islam. Sehingga tidak rancu dan salah kaprah dalam memahami.

Pengerian Alquran adalah kitab suci agama Islam yang merupakan puncak dari penutup wahyu Allah SWT yang diperuntuhkan untuk umat manusia. Merupakan salah satu bagian dari rukun iman umat Islam yang wajib diimani sebagai wahyu pertama yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Alquran merupakan firman Allah sebagai mukjizat, diberikan kepada Nabi Muhammad untuk disampaikan ke seluruh umat manusia di dunia ini.

Dengan pengertian dasar mengenai Alquran semoga kita bisa menggali lebih dalam dari apa yang telah diketahui sebagai umat Islam untuk dijadikan dasar pedoman suatu pondasi hidup untuk dijadikan pegangan dan diamalkan.

Mengenai pengertian dari Al Quran terjemahan itu sendiri merupakan arti atau pengertian makna dari Alquran yang memberikan penjelasan yang terdapat pada Alquran yang kita tidak ketahui.

Dengan dasar bahasa Arab yang dijadikan sumber baca Alquran di seluruh dunia kita harus mengetahui artian dari bacaan tersebut, agar bisa mengetahui makna yang terkandung dan mengamalkan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Serta mampu menjadikan umat manusia memiliki ketakwaan dan keimanan yang lebih baik.

Alquran terjemahan merupakan jenis buku rujukan yang bisa menerangkan maksud kalimat tiap kata yang ada di dalam Alquran. Membantu mengenalkan kita akan kata yang belum diketahui maksudnya dari Alquran.

Dengan mengetahui terjemahan kitab suci, umat Islam akan lebih memahami makna setiap ayat. Untuk sekarang, Anda sudah tidak perlu mengkhawatirkan lagi karena untuk saat ini Al Quran biasanya memiliki dua versi yang pertama Alquran yang tidak disertakan terjemahan. Kedua, yang sudah menggunakan terjemahan.

Dan bahkan sekarang ada juga Alquran sekaligus tafsir seperti halnya yang sudah dimiliki lengkap pada Alquran digital.

Fungsi dari Alquran Terjemahan

Setelah kita mengetahui pengertian dari Alquran dan terjemahanya, sekarang marilah kita ketahui manfaat besar dari Alquran terjemahan. Sebagian pendapat menegaskan butuh waktu lama menguasai bahasa Arab untuk memahami kandungan Alquran, karena memang pada kenyataannya untuk mengetahui bahasa Arab butuh ketekunan dan keseriusan dalam menguasai bahasa arab.

Dengan pendidikan formal yang kurang mendukung untuk mengetahui lebih dalam akan makna kandungan dari al qur'an, maka biasanya orangtua yang hendak menginginkan anaknya untuk menyekolahkan anaknya di sekolah berbasis Islam seperti pondok, dan sekolah dengan background islam.

Keistimewaan yang dimiliki Alquran selain untuk memberikan penjelasan juga mampu memberikan pelajaran akan pengetahuan bahasa Arab dengan simpulan bahasa yang tepat.

Selain itu terjemahan juga sangat membantu kefahaman ajaran agama Islam agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dalam pendapat yang mengakibatkan timbulnya persepsi yang salah dengan penafsiran tersendiri. Akibat yang ditimbulkan dari permasalahan terhadap salah pendapat membuat kelalaian dan kelengahan ketika kita tidak memegang Alquran.

Jika Anda termasuk orang yang awam terhadap Alquran, dianjurkan untuk Anda memahami dengan terjemahan Alquran baik yang menggunakan artian perkata atau keseluruhan.

Sehingga Anda bisa memahami dengan baik makna arti yang tepat. Jika ingin mengetahui lebih dalam kekayaan kandungan yang dimiliki Alquran, janganlah meninggalkan makna dari tiap ayat dari Alquran sehingga Anda bukan termasuk orang-orang yang melalaikan hal kecil yang cakupanya sebenarnya sangat besar dan penting untuk diketahui.

Alquran terjemahan menjelaskan dan menerangkan arti akan makna ayat yang terkait dengan Alquran. Siapa pun yang kurang memahaminya, sangatlah membutuhkan terjemahan.

Adanya terjemahan membantu umat Islam mengenal lebih mendalam akan kefahaman aturan yang telah Allah SWT perintahkan. Dengan memahami kitab suci dengan makna terjemahan yang tepat maka kita akan mengetahui segala peristiwa dan aturan Allah SWT dengan rinci sertakan bukti yang jelas pada terjemahan.

Kehadiran terjemahan akan sangat memperjelas ayat suci Alquran, sehingga umat muslim dapat memahami secara menyeluruh dengan tidak menyalahartikan akan persepsi dan pemahaman yang ada pada Alquran.

Memiliki terjemahan menghindari pemahaman dan persepsi yang salah dan melenceng. Karena persepsi yang tidak benar terhadap Al Quran menyebabkan salah pengertian karena yang jelas akan keluar dari konteks pembahasan Alquran.

Namun ada juga terjemahan yang dibuat untuk menyesatkan sehingga Anda seharusnya berhati-hati agar bisa mendapatkan yang terbaik. Carilah terjemahan yang sudah disahkan oleh menteri agama.

Oleh karena itu, terjemahan dibutuhkan untuk menghindari kemungkinan buruk terhadap kandungan yang dimiliki Alquran. Dengan adanya peranan terhadap konteks untuk mengetahui maksud dari arti Alquran maka Anda sangat  membutuhkan Alquran terjemahan untuk membantu dalam memahami hikmah dan kandungan Alquran alkarim.

Hukum Memegang Alquran Terjemahan

Sebagaimana di utip dari laman https://lirboyo.net/ , salah satu larangan bagi orang yang memiliki hadas adalah memegang mushaf Alquran. Yang dimaksud Alquran dalam persoalan itu adalah Alquran murni atau terjemahan Alquran. Sehingga apabila memegang tafsir Alquran diperbolehkan.

Adapun terjemahan Alquran yang beredar saat ini, seperti terjemahan Alquran bahasa Indonesia, sebenarnya termasuk dalam kategori tafsir makna Alquran, sehingga hukumnya menyentuh terjemahan tersebut sama seperti memegang tafsir Alquran. Hal ini telah dijelaskan oleh Syekh Ismail Zain dalam fatwanya:

أَنَّ تَرْجَمَةَ الْقُرْآنِ ذَاتِهِ لَا تَجُوْزُ فَإِنْ كَانَتِ التَّرْجَمَةُ لِمَعْنَاهُ فَهِيَ كَالتَّفْسِيْرِ فَلَهَا حِيْنَئِذٍ حُكْمُ التَّفْسِيْرِ فَإِنْ كَانَتْ أَكْثَرَ مِنَ الْقُرْآنِ اَلْفَاظًا جَازَ لِلْمُحْدِثِ حَمْلُهَا مَعَ الْقُرْآنِ وَكَذَلِكَ اِنْ كَانَتْ مُسَاوِيَةً فَإِنْ كَانَتْ أَقَلَّ مِنْ اَلْفَاظِ الْقُرْآنِ فَلَا يَجُوْزُ لِلْمُحْدِثِ مَسُّهَا وَلَا حَمْلُهَا .

Artinya:

“Sesungguhnya menerjemahkan Alquran secara harfiah tidak dilegalkan. Namun apabila yang diterjemahkan adalah maknanya, maka hukumnya seperti tafsir Alquran. Sehingga apabila jumlah kata tafsirnya lebih banyak, maka diperbolehkan bagi orang yang hadas untuk membawanya. Begitu pula diperbolehkan membawanya ketika jumlah huruf tafsir memiliki jumlah yang sama dengan Alqurannnya. Akan tetapi apabila huruf tafsir lebih sedikit dibandingkan dengan huruf Alquran, maka bagi orang yang hadas tidak diperbolehkan memegang serta membawanya.”

Namun jika seseorang meragukan perbandingan jumlah huruf antara terjemahan Alquran bahasa Indonesia dengan mushaf Alquran, maka menurut Imam Ibn Hajar, ia masih diperbolehkan untuk menyentuh terjemahan tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Sayyid Abi Bakar bin Muhammad Satho ad-Dimyathi:

وَجَرَى ابْنُ حَجَرَ عَلَى حِلِّهِ مَعَ الشَّكِّ فِي الْأَكْثَرِيَّةِ أَوِ الْمُسَاوَاةِ، وَقَالَ: لِعَدَمِ تَحَقُّقِ الْمَانِعِ وَهُوَ الْاِسْتِوَاءُ

Artinya:

“Imam Ibn Hajar berpendapat boleh memegang ketika ragu akan jumlah huruf tafsir (terjemahan makna) apakah menyamai atau justru lebih banyak dari Alquran. Beliau menjelaskan: karena dalam keadaan ragu masih tidak ada yang memastikan atas pelarangannya, yakni tidak ada kepastian kalau jumlahnya sama dengan huruf Alquran.”

Membaca makna atau terjemahan yang ada pada Alquran, akan membuat kita lebih paham tentang perintah Allah dan larangan Allah.

Demikianlah uraian kali ini, semoga berguna dan bermanfaat.

Referensi: https://lirboyo.net/

Posting Komentar untuk " Alquran Terjemahan, Memudahkan Belajar Alquran"