Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Doa dan Dzikir Setelah Shalat Serta Manfaatnya

 

Keutamaan Doa dan Dzikir Setelah Shalat Serta Manfaatnya

Berdoa dan berzikir merupakan hal yang sangat penting bagi umat Islam sebagai hamba Allah di dunia ini. Melalui berdoa, seseorang dapat menyampaikan permohonan, harapan, dan keluh kesah kepada Allah. 

Berdoa juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menyatakan rasa syukur dan meminta pertolongan dari Allah dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Sementara itu, berzikir merupakan bentuk dakwah yang dilakukan dengan mengingat Allah dan menyebut-nyebut nama-Nya. Melalui berzikir, seseorang dapat meningkatkan ketakwaannya dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa.

Kedua hal ini merupakan cara untuk meningkatkan hubungan dengan Allah dan mencapai ketenangan jiwa. Allah juga menjanjikan untuk merubah takdir seseorang yang selalu berdoa dan berzikir kepada-Nya. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk selalu rutin melakukan berdoa dan berzikir sebagai bentuk ibadah dan ketaatan kepada Allah.

Doa memiliki kekuatan yang luar biasa bagi orang-orang yang selalu rutin mengamalkannya. Doa dapat membuat sesuatu yang tampak tidak mungkin menjadi mungkin, karena doa merupakan bentuk permohonan kepada Allah yang Maha Kuasa. Allah selalu siap untuk mendengarkan dan mengabulkan doa hamba-hamba-Nya.

Namun, terkadang proses pengabdian doa dibutuhkan kesabaran dan keyakinan. Terkadang doa tidak selalu terkabul sesegera yang diharapkan, atau bahkan terkadang doa tidak terkabul sama sekali. Namun, kita harus yakin bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya dan tidak pernah meninggalkan kita dalam keadaan yang lemah.

Oleh karena itu, sebagai hamba Allah, kita harus selalu sabar menunggu doa kita terkabul dan tidak cepat merasa putus asa dan berprasangka buruk pada Allah. Kita harus percaya bahwa Allah pasti akan mengabulkan doa kita sesuai dengan yang terbaik untuk kita. Kita harus selalu berdoa dengan penuh keyakinan dan sabar menunggu jawaban dari Allah.

Orang yang sabar dan tekun memanjatkan doa-doa yang baik pada Allah, pada gilirannya akan mendapatkan apa yang telah ia doakan. Meskipun mungkin saja Allah tidak mengabulkan doa-doanya dengan serta merta, namun Allah akan menggantikan doanya dengan cara lain. Doa dan dzikir setelah shalat merupakan salah satu waktu dan cara doa yang mudah dikabulkan.

Shalat adalah ibadah rutin yang harus dilakukan oleh umat Islam setiap hari, baik yang merupakan shalat sunnah maupun shalat yang wajib. Shalat merupakan waktu yang sangat penting bagi umat Islam karena merupakan saat dan waktu yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannya. Melalui shalat, seseorang dapat menyatakan ketaatan dan kerendahan hati kepada Allah.

Oleh sebab itu, doa dan dzikir setelah shalat merupakan waktu yang paling tepat untuk dilakukan. Ini adalah waktu yang sangat baik untuk berdoa dan berzikir kepada Allah, karena seseorang berada dalam kondisi yang sangat khusyu dan tawadhu' saat itu. Selain itu, doa dan dzikir setelah shalat juga dapat menambah pahala ibadah shalat yang telah dilakukan sebelumnya.

Dalam agama Islam, shalat merupakan ibadah yang sangat penting dan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk selalu rutin melakukan shalat dengan penuh khusyuk dan ketekunan. Dan melakukan doa dan dzikir setelah shalat adalah bentuk penghormatan dan penyempurnaan ibadah shalat yang telah dilakukan.

Ada banyak waktu yang utama bagi terkabulnya doa. Waktu-waktu tersebut diantaranya adalah; pada saat turun hujan, pada saat qiyamul lail atau bangun malam menunaikan shalat dan ibadah malam, pada saat kita dianiaya oleh orang lain.

Doa dan Dzikir Setelah Shalat

Ada beberapa bentuk keutamaan doa dan dzikir setelah shalat yang biasa dilakukan oleh umat Islam, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.  Setelah shalat merupakan waktu utama dikabulkannya doa.

Di samping waktu-waktu utama yang lain untuk berdoa seperti tersebut di atas, setelah shalat juga merupakan waktu yang sangat utama untuk melakukan doa dan dzikir.

Doa dilakukan sebagai wujud pengakuan diri sebagai hamba, sementara dzikir dilakukan sebagai bentuk puja puji seorang hamba pada Sang Pencipta.

Setelah shalat perbanyaklah berdoa, jangan lantas melipat sajadah dan pergi bangkit berlalu. Sebab usai shalat merupakan waktu yang utama bagi terkabulnya doa yang dimohonkan.

2.  Doa merupakan bentuk pengakuan diri sebagai hamba yang lemah pada Tuhannya.

Orang yang tidak mau berdoa adalah mereka yang sombong. Sombong sebab tak merasa butuh terhadap Allah yang telah menciptakannya. Setelah kita melakukan ibadah shalat sebagai bentuk pengabdian hamba kepada Allah, maka selanjutnya kita juga harus merendahkan diri kepada Allah dengan doa-doa dan zikir.

Doa dan dzikir setelah shalat menunjukkan bahwa manusia adalah hamba yang lemah, yang segala kehidupannya di bawah kekuasaan Allah. Doa dan dzikir yang dilakukan manusia bukanlah untuk keperluan dan kepentingan Allah.

Andai saja manusia tidak melakukan dzikir dan doa pada Allah, niscaya sedikit pun tidak akan mengurangi kebesaran Allah yang Maha Kuasa. Doa dan dzikir adalah untuk kepentingan hamba bersangkutan. Doa dan dzikir merupakan kebutuhan seorang hamba terhadap Sang Pencipta.

3.  Doa dan dzikir setelah shalat merupakan waktu muhasabah atau introspeksi diri yang tepat.

Doa dan dzikir setelah shalat akan menjadi terasa sangat nikmat apabila kita sedang dilanda banyak persoalan hidup. Shalat merupakan terminal istirahat yang sangat menyejukkan jiwa.

Melalui doa dan dzikir setelah shalat, seseorang bisa bermuhasabah diri, mengadukan permasalahan hidup, menyesali dosa dan menangis sebagai bukti ketakutan seorang hamba terhadap azab dari dosa-dosa.   

Manfaat Berdzikir Setelah Shalat

Manfaat dari berzikir setelah shalat sangat penting untuk diketahui oleh setiap Muslim. Seseorang yang selalu rutin dalam membaca dan mengamalkan zikir setelah shalat akan mendapatkan banyak keutamaan. Berzikir setelah shalat dapat menyempurnakan amalan pahala yang telah dilakukan oleh seorang Muslim, karena zikir merupakan bentuk ibadah yang dapat menambah pahala shalat.

Menurut NU Online, bacaan dzikir dan doa setelah shalat ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, bacaan setelah shalat juga dapat memberikan banyak keberkahan bagi seorang Muslim yang mengamalkannya. 

Oleh karena itu, setiap Muslim harus mengamalkan bacaan setelah shalat sebagai bentuk ibadah yang dapat meningkatkan ketaqwaan dan menambah pahala shalat yang telah dilakukan.

Bagaimana bunyi bacaan Dzikir? Saya telah mengulas terkait dengan Bacaan Doa dan Dzikir dalam artikel terpisah di blog ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat berdzikir untuk kehidupan sehari-hari yang dikutip dari NU online, yaitu:

1. Diampuni Segala Dosa yang Telah Dilakukan

Salah satu manfaat penting dari berdzikir setelah shalat adalah diampuni dosa-dosa yang telah dilakukan. Dalam Islam, dzikir diterima sebagai bentuk pengakuan atas dosa yang dilakukan dan permohonan ampun kepada Allah. Dengan membaca banyak dzikir setelah shalat, umat Muslim akan merasa lebih tenang dan tentram karena sudah mengakui dosa yang telah dilakukan dan meminta ampun kepada Allah.

Selain itu, orang yang sering membaca dzikir setelah shalat akan lebih cepat diampuni dosa-dosanya. Karena dzikir adalah bentuk pengakuan dosa dan permohonan ampun, maka semakin sering seseorang melakukan dzikir setelah shalat, maka semakin sering ia mengakui dosa yang dilakukan dan meminta ampun kepada Allah, sehingga dosa-dosa tersebut akan cepat diampuni.

Dalam Agama Islam, diampunya dosa sangat penting karena dosa merupakan hal yang dapat menjauhkan seseorang dari jalan yang benar dan mengurangi pahala ibadah. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk selalu rutin berdzikir setelah shalat sebagai bentuk pengakuan dosa dan permohonan ampun kepada Allah.

Rasulullah SAW telah bersabda dalam sebuah haditsnya:

"Barangsiapa yg membaca dzikir Subhanallah setiap shalat wajib sebanyak 33 kali, dan membaca dzikir Alhamdulillah sebanyak 33 kali, dan membaca dzikir Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali dan untuk menyempurnakannya, maka akan diampuni dosa-dosanya walaupun dosanya sebanyak buih di lautan." [HR. Muslim].

2. Mendapat Ganjaran Pahala yang Banyak

Manfaat berdzikir setelah shalat selanjutnya adalah mendapatkan pahala yang melimpah. Umat Muslim yang selalu rutin mengamalkan dzikir setelah menunaikan ibadah wajib akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Hal ini karena dzikir merupakan bentuk ibadah yang dapat menambah pahala ibadah yang telah dilakukan sebelumnya.

Berdzikir setelah shalat merupakan cara untuk meningkatkan ketaqwaan dan menambah pahala ibadah shalat yang telah dilakukan. Dzikir setelah shalat dianggap sebagai bentuk penghormatan dan penyempurnaan ibadah shalat.

Dalam agama Islam, pahala merupakan bentuk balasan dari Allah atas amal perbuatan baik yang dilakukan oleh hamba-Nya. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk selalu rutin berdzikir setelah shalat sebagai bentuk penghormatan dan penyempurnaan ibadah shalat dan juga untuk mendapatkan pahala yang melimpah.

Firman Allah SWT :

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya:

"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar." [QS. Al-Ahzab, Ayat 35]

3. Membuat Hati Menjadi Tenang dan Tentram

Berdzikir setelah shalat juga dapat memberikan ketenangan dan ketentraman hati. Jika hati seseorang sedang gelisah dan tidak tenang, maka berdzikir adalah cara yang baik untuk menenangkan hati. Dengan berdzikir, seorang muslim dapat lebih tenang dan damai dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Berdzikir setelah shalat merupakan bentuk ketaatan dan penyembahan kepada Allah yang dapat menenangkan pikiran dan hati seseorang. Dzikir juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengatasi masalah-masalah emosional yang dihadapi seseorang.

Berdzikir setelah shalat dapat menenangkan hati dan pikiran seseorang, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Menjadi lebih tenang dan damai dalam menjalani kehidupan sehari-hari akan membuat seseorang lebih bahagia dan produktif. 

Allah SWT telah berfirman :

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya:

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." [Surah Al-Ra'd ayat 28]

4. Menjadi Jembatan Menuju Ke Surga

Melakukan dzikir setelah shalat juga dapat dijadikan sebagai jembatan untuk masuk surga. Setiap Muslim yang mengamalkan dzikir secara rutin akan mendapat jaminan masuk surga. 

Rasulullah SAW telah bersabda dalam haditsnya :

"Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan yang penuh keyakinan, lalu dia mati di hari tersebut sebelum sore hari, maka dia termasuk kedalam penghuni surga. Dan barangsiapa yang membacanya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu dia mati sebelum subuh maka dia termasuk kedalam penghuni surga." [HR. Bukhari]

5. Dzikir Dihitung Sebagai Sedekah

Tahukah Kalian, bahwa ternyata berdzikir setelah shalat juga dihitung sebagai sedekah?

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah haditsnya yang diriwayatkan oleh sahabat Muslim Ra, sebagai berikut:

"Di Setiap ruas tulang (persendian) manusia itu ada kewajiban untuk bersedekah setiap paginya. Tiap tiap bacaan dzikir itu adalah sedekah dan memerintahkan kepada kebaikan juga sedekah, mencegah dari perbuatan kemungkaran itu juga termasuk sedekah." [Hadits Riwayat Muslim]

Doa dan dzikir setelah shalat sangat penting bagi keberlangsungan hidup seorang Muslim. Keutamaan dan manfaat yang didapat dari melakukan doa dan dzikir setelah shalat sangatlah banyak, mulai dari jaminan masuk surga, pembersihan hati, hingga memperkuat hubungan dengan Allah. 

Oleh karena itu, marilah kita semua meningkatkan ketaatan dalam melakukan doa dan dzikir setelah shalat agar dapat meraih segala kebaikan yang telah dijanjikan oleh Allah.

Referensi: https://www.nu.or.id/

Posting Komentar untuk "Keutamaan Doa dan Dzikir Setelah Shalat Serta Manfaatnya"