Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh

Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh

Doa Sholat Subuh – Sholat Subuh merupakan sholat wajib yang mempunyai jumlah 2 Raka’at dan dapat dikerjakan pada waktu mulai terbitnya fajar Shidiq hingga terbitnya matahari. Walaupun dikerjakaan pada waktu pagi hari namun Sholat Subuh memiliki banyak manfaat dan keutamaa. Salah satu keutamaan yang paling penting adalah untuk meminta dimudahkan pintu rezeki oleh Alloh untuk para hamba-Nya.

Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi : ”Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang - orang munafik daripada Sholat Subuh dan Isya. Jika mereka mengetahui apa yg terdapat dalam kedua Sholat itu, mereka pasti pergi melaksanakan-nya meski dengan merangkak". (HR Bukhari).

Berkaca dari Sabda Nabi Muhammad Saw itu, kita bisa menganalisa sendiri bahwa keutamaan dari Sholat Subuh dan Isya merupakan keutamaan yang begitu istimewa dan penting karena jika umat manusia mengetahui penting dan manfaat Sholat Subuh dan Sholat Isya maka mereka akan melaksanakannya walaupun dengan merangkak. Oleh karena itu kita harus berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan kewajiban kita dalam melaksanakan Sholat Subuh maupun Isya.

Adapun Doa Sesudah Sholat Subuh yang bisa kita amalkan setelah mengerjakan Sholat Subuh sendiri ada beberapa macam doa, tetapi intinya kita harus mengucapkan Istighfar dan Shalawat Nabi atau berdzikir minimal 11 kali. Kemudian baru mengamalkan doa – doa setelah sholat subuh seperti di bawah ini :

Kumpulan Doa Setelah Sholat Subuh

Seperti Ummu Salamah pernah menceriitakan kepada para sahabat bahwa Nabi Muhammad Saw setelah mengucapkan salam ( Setelah Sholat Subuh ) beliau membaca doa yg berbunyi :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Yang artinya : 

”Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (Shahih, HR Ibnu Majah : 925) 

Kemudian membaca Ayat lainnya lagi yang berbunyi :

” Subhanallaahilngadziim, laa haula walaa kuwwata illa billaah ” 

Artinya : 

” Maha Suci  Alloh yg maha agung dan segala pujii hanya milik-nya, tiada daya dan upaya kecualii dari Alloh “. 

Kemudian dilanjutkan dengan membaca:

” Subkhaa nallaah wabikhamdih astaghfirullaah innahu kaana tawwabaa “. 

Yang artinya : 

”Maha suci Alloh dan Segala puji hanyalah milik-Nya aku memohon Ampunan kepada Alloh sesungguhnya Dia (Alloh) Maha Penerima Taubat”.

Selain doa - doa diatas, kita juga bisa mengamalkan beberapa doa yang lain, diantaranya doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw kepada putrinya yakni Syyidah Fatimah Azzahra sebagai berikut:

يَا أَوَّلَ الْأَوَّلِينَ وَيَا آخِرَ الْآخِرِينَ وَيَا ذَا الْقُوَّةِ الْمَتِينَ وَيَا رَاحِمَ الْمَسَاكِينَ وَيَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Yaa awwalal awwaliin wa yaa aakhirol aakhiriina wa yaa dzal quwwatil matiin wa roohimal masakiin wa yaa arhamar roohimiin

Artinya:

"Wahai Yang Maha Awal di antara mereka yang awal, wahai Yang Maha Akhir di antara mereka yang akhir,

Wahai Yang Memiliki Kekuatan, wahai Yang Menyayangi orang-orang miskin, wahai Yang Maha Pengasih di antara mereka yang pengasih." (doa ini dikutip dari HR. Abu Dawud)

Aatau doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaaka

Artinya:

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. 

Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

Artinya:

“Wahai Dzat yang Maha Hidup, serta Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, perbaiki seluruh urusan atau keadaanku, dan janganlah Engkau mewakilkan aku kepada diriku sendiri dalam sekejap mata pun." (HR. Imam An-Nasai, Imam al-Bazzar dengan sanad yang Shahih juga Imam al-Hakim).

Demikianlah penjelasan terkait dengan Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh dan perlu diingat bahwa Sholat Subuh merupakan sholat di pagi hari dan pada pagi hari tersebut merupakan saat yang menyegarkan, belum tersentuh masalah serta pikiran masih sangat jernih sehingga hendaknya dimanfaatkan untuk banyak - banyak berdzikir maupun berdoa dan mendekatkan diri kepada Alloh Swt.

Referensi: https://www.sonora.id/

Posting Komentar untuk " Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh"