Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perilaku Tercela Dengki Dan Contohnya

Perilaku Tercela Dengki Dan Contohnya

Kali ini kita akan memberikan informasi mengenai Perilaku Tercela Hasad atau dengki dan ini adalah salah satu dari beberapa Perilaku tercela dalam Agama Islam yang perlu kita hindari, karena jika anda memiliki perilaku ini akan sangat bahaya dalam kehidupan anda.

Pperilaku ini hendaknya anda hindari karena tidak ada manfaatnya sama sekali, dan disini kita akan menjelaskan secara detail mengenai contoh dan juga bahaya-bahaya yang timbul akibat hasad ini.

Pengertian Perilaku tercela hasad adalah salah satu sikap yang ditunjukan seseorang yang sangatlah tidak senang ketika melihat orang lain memperoleh keberuntungan, atau kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT.

Perilaku tercela hasad ini bisa timbul karena adanya permusuhan atau permasalahan dari satu individu ke individu lainnya, dan karena hal tersebut membuat orang yang memiliki perilaku ini ingin saling menjatuhkan dan pastinya ingin bisa lebih dari orang lain dan timbul persaingan.

Perilaku Hasad ini timbul ketika seseorang itu merasa tidak senang kepada keberhasilan yang didapatkan orang lain, dan penyakit dengki atau hasad ini haruslah kita hindari karena memanglah perilaku ini sama sekali tidak disukai oleh Allah SWT.

Perilaku ini juga bisa timbul karena ada perasaan yang menganggap dirinya itu paling hebat dan paling kuat sehingga orang tersebut menganggap dirinyalah yang paling berhak untuk bisa memperoleh keberhasilan bukan orang lain.

Jika orang tersebut mendapati orang lain yang mendapatkan keberhasilannya maka rasa tidak suka atau tidak senang itu akan timbul karena dia merasa dia telah disaingi dan juga dikalahkan.

Dan pada intinya perilaku tercela hasad ini timbul karena adanya sikap sombong atau takabur pada diri seseorang, dan hal ini sangatlah dibenci oleh Allah SWT. Sifat sombong itu memang tidaklah pantas untuk dilakukan karena kita sebagai manusia yang hidup sementara di dunia ini sebenarnya tidak memiliki apapun, semua yang anda punya sekarang ini itu adalah karunia Allah SWT.

Sifat hasad ini sangatlah merugikan kita karena jika anda memiliki sifat hasad ini akan menggugurkan semua kebaikan yang pernah kita lakukan, semua amalan dan juga kebaikan yang telah kita lakukan selama hidup kita akan dihapus. Artinya, kita akan sangatlah dirugikan apabila memiliki sifat hasad yang sangat dibenci Allah SWT ini.

Contoh Perilaku Tercela Hasad ( Dengki )

  • Tidak bisa menerima dengan kesuksesan atau keberhasilan yang diraih oleh orang lain.
  • Orang yang tidak bisa menyukuri nikmat yang sudah Allah SWT berikan selama ini.
  • Merasa bahagia atau senang ketika melihat orang lain kesusahan atau menderita dengan keadaan yang dia miliki.
  • Adanya perasaan yang mendorong untuk mencela orang lain, karena tidak ingin orang lain lebih unggul dari dirinya.
  • Sombong ketika melihat orang lain baru saja mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT dan merasa tidak senang dan tidak suka kalau orang lain yang mendapatkan Nikmat dari Allah SWT {misalkan tetangga/orang lain sudah bisa membeli rumah baru atau mobil baru}

Akibat Hasad

  • Dapat menimbulkan permusuhan atar individu atau kelompok.
  • Sifat ini dapat menimbulkan perasaan dendam satu sama lain.
  • Dapat menghancurkan persahabatan yang sudah terjalin lama.
  • Menghilangkan amalan dan juga kebiasaan baik yang telah anda lakukan.
  • Pelaku Hasad akan berperilaku sombong  dan pastinya akan sangat dibenci Allah SWT.
  • Hidupnya tidak tenang dan tidak tentram.
  • Hati dan pikirannya akan tertutup karena akan sangat sulit menerima nasihat yang diberikan oleh orang lain.

Cara Menghindari Perilaku Hasad ( Dengki )

  • Anda harus bisa selalu bersukur atas Nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita selama ini.
  • Anda harus bisa menyadari kalau perilaku hasad ini merupakan salah satu perilaku tercela.
  • Anda harus paham kalau sifat hasad ini akan menghapuskan semua kebaikan yang telah kita perbuat selama hidup kita.
  • Selalu berfikir positif atas semua yang kita alami, jangan menyalahkan orang lain karena anda belum sukses sampai saat ini.
  • Anda harus menghindari permusuhan dengan orang lain agar anda bisa terhindar dari sifat dengki kepada orang lain.
  • Anda tidak boleh sombong dan membagakan diri anda sendiri atas apa yang sudah anda miliki saat ini karena semua itu hanyalah Titipan Allah SWT yang bisa diambil kapan saja dan kita tidak perlu merasa diri kita atau bisnis kita tersaingi apabila ada orang lain yang mendapat kenikmatan dari Allah SWT.

Itulah perilaku tercela hasad dan contoh dari perilakunya, semoga kita sebagai umat islam yang baik bisa terhindar dari sifat buruk ini dan selalu ada dijalan Allah SWT, semoga dengan membaca artikel hasad ini anda bisa jauh lebih paham dan mengerti apa yang baik untuk diri anda baik di dunia maupun di akherat nantinya.

Posting Komentar untuk " Perilaku Tercela Dengki Dan Contohnya"