Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perilaku Tercela Israf atau Boros Dan Bahayanya

Perilaku Tercela Israf atau Boros Dan Bahayanya

Perlu anda ketahui kalau perilaku tercela israf atau boros ini memang merupakan salah satu sifat yang tidak disukai Allah, selain beberapa perbuatan lain seperti Ghibah dan juga lainnya.

Sifat boros adalah menyia nyiakan sesuatu yang tidak memiliki manfaat pada setiap tindakan atau perbuatan yang dilakukannya, seperti menyia-nyiakan harta dengan hura-hura atau lainnya, dan pastinya hal ini dilarang oleh agama Islam.

Perbuatan tersebut memang salah satu penyakit hati yang memang harus dihindari atau dijauhi. Perilaku boros ini juga bisa dalam bentuk makan atau juga minum, ketika anda anda membeli makanan berlebih dan juga membuat makanan dan minuman anda mubazir.

Kemudian perilaku dalam cara berpakaian, membeli pakaian-pakaian mahal untuk sesuatu yang tidak berguna atau menghambur-hamburkan uang tanpa tujuan yang jelas, dan hal ini memang hanya diperuntukan untuk memenuhi hawa nafsu dunia saja dan kebanyak dari pelaku israf ini hanya ingin mendapatkan pujian oleh orang-orang disekitarnya.

Menurut agama Islam memang kita sebagai muslim sangat dianjurkan untuk bisa memiliki gaya hidup yang sederhana dan tidak terlalu berlebihan hidupnya di dunia ini. Bahkan agama islam juga menganjurkan umatnya untuk bisa meninggalkan Zuhud atau kemewahan dunia.

Tujuannya adalah agar orang - orang di dunia ini tidak hanya memikirkan kepentingan dunia saja karena masih ada akhirat kelak, sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Qur’an Surat Al A’raf ayat 31.

Dan pada Surat Al-An’am Ayat 141 juga sudah ditulis bahwa Allah SWT itu tidak menyukai hal yang berlebihan, dan memerintahkan kita sebagai umat yang muslim untuk selalu mengeluarkan zakat.

Allah SWT memang melarang kita untuk mencari dunia semata walaupun menuntut untuk bisa berkecukupan hidupnya namun tetap harus diimbangi dengan Akhirat, seperti yang tertulis dalam Al Qur’an Surat Asy-Syura ayat 20.

Dan pada Q. S. Ali Imran ayat 14 juga sudah ditegaskan kalau kehidupan didunia itu sangat indah dalam pandangan manusia seperti harta, perhiasan dan juga hewan ternak namun tetaplah tempat yang baik nantinya adalah surga jadi kita tidak boleh hanya sekedar melihat dunia semata karena Akhirat yang nantinya akan menjadi tempat kita.

Penyebab Perilaku Tercela Israf

Penyebab yang paling kita temui adalah lingkungan keluarga yang memang mengajarkan seperti itu {sebagai contohnya anak-anak yang memang terlahir pada keluarga yang kaya raya sehingga tidak mendidik anak untuk bisa sederhana dalam hidupnya}.

Pergaulan, karena pergaulan dengan lingkungan sekitar seperti teman-teman atau mungkin keluarga juga bisa membuat orang cenderung memiliki perilaku tercela israf ini karena selalu melihat perbuatan itu memang menjadi dorongan kuat untuk melakukannya pula.

Dan penyebab ketiga adalah adanya rasa tidak perduli dengan akibat yang akan terjadi apabila melakukannya, memang cenderung keegoisan seseorang menjadi titik ukur untuk melakukan israf ini.

Contoh Perilaku Tercela Israf

Orang yang menumpuk-numpuk harta dan membeli apa yang tidak terlalu dibutuhkan oleh orang tersebut ataupun oleh masyarakat sekitar.

Ingin bermewah-mewahan dalam makan ataupun minum, seperti menuruti hawa nafsu untuk membeli makanan ini itu hingga semua makanan yang sedang diinginkan itu tersedia, dan artinya anda boleh saja membeli makanan yang anda inginkan namun tidak berlebihan karena bisa mubazir.

Menambahkan sesuatu yang berlebihan dari kemampuan kita, seperti makan atau minum yang terlalu kenyang, makan dan minum terlalu berlebihan juga bisa membuat hal yang negatif di tubuh kita.

Terlalu banyak tidur sehingga menyebabkan penyakit malas yang akan berdampak negatif dalam kehidupan anda, karena anda akan sangat malas sekali untuk bekerja, jika mau untuk bekerja pun nanti hasilnya tidak akan bisa maksimal.

Orang yang selalu melakukan perbuatan sia-sia, dan sebagai contohnya di masyarakat sekitar itu adalah perbuatan yang memiliki sifat hura-hura yang tidak terlalu penting.

Mementingkan hawa nafsu untuk selalu bisa menuruti keinginan daripada hanya memenuhi kebutuhan hidupnya saja.

Sedangkan israf ini adalah berbuat secukupnya atau hanya sekedarnya saja, dan hidup sederhana itu juga bukan berarti kikir, namun sekarang ini orang yang sederhana itu identik dengan ketidakmampuan dari sisi ekonomi.

Dalam Islam kesederhanaan bisa timbul karena pemahaman akan kehidupan didunia yang baik dan benar, dan di dalam pandangannya bukan hanya dunia semata karena dunia ini tidak akan abadi, dunia ini hanyalah sebagai tempat yang diperuntukan untuk beramal, sehingga ketika mendapatkan karunia dari Allah SWT berupa harta maka orang ini akan memakainya secukupnya untuk kebutuhan hidupnya dan akan memakai selebihnya untuk keperluan Akhirat nanti.

Akibat Perilaku Tercela Israf

  • Orang yang melakukan Perbuatan israf akan dibenci oleh Allah SWT.
  • Orang yang melakukan perbuatan ini akan menjadi orang yang tercela dan akan menyesal di kemudian hari.
  • Akan menghalalkan segala cara untuk bisa memenuhi keinginannya, dan hal ini biasanya akan merugikan orang lain.
  • Pelaku israf ini akan menjadi sahabat setan.
  • Pelaku Israf ini juga akan dibenci oleh Allah SWT.

Cara Menghindari Israf

  • Harus bisa merenungkan dan juga memikirkan dengan seksama apa yang akan menjadi akibat dari perbuatan israf ini.
  • Harus bisa mengendalikan hawa nafsu , agar tidak terdorong melakukan perbuatan ini.
  • Mencari teman orang yang shalih dan tidak terlalu dekat dengan orang-orang yang israf ini.

Itulah perilaku Tercela Israf atau boros yang perlu kita hindari, memanglah perilaku ini sangatlah tidak baik. Jika kita pakai logika kita buat apa kita berboros-boros uang sekarang ini, kalau nanti ketika kita membutuhkan uang ketika keadaan sedang terjepit anda tidak punya simpanan sepeserpun. 

Akan jauh lebih baik kita menggunakan uang atau harta benda dengan sebaik mungkin tidak terlalu boros dalam menggunakan uang tersebut.

Posting Komentar untuk " Perilaku Tercela Israf atau Boros Dan Bahayanya"