Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keistimewaan Hari Jumat

Keistimewaan Hari Jumat

Dalam tujuh hari dalam sepekan, Jumat adalah hari paling spesial bagi umat Islam. Allah menjamin keberkahan melimpah di hari ini. Selain karena di dalamnya diselenggarakan ibadah shalat Jumat, masih banyak kemuliaan lain di hari ini.

Di bawah ini adalah sejumlah keistimewaan hari Jumat:

1. Dijadikan nama salah satu Surah dalam al-Quran

2. Tak ada hari lain selain Jumat yang diabadikan sebagai nama salah satu surah dalam al-Quran. 

Surah ke-62 dinamai Jumat (jum’ah) karena di dalamnya dijelaskan kewajiban dan keutamaan shalat Jumat.

“Hai orang-orang beriman, apabila dipanggil untuk melaksanakan shalat di hari Jumat, segera ingat Allah dan tinggalkanlah perdagangan. Hal ini lebih baik bagimu jika kamu tahu” (QS. 62:9)

3. Nabi menyebutnya sebagai Hari Terbaik

Nabi Muhammad saw secara khusus menyebut Jumat sebagai hari terbaik karena sejumlah alasan. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam beliau bersabda:

”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

4. Ada Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah saw bersabda,

”Sesungguhnya di dalam hari Jum’at ini, ada suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya lalu ia dalam keadaan berdiri sholat memohon sesuatu kepada Allah, melainkan akan Allah berikan padanya.” (Bukhari dan Muslim)

Menurut Ibnul Qayyim waktu tersebut mulai dari duduknya imam hingga ditunaikannya shalat dan setelah waktu ’Ashar. (Zaadul Ma’ad I/389-390).

5. Bersedekah di Hari Jumat Lebih Berpahala

Kapan pun kita sedekah, pahalanya tak diragukan lagi. Namun, jika sedekah diberikan di hari Jumat, pahalanya akan lebih besar lagi.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, ”Bersedekah di dalamnya lebih besar (pahalanya) daripada bersedekah pada hari lainnya.”

6. Hari Allah Mengampuni Dosa-Dosa

Salman meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, ”Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jumat dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jumat ini dengan Jumat lainnya.” (HR Bukhari).

7. Tiap Langkah untuk Shalat Jumat Setara Dengan Puasa dan Shalat Setahun

Hal ini ditegaskan oleh hadits Aus bin Aus. Rasulullah saw bersabda,

”Siapa yang mandi lalu berwudhu pada hari Jumat, lalu ia bersegera dan bergegas (untuk shalat), kemudian ia mendekat kepada imam dan diam, baginya pada setiap langkah kaki yang ia langkahkan (ada pahala) puasa dan sholat setahun. Yang demikian ini adalah sesuatu yang mudah bagi Allah.” (HR Ahmad dan Ashabus Sunan, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah).

8. Hari Raya dan Bersih Diri

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw bersabda, ”Sesungguhnya hari ini adalah hari Ied yang Allah jadikan bagi kaum Muslimin. Siapa yang mendapati hari Jumat, hendaknya ia mandi.” (HR Ibnu Majah).

9. Meninggal Pada Hari Jum’at atau Malamnya Adalah Tanda Husnul Khotimah

Semua Muslim berharap mengakhiri kehidupan di dunia secara baik-baik sehingga mendapatkan kehidupan akhirat yang mulia (husnul khotimah). Nah, di antara tanda seseorang meninggal dalam keadaan husnul khatimah ini adalah meninggal di hari Jumat.

Namun, ini bukan berarti meninggal di hari lain merupakan pertanda su’ul khatimah (akhir yang buruk).

Dari Ibnu Amr, Rasulullah saw bersabda, ”Tidaklah seorang Muslim meninggal pada hari Jum’at atau pada malam Jum’at, kecuali Allah Ta’ala lindungi dari kesengsaraan kubur.” (HR Ahmad dan Turmudi)

Itulah Keistimewaan Hari Jumat yang perlu kita ketahui agar kita dapat mengisi hari Jum'at tersebut dengan amalan - amalan shaleh dan memperbanyak sedekah.

Posting Komentar untuk "Keistimewaan Hari Jumat"