Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Menurut Hadits

orang-sakit

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Menurut Hadits – Pengertian Sakit adalah suatu keadaan dimana kondisi badan atau sebagian dari organ tubuh manusia yang fungsinya sedang terganggu sehingga membuat keadaan menjadi tidak menyenangkan dan dapat mengganggu aktivitas seseorang baik itu aktivitas jasmani maupun aktivitas rohani. 

Dan tidak bisa dipungkiri bahwa sakit bisa datang ke semua manusia baik itu laki – laki maupun perempuan sehingga sangat baik sekali bagi kita umat Islam untuk selalu menjaga kesehatan dan pola hidup, agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Namun terlepas dari itu semua jika terdapat Orang tua, saudara, teman dan tetangga Muslim yang sedang mengalami sakit, maka kita semua sebagai seorang Muslim (Umat Islam) diwajibkan untuk mengunjungi dan menjenguknya. 

Hal tersebut karena menjenguk orang yang sedang sakit itu termasuk dalam amalan shaleh dan termasuk kedalam perbuatan yang mulia. Dalam anjuran tersebut terdapat keutamaan yang banyak serta akan mendapatkan ahala yang besar. Selain itu hukum menjenguk orang sakit telah disunnahkan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam kepada umat Islam.

Dalam hal ini bisa kita lihat dalam Hadits shahih dari Abu Hurairah Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda, yang artinya : 

”Hak seorang Muslim atas Muslim lainnya itu ada lima yakni : Menjawab salam, Menjenguk Muslim yang sakit, Mengantar jenazahnya, Memenuhi undangan dan Mendoakan yang bersin". (Hadits Shahih riwayat Bukhari dan Muslim) 

Selain itu Hadits shahih dari Abu Musa Al Asy’ari RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda, yang artinya : 

”Berilah makan oleh kalian orang yg lapar, jenguklah orang yang sakit dan bebaskan tawanan Muslim". (Hadits Shahih riwayat Al Bukhari) 

Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

Artinya:

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” [HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih].

Dalam hadits yang lain, Rsulullah SAW bersabda:

وَقَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ: {وَمِنْ تَمَامِ عِيَادَةِ الْمَرِيْضِ أَنْ يَضَعَ أَحَدُكُمْ يَدَهُ عَلَى وَجْهِهِ أَوْ عَلَى يَدِهِ فَيَسْأَلُهُ كَيْفَ هُوَ وَتَمامُ تَحِيَّتِكُمْ بَيْنَكُمُ الْمُصَافَحَةُ}

Artinya:

“Dan di antara kesempurnaan mengunjungi orang sakit adalah salah satu dari kalian meletakkan tangannya di atas dahinya atau di atas tangannya, lalu bertanya kepadanya bagaimana keadaannya. Dan sempurnanya salam kalian adalah adanya jabat tangan di antara kalian.” [HR. Ahmad dan At-Thabarani]

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah dan Hadits

Dengan melihat keempat Hadits shahih diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa menjenguk sesama Muslim yang sedang sakit termasuk dalam kewajiban kita sebagai seorang Muslim – Muslimah. Apalagi jika orang yang sakit tersebut masih saudara, teman dan tetangga maka sudah seharusnya kita menjenguk mereka. 

Dan salah satu adab menjenguk orang sakit adalah dengan mendoakan orang yang sakit tersebut. Oleh karena itu dibawah ini akan saya bagikan kumpulan bacaan doa ketika menjenguk orang sakit menurut Hadits shahih yang bisa kita amalkan.

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit

لاَ بَأْسَ طَهُورٌ اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Artinya:

“Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Alloh.” [HR. al-Bukhari]

Bacaan doa untuk orang sakit tersebut bisa kalian amalkan dan bacakan ketika kalian sedang menjenguk tetangga, teman, sanak keluarga dan sesama Muslim – Muslimah yang sedang sakit. 

Dan perlu kalian ketahui bahwa bacaan doa diatas merupakan bacaan doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang di riwayatkan oleh Imam Bukhari.

Dalam sebuah riwayat sahabat Nabi yang bernama ‘Abdul ‘Aziz dan Tsabit pernah menemui Anas bin Malik. Tsabit berkata pada Anas saat itu, “Wahai Abu Hamzah (nama kunyah dari Anas), aku sakit.” Anas berkata, maukah aku meruqyahmu (menyembuhkanmu) dengan ruqyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Tsabit pun menjawab, “Iya, boleh.” 

Lalu Anas membacakan do’a berikut ini:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya:

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” [HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191]

أَسْأَلُ اللَّهَ العَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Artinya:

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” [HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud]

Bacaan doa selanjutnya:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya:

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Itulah beberapa contoh bacaan doa menjenguk orang sakit menurut Hadits Shahih, dan tentunya kita bisa mengamalkan doa - doa tersebut. Allah Subhanahu wa ta’ala itu Maha Melihat, Maha Mengetahui dan Maha Mendengarkan sehingga akan selalu mendengarkan segala doa - doa dari hambaNYA.

Adab Ketika Menjenguk Orang Sakit

Ada beberapa contoh adab ketika kita menengok orang sakit. Beberapa adab yang perlu kita ketahui ketika ingin mengunjungi orang yang sedang sakit, antara lain:

1. Niat Yang Ikhlas

Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya:

“Barangsiapa mengunjungi orang yang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah atau di jalan Allah, akan ada yang menyeru kepadanya, ‘Engkau telah berlaku mulia dan mulia pula langkahmu (dalam mengunjunginya), serta akan kau tempati rumah di Surga.” [HR. Tirmidzi, Ibnu Majah]

Ketika kita mengunjungi dan menengok orang yang sedang sakit harus diiringi dengan niat yang ikhlas dan tujuan yang baik karena mengharap ridha Allah SWT. Jangan ada niat untuk hal - hal yang lain yang membuat kita justru tidak akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

2. Tidak Berlama - Lama Di Tempat Tersebut

Hendaknya kita memperhatikan situasi dan kondisi yang sesuai ketika hendak menjenguk, dan tidak berlama-lama karena mungkin dapat membuat orang yang sakit tersebut justru kelelahan.

3. Mendoakan Orang Yang Sedang Sakit Tersebut

Hendaknya orang yang menjenguk mendoakan orang yang sakit dengan memohon kesembuhan dan kesehatan kepada Allah SWT.

4. Mengusap bagian yang sakit dengan tangan kanan dan mengucapkan doa menjenguk orang sakit.

5. Menundukkan Pandangan

Ketika mengunjungi orang yang sedang sakit, kita hendaknya menundukkan pandangan (tidak menatap dengan tajam), sedikit bertanya, menunjukkan belas kasih kepada yang sakit, dan menasihatinya.

6. Berdoa Dengan Suara Pelan

Apabila mengunjungi dan menengok orang yang tertimpa cobaan musibah dan penyakit hendaklah kita berdoa dengan suara yang pelan untuk keselamatan dirinya.

Demikianlah ulasan singkat terkait dengan Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Menurut Hadits dan Adab Ketika Menjenguk Orang Sakit.

Semoga kita senantisan diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT sehingga kita dapat menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi laranganNYA. Dengan nikmat sehat maka kita dapat mengerjakan amalan - amalan shaleh yang di anjurkan oleh Allah SWT dan juga Rasulullah SAW.

Posting Komentar untuk " Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Menurut Hadits"