Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perilaku Tercela Ananiah atau Egois Beserta Contohnya

Perilaku Tercela Ananiah atau Egois Beserta Contohnya

Perilaku Tercela Ananiah (egois) itu adalah salah satu sifat yang sangat buruk, karena egois itu sama saja dengan meningkatkan sudut pandang hanya untuk menguntungkan diri sendiri saja. 

Sifat egois ini juga bisa berarti menempatkan diri pada suatu tujuan dan tidak memperdulikan penderitaan yang mungkin akan dirasakan orang lain, termasuk dengan orang yang dicintainya baik keluarga ataupun teman dekat yang bisa saja dirugikan karena egois ini.

Sifat egois juga sangat berkaitan erat dengan narsis atau selalu memiliki kecenderungan untuk berbicara dan juga menulis tentang diri sendiri dengan rasa sombong, sifat egois ini sama saja dengan menginginkan hal yang lebih banyak dari apa yang telah dikeluarkan, dan sifat ini adalah salah satu perilaku tercela ananiah yang sangat dilarang oleh Allah SWT.

Ananiah itu juga bisa disebut egois dalam bahasa indonesia, dan secara singkat arti dari ananiah itu adalah suatu sikap yang selalu mementingkan kepentingan diri sendiri daripada orang lain, bahkan rela untuk mengorbankan kepentingan orang lain (rasa tidak peduli pastinya akan hadir dalam sifat ini).

Sifat ini juga bisa juga disebut sebagai individualisme yang tidak mau mengerjakan sesuatu bersama dengan orang lain, dan sifat ananiah atau egois ini adalah sifat yang sangat tercela dan harus dihindari karena Allah SWT juga sangat tidak menyukai orang yang memiliki sifat tersebut.

Orang yang memiliki sifat ini akan selalu ingin mementingkan diri sendiri tanpa mementingkan orang lain, sementara Allah SWT sendiri sangat menyukai dengan orang yang mau untuk tolong-menolong dan juga saling membantu satu sama lain sehingga tali silaturahmi tidak akan terputus.

Orang yang memiliki Sifat Ananiah ini pastinya akan selalu membagakan diri mereka dan selalu menganggap bahwa dirinya adalah orang yang paling baik sedangkan orang lain selalu dipandang berada dibawah mereka.

Perilaku ini memang tidak jauh kepada sifat yang sombong dan juga takabur, dan Allah SWT juga tidak menyukai orang yang memiliki sifat seperti itu seperti yang sudah ditulis pada Q.S An-Nisa Ayat 36 yang ada dibawah ini.

Dan manusia itu memang adalah makhluk sosial yang pastinya tidak akan mampu untuk hidup sendiri karena memerlukan bantuan atau pertolongan dari orang lain, jadi jika ada orang yang memiliki sifat tercela ananiah ini sangatlah buruk karena tidak mau memikirkan nasib orang lain tanpa memperdulikan perasaan orang lain yang mungkin telah disakiti karena perbuatannya.

Orang-orang yang memiliki sifat ini juga sangat jarang untuk memberi bantuan kepada orang lain walaupun orang itu dalam keadaan susah sekalipun.

Sebagai umat muslim yang baik kita itu harus bisa menghindari dan juga menjauhi sifat ananiah ini, dan kita juga harus bisa menjadikan diri kita menjadi orang yang mau untuk membantu orang lain dan mau untuk bekerja sama dengan orang lain.

Contoh Perilaku Ananiah

  • Tidak mau untuk memikirkan atau memahami perasaan orang lain karena perbuatannya.
  • Orang ini tidak mau untuk mengalah dan selalu ingin menang sendiri walau bagaimanapun caranya.
  • Sangat acuh terhadap orang lain {tidak peduli}.
  • Tidak peduli terhadap kritikan atau pendapat dari orang lain.
  • Selalu berbuat atau bertindak hanya untuk diri sendiri dan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kemenangan/keberhasilan.
  • Korupsi { kita ambil contoh pemerintahan, orang yang korupsi tidak mau perduli kepada kondisi rakyatnya yang kelaparan dan juga serba kekurangan , hanya memperkaya dirinya sendiri saja}.
  • Sangat jarang sekali menolong orang lain bahkan tidak suka tolong menolong.

Bahaya Perilaku Ananiah

  • Jalan Rezekinya akan terhambat karena tidak memiliki banyak relasi atau teman berbisnis.
  • Akan memiliki sedikit teman karena banyak sekali orang yang tidak suka kepada dirinya.
  • Tidak disukai oleh Allah SWT.
  • Akan merasa sangat kesulitan pada suatu hari ketika memerlukan bantuan dari orang lain.

Cara menghindari Perilaku Tercela Ananiah

  • Banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT agar bisa terhindar dari sifat ananiah.
  • Harus mampu menyadari kalau manusia itu memiliki hak yang sama tidak ada batasan antara Suku, dan juga RAS.
  • Selalu berusaha untuk saling membantu satu sama lain agar terhindar dari perilaku ini.
  • Harus bisa mencari teman dan bergaul dengan orang yang shalih sehingga bisa dengan mudah terhindar dari sifat ananiah ini.

Dan perilaku tercela ananiah atau egois ini hendaknya kita harus hindari dan jauhi didalam kehidupan sehari-hari, sesibuk apapun dan sekaya apapun anda sekarang ini, pastinya suatu saat nanti anda akan tetap membutuhkan bantuan orang lain.

Seperti ketika kita sakit misalnya, kita tidak mungkin bisa mengobati diri anda sendiri, dan ketika mati anda tidak mungkin memakamkan diri anda sendiri. semoga kita bisa terhindar dari perilaku tercela ananiah ini.

Posting Komentar untuk " Perilaku Tercela Ananiah atau Egois Beserta Contohnya"