Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Keutamaan Sholat Tahajud Yang Perlu Anda Ketahui

Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah dua rakaat, dan sholat ini dilaksanakan di waktu sepertiga malam. Namun, banyak juga kalangan yang memiliki pendapat kalau sholat tahajud ini sebaiknya dilakukan di setengah akhir waktu malam atau juga bisa dilakukan di dua pertiga malam mendekati waktu sholat subuh. 

Perlu anda ketahui kalau para ulama saja juga memiliki dua buah pendapat yang berbeda soal perkara pelaksanaan dari sholat tahajud ini. Dengan demikian anda tidak akan terjebak dalam satu pendapat dan menyalahkan pendapat yang lain.

Adapun pendapat yang pertama memberikan pernyataan kalau sholat malam ini dilakukan setelah bangun tidur pada malam hari, namun sebaliknya ada ulama lain yang menyatakan kalau melaksanakan sholat tahajud ini tidak perlu tidur terlebih dahulu.

Pada pembahasan artikel kali ini kita akan fokus pada 15 Keutamaan Sholat Tahajud, sehingga setelah kita memahami keutamaanya maka kita akan semakin bersemangat untuk mengerjakan sholat tahajud ini.

Jika anda rajin mengerjakan sholat tahajud ini maka anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat, dan banyaknya manfaat yang bisa anda dapat inilah yang membuat umat muslim sangat disarankan untuk melaksanakan sholat tahajud ini secara rutin. Ada banyak sekali dalil yang menguatkannya baik itu ada dalam hadits maupun dalam Al-Qur’an itu sendiri.

Manfaat yang bisa anda dapatkan dari sholat tahajud ini sangatlah beragam dan sangat baik untuk umat islam, diantaranya adalah mengabulkan doa-doa, pembuka pintu rezeki dan juga masih banyak lagi manfaat lainnya.

Dan karena manfaat itu juga Rasulullah SAW itu tidak pernah meninggalkan sholat tahajud di setiap malam sepanjang hidupnya, Bahkan ada dalam salah satu riwayat yang menyatakan kalau sebelum melaksanakan sholat 5 waktu itu diwajibkan untuk melaksanakan sholat tahajud terlebih dahulu.

Berikut ini Adalah 15 Keutamaan Sholat Tahajud Yang Perlu Anda Ketahui

1. Mengangkat Derajat

Keutamaan dari sholat tahajud yang pertama adalah Allah SWT akan mengangkat derajat orang yang melaksanakan sholat tahajud ke tempat yang terpuji, dan hal ini bisa kita lihat pada Surat Al-Isra’ ayat 79, sebagai berikut:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya:

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." [QS. Al-Isra : 79]

2. Doa-Doa Dikabulkan

Keutamaan dari sholat tahajud yang kedua itu adalah terkabulnya doa-doa, seperti pembahasan sebelumnya mengenai pelaksanaan dari sholat tahajud kalau sholat tahajud ini dilaksanakan pada pertengahan malam setelah kita tidur lebih dahulu, dan waktu yang memang paling utama untuk melaksanakan sholat tahajud itu adalah sepertiga malam sampai dengan menjelang masuknya waktu subuh.

Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya di dalam malam terdapat waktu yang jika ada seorang muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan baik urusan dunia maupun akhirat, pasti Allah akan memberikannya. Dan waktu tersebut adalah sepanjang malam." (HR Muslim)

Dan menurut sebagian pendapat ulama di waktu itulah Allah SWT akan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan oleh hambanya.

3. Mendapatkan Berbagai Macam Kemuliaan

Keutamaan selanjutnya dari sholat tahajud adalah anda bisa memperoleh berbagai macam kemuliaan. Dan 5 buah keutamaan yang ada di dunia itu adalah anda akan dipelihara oleh Allah SWT dari semua macam bencana.

Adanya tanda ketaatan yang nampak di muka, akan lebih dicintai oleh hamba Allah SWT yang Shaleh dan juga dicintai oleh semua orang, dan lidahnya bisa mengucapkan berbagai macam kata yang memiliki hikmah dan akan dijadikan orang yang bijak, yaitu diberikan pemahaman mengenai agama.

4. Diberi Ketenteraman Hati dan Pikiran

Keutamaan sholat tahajud yang dilakukan secara konsisten dapat membawa ketenteraman hati dan pikiran. Sholat tahajud adalah waktu untuk berkomunikasi kepada Allah SWT., dimana umat muslim dapat mencurahkan segala isi hati dan memohon pertolongan kepada Allah SWT. 

Kedekatan antara Allah SWT dan orang yang sholat tahajud niscaya dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dalam menghadapi kehidupan ini.

5. Menjauh Dari Kelalaian Hati

Anda juga akan menjadi orang yang menjauhkan diri anda dari kelalaian hati, dan manfaat ini memang sudah dikemukakan oleh hadits Rasulullah SAW.

6. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dan 15 keutamaan sholat tahajud selanjutnya itu adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengusir semua penyakit, jika kita sering mengerjakan sholat malam tahajud itu akan membuat kekebalan tubuh kita semakin kuat.

Hal ini memang didasari oleh pendapat dari seorang Profesor yaitu Prof Dr. Mohammad Saleh yang melakukan penelitian sholat malam ini, sehingga mengerjakan sholat malam ini sangatlah menguntungkan bagi kesehatan kita

7. Menghapus Kejahatan Dan Mencegah Perbuatan Dosa

Keutamaan sholat tahajud yang selanjutnya adalah dapat menghapus perbuatan dosa dan juga bisa menghilangkan kejahatan.

8. Dapat Meringankan Kita Pada Saat Berdiri Di Hari Kiamat

Pada hari kiamat nanti semua orang akan berdiri cukup lama dan Allah SWT akan meringankan lamanya kita berdiri ketika hari akhir itu datang, hal ini sesuai dengan apa yang diucapkan oleh Ibnu Abbas ra.

9. Menang Jihad Dalam Melawan Musuh

Perlu anda ketahui kalau musuh terbesar manusia adalah hawa nafsu. Walaupun mengerjakan sholat tahajud itu cukup berat bagi sebagian orang karena waktu dari pelaksanaan sholat tahajud itu sendiri memang pada jam-jam tidur pada umumnya.

Bahkan karena begitu beratnya, banyak orang yang sudah bangun namun masih merasa mengantuk dan kemudian memilih untuk melanjutkan tidurnya tanpa melaksanakan sholat tahajud. Maka dari itu apabila anda sudah berhasil melaksanakan sholat tahajud, itu berarti anda sudah bisa melawan godaan setan yang ada di dalam diri anda.

10. Muka Nampak Bercahaya

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya adalah membuat muka menjadi berkilau dan juga bercahaya. Hal ini diungkapkan oleh Hasan Al Basri ketika ditanya oleh seseorang tentang kenapa muka orang yang sering melaksanakan sholat tahajud itu memiliki muka yang bercahaya.

11. Dijamin Untuk masuk Surga

Pastinya semua orang ingin untuk masuk kedalam surga ketika sudah meninggal nanti, dan ternyata orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud ini dijamin masuk surga sebagaimana hadits Rasulullah SAW.

12. Melancarkan Aliran Darah

Keutamaan Sholat Tahajud selanjutnya adalah bisa melancarkan aliran darah yang ada dalam tubuh kita. Jika anda bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat tahajud maka anda dapat merasakan udara di sekitar anda yang segar dan juga terbebas dari berbagai macam polusi udara, dan disaat itu juga anda bisa menggerakan seluruh otot pada tubuh anda sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

13. Menyelamatkan Diri Dari Siksa Neraka

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya adalah bisa menyelamatkan diri dari siksa neraka. Hal ini bersumber dari riwayat Ibnu Umar r.a yang sudah pernah meriwayatkan kalau di masa Rasulullah SAW itu pada saat seseorang pernah bermimpi dia menceritakan semua mimpi tersebut ke Rasulullah SAW.

14. Penyebab Husnul Khotimah Saat Ajal

Keutamaan selanjutnya adalah membuat kita husnul khatimah disaat akhir hayat sudah menjemput. Pastinya anda sudah tahu kalau semua mahluk yang memiliki nyawa pasti akan mati, tidak terkecuali kita manusia. Jadi, dengan melaksanakan sholat tahajud ini sangat bermanfaat untuk diri kita karena bisa menjadi penyebab husnul khatimah ketika meninggal nanti.

15. Dicintai Oleh Allah SWT

Orang-orang yang melaksanakan sholat tahajud pada malam hari, dan mengesampingkan istirahat atau tidur mereka yang nyaman hanya untuk bisa bersujud kepada sang pencipta, maka semua pengampunan diberikan oleh Allah SWT kepada mereka. Hal tersebut disebabkan karena Allah SWT mencintai orang-orang yang melaksanakan sholat tahajud.

Demikianlah 15 Keutamaan Sholat Tahajud yang bisa saya sampaikan, semoga dengan mengetahui informasi mengenai betapa banyaknya manfaat dari sholat tahajud ini bisa membuat anda lebih rajin dalam melaksanakan ibadah sholat malam ini sehingga anda bisa merasakan semua manfaat yang ada.

Wallahu 'Alam Bissawab

Posting Komentar untuk " 15 Keutamaan Sholat Tahajud Yang Perlu Anda Ketahui"