Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Muslimah Cantik Calon Penghuni Surga

Muslimah Cantik Calon Penghuni Surga

Muslimah cantik, siapakah mereka? Dilihat dari penggalan kata-katanya yang terdiri atas kata muslimah dan cantik, muslimah cantik adalah wanita muslimah yang memiliki kecantikan ditinjau dari berbagai pandangan. Kata cantik di sini memerlukan penjabaran lebih lanjut.

Untuk menilai seorang muslimah itu cantik atau tidak, kita perlu melihatnya dari aspek fisik maupun nonfisik. Jika melihat aspek fisik, kriteria yang muncul sebagaimana pandangan umum adalah mereka yang berwajah putih, berhidung mancung, bertubuh langsing, dan sebagainya adalah perwujudan dari wanita cantik. 

Dampak dari adanya penilaian seperti ini menyebabkan banyak kaum wanita yang berburu kosmetik mahal untuk memoles dirinya agar terlihat cantik dan glamor.

Karena adanya persepsi cantik seperti itu yang hadir dari bentukan media atau opini membuat banyak wanita melakukan hal-hal yang sebetulnya dilarang oleh agama. Bagi yang memiliki banyak uang dan kebetulan dikarunia hidung tidak mancung rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk mengubah bentuk hidungnya agar menjadi sempurna menurut dirinya melalui jalan operasi plastik.

Namun kemudian, seiring dengan bertambahnya pengetahuan manusia, kata cantik tidak lagi bermakna sempit. Ada banyak orang yang dikaruniai kulit tidak putih, tapi tetap terlihat cantik memesona. Tidak sedikit perempuan yang hidungnya tidak masuk dalam kategori sebagai hidung mancung juga masih terlihat cantik. Lantas bagaimana menentukan kriteria cantik yang sebenarnya?

Muslimah Cantik dalam Pandangan Islam

Jika definisi cantik menggunakan parameter fisik, subjektivitas akan terasa kental mendominasinya dan perubahan-perubahan terhadap kriteria kata cantik akan terus berlangsung tak berujung. Akan tetapi, yang pasti, ada parameter atau ukuran yang bisa digunakan yang bersifat universal untuk menilai seorang perempuan itu termasuk cantik atau tidak.

Cantik menurut pandangan Islam adalah yang memiliki kriteria taat terhadap perintah agama. Ketaatan terhadap perintah agama akan terwujudkan dalam beberapa hal berikut ini.

1. Muslimah Cantik Senantiasa Memiliki Rasa Malu

Sikap malu muncul dari hati yang bersih. Muslimah cantik akan menjadikan malu sebagai perhiasannya. Ini bukan sekadar kata puitis. Ini adalah gambaran dari realitas yang ada. Dia tidak menampakkan aksesori perhiasan secara berlebihan. 

Dia tidak berpakaian mewah yang cenderung bernilai tabarruj alias pamer. Menjadikan malu sebagai perhiasannya, sudah cukup membuatnya sebagai wanita muslimah yang cantik dan memesona.  

Wanita yang memiliki rasa malu adalah mereka yang memahami perintah agama. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya setiap agama itu memiliki akhlak dan akhlak Islam itu adalah rasa malu.” (HR. Ibnu Majah no. 4181. Syaikh al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Sudah menjadi fitrah bahwa wanita dilahirkan dengan kondisi yang cantik, berkebalikan dengan kaum laki-laki yang dilahirkan dengan pembawaan yang ganteng. Karena kecantikannya adalah perhiasan dunia, maka kecantikannya harus dijaga. 

Makna ‘dijaga’ berarti bahwa kecantikan fisiknya tidak dipamerkan untuk sembarang manusia. Hanya laki-laki yang halal baginya yang bisa melihat pesonanya. Karena kecantikannya juga, maka ada perintah untuk berjilbab. 

Jilbab mengagungkan derajat kaum wanita itu sendiri sedemikian tinggi, sampai-sampai hanya suami dan mahramnya lah yang berhak melihat kecantikan dan keelokannya. Siapa sajakah yang termasuk mahram bagi seorang wanita muslimah? 

Mahram adalah istilah untuk menyebut orang-orang tertentu yang haram untuk dinikahi. Pengertian mahram di sini terbagi menjadi dua, yaitu mahram muabbad (kekal) dan mahram muaqqat (sementara).

"Mahram muabbad adalah mahram yang haram dinikahi karena ada satu dari tiga hal yang menjadi penyebabnya, yaitu adanya pertalian darah, saudara sepersusuan, serta karena adanya pernikahan."

"Sedangkan mahram muaqqat adalah mahram karena keadan tertentu. Jika keadaan tersebut berubah, larangan itu pun batal. Yang termasuk dalam kategori mahram muaqqat adalah adik atau kakak ipar serta saudara dari orangtuanya (bibi)." 

Meskipun jelas adanya ketentuan bahwa kecantikannya hanya bisa dilihat oleh suami dan mahramnya, baik yang muabbad maupun yang muaqqat, dalam hal ini tetap ada porsi yang harus diperhatikan. Terhadap mahramnya, seorang wanita harus tetap menjaga kesopanan dalam berpakaian, tidak sebebas ketika berhadapan dengan suaminya.

Jika muslimah cantik ada karena rasa malunya, berarti muslimah cantik tidak dilahirkan dari kontes-kontes kecantikan yang mengumbar aurat. Salah satu golongan yang sangat dibenci iblis dan setan adalah para wanita yang sangat ketat menjaga aurat dan kehormatannya. 

Sebaliknya, salah satu golongan yang menjadi teman akrab setan adalah para wanita yang suka memamerkan bagian tubuhnya yang seharusnya ditutupi.

2. Muslimah Cantik Senantiasa Bersikap Qanaah

Qanaah artinya rela atau ridha dan merasa cukup dengan apa yang dipunyai serta menjauhkan diri dari sikap yang merasa tidak puas dengan pemberian Allah SWT. Pemahaman terhadap sikap qanaah harus berada di jalan yang lurus. 

Bersikap qanaah bukan berarti mendorong untuk bersikap malas, tidak bekerja atau etos kerjanya rendah. Sikap malas justru dilarang agama karena kemalasan akan membawa pada kemiskinan; dan kemiskinan akan mendekatkan diri pada kejahatan.

Bersikap qanaah adalah hal yang sulit, tapi harus tetap dicoba. Sikap qanaah bagi perempuan yang sudah bersuami bisa diwujudkan dengan tidak menuntut suaminya memberikan nafkah di luar batas kemampuan. Akibat dari tidak adanya sikap qonaah bisa merugikan masyarakat satu negara. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Sebut saja, ada seorang pejabat yang menduduki posisi strategis dalam lembaga pemerintahan. Karena sifat istrinya yang tidak qonaah, bisa saja ia mendorong sang suami melakukan korupsi dengan memanfaatkan jabatannya. Tindakan seperti ini tentu saja bisa merugikan masyarakat banyak. 

Islam melarang umatnya bersikap tidak qanaah. Tidak hadirnya sikap qanaah berarti tidak ridha dengan ketentuan Allah atas pembagian rezeki yang sudah ditetapkan untuk hamba-Nya. Sikap qanaah mendekatkan manusia pada sikap mudah bersyukur. 

Allah SWT berfirman, “Barang siapa ada hamba-Ku yang tidak ridha dengan ketentuan-Ku dan dia tidak mau bersyukur atas nikmat-Ku dan dia tidak mau bersabar atas ujian dan cobaan yang Aku berikan, maka silahkan dia keluar dari kolong langitKu dan silahkan cari Tuhan selain Aku.” (Hadits Qudsi)

3. Muslimah Cantik Senantiasa Sabar

Sifat yang ada pada diri muslimah cantik adalah sifat sabar. Sabar terhadap cobaan dan sabar terhadap kenikmatan adalah tanda dari kebenaran dan kejujuran iman seorang manusia kepada Allah SWT. Salah seorang ulama besar Islam, yaitu Imam Ahmad bin Hambal mengatakan bahwa kata ‘ash-shobru’ tercantum dalam 94 tempat di dalam ayat al-Quran. 

Hal ini mengindikasikan bahwa sabar memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam. Mak, tidak heran jika Ibnu Qayyim menyatakan bahwa sabar adalah setengah dari keimanan dan setengahnya lagi adalah syukur.

4. Muslimah Cantik Senantiasa Bijaksana

Seorang muslimah yang cantik mampu berlaku bijaksana terhadap berbagai macam perkara yang ada. Bijaksana bisa bermakna mampu atau pandai dalam menyikapi suatu permasalahan dengan mencermati berbagai kemungkinan yang ada yang didasarkan pada pengetahuan akan dirinya, pengetahuan akan kondisi orang lain, dan sebagainya.

Muslimah yang cantik akan meminimalkan melakukan perbuatan yang bisa merugikan orang lain, baik dari segi psikis maupun fisik. Kebijaksanaan muncul sebagai perwujudan dari hati yang bersih. Dengan kebijaksanaan yang ada pada dirinya, aura inner beauty-nya keluar. 

Untuk menjadi muslimah cantik tidak membutuhkan dana yang besar. Dengan menerapkan berbagai kriteria seperti yang telah disampaikan, seorang wanita muslimah bisa menjadi muslimah cantik. 

Kecantikan yang muncul dari bagus akhlak dan budi pekerti akan bertahan lama dibandingkan dengan kecantikan fisiknya. Muslimah cantik adalah salah satu calon penghuni surga karena ketaatan kepada Tuhannya. Karena istimewanya muslimah seperti ini, sampai-sampai bidadari langit pun akan cemburu kepadanya.  

Post a Comment for " Muslimah Cantik Calon Penghuni Surga"