Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisakah Menjadi Kaya dengan Sedekah?

sedekah

Umat Islam selalu diingatkan dan dianjurkan untuk rajin bersedekah, karena dibalik sedekah tersimpan banyak hikmah. Salah satu hikmahnya adalah menjadi kaya dengan sedekah.

Pengertian sedekah adalah sebuah pemberian kepada orang yang membutuhkan, fakir dan miskin. Bentuknya dapat berupa apa saja, baik uang atau barang. 

Jadi tidak ada aturan mutlak tentang apa yang seharusnya kita sedekahkan. Bahkan, senyum pun dapat menjadi sedekah, jika dilakukan dengan ikhlas.

Hukum Sedekah

Hukum dasar memberi sedekah adalah sunnah. Jika dilakukan berpahala, dan jika ditinggalkan tidak berdosa. Tidak seperti zakat yang hukumnya wajib, dan jumlahnya diatur secara khusus. 

Namun dalam beberapa kasus darurat, dimana peminta sedekah dalam keadaan yang sangat membutuhkan, hingga jika tidak diberi sedekah akan timbul mudharat yang besar, maka hukum sedekah dapat menjadi wajib.

Sedekah juga dapat menjadi haram, jika ternyata pemberian sedekah itu digunakan untuk hal yang haram. Karena umat muslim dianjurkan untuk saling tolong menolong dalam perbuatan baik, dan tidak tolong menolong dalam keburukan.

Kaya dengan Sedekah?

Sebagian orang masih ragu dengan kajian tentang mengeluarkan (menyedekahkan) harta yang dimilikinya untuk orang lain akan menyebabkan kaya. Bagaimana bisa seseorang menjadi kaya dengan sedekah?

Rahasianya, ada pada keyakinan diri bahwa apa yang dikatakan Allah SWT dalam Al-Qur'an tidak mungkin bohong. 

Dalam surat Al-An'am ayat 160, Allah SWT berfirman bahwa amal baik akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat, sedangkan amal jahat akan dibalas setimpal.

Berikut ini adalah ayat yang menerangkan hal tersebut:

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Artinya:

"Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)". [QS. Al-An'am : 160]

Jadi, bukankah Allah SWT sendiri sudah memberi jaminan yang harus diyakini oleh umat muslim bahwa amal baiknya, termasuk sedekah, akan dibalas sepuluh kali lipatnya? Dalil itulah yang membuat timbulnya keyakinan bahwa kita bisa menjadi kaya dengan sedekah.

Niat Lillahi Ta'ala

Setiap amal, kuncinya adalah ikhlas. Demikian juga dalam mengeluarkan sedekah. Sedekah sedikit, namun diniatkan ikhlas untuk mentaati perintah Allah, maka pasti akan dibalas dengan pahala berlipat. 

Tidak perlu kita hitung-hitung berapa pahala yang akan kita dapatkan, sebab Allah Maha Kaya.

Justru kalau kita terus saja menghitung-hitung berapa yang akan didapatkan dalam sebuah sedekah, dikhawatirkan jika balasannya tidak seperti yang kita bayangkan, maka kekecewaan akan melanda hati kita. Dan kita lantas menganggap Allah tidak adil, atau menganggap Allah tidak tepat janji. 

Nauzubillah min zalik.  

Post a Comment for " Bisakah Menjadi Kaya dengan Sedekah?"