--> Skip to main content

Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Rembang Jawa Tengah


Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Rembang Jawa Tengah
image : [email protected]_anikul

Salah satu pondok pesantren Salafi yang cukup populer di kalangan santri dan masyarakat muslim Indonesia adalah Pondok Pesantren Al Anwar yang berlokasi di desa Karangmangu, Sarang, Rembang, provinsi Jawa Tengah. Pondok pesantren Al Anwar ini didirikan pada tahun 1967 oleh Alrmarhum KH. Maimun Zubair, seorang ulama kharismatik yang menjadi panutan bagi masyarakat muslim di Indonesia.

Cikal bakal dari lahirnya Pesantren ini adalah bermula dari sebuah kelompok pengajian yang dirintis oleh KH. Ahmad Syuaib dan KH. Zubair Dahlan. Kelompok pengajian tersebut pada awalnya hanya dilakukan di Mushalla. Pada perkembangan selanjutnya, kedua orang ulama tersebut kemudian mendirikan tiga buah komplek bangunan, yaitu komplek A, B dan C.

Komplek bangunan A kemudian dikembangkan menjadi Pesantren Al Anwar oleh almarhum KH. Maimun Zubair, putra dari KH. Zubair Dahlan. Sementara komplek bangunan B, kemudian dikembangkan oleh KH. Abdul Rochim Ahmad menjadi Pesantren Ma’hadul Ulumis Syar’iyah.

Tujuan dari pendirian kedua pondok pesantren tersebut adalah untuk melanjutkan kegiatan pengajian dan juga keinginan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar yang umumnya berpenghasilan rendah sebagai nelayan.

Perkembangan jumlah santri yang menuntut ilmu di Pondok Pesantren Al Anwar rupanya cukup pesat. Sistem pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren tersebut adalah sistem salafiyah dimana para santri diwajibkan untuk mengikuti pengajian masyayikh atau ustadz, baik dengan pendekatan metode atau sistem bandongan (bersama-sama) maupun metode  sorogan (individual).

Para Santri di pondok pesantren tersebut juga harus mengikuti pendidikan Muhadloroh atau Madrasah Ghozaliyyah hingga ke tingkat aliyah (SMA), kemudian melanjutkan pendidikannya pada PPTM (Ma’had ‘Aly) dengan lama studi selama 2 tahun.

VISI PONDOK PESANTREN AL ANWAR 

Berikut adalah visi dari pondok pesantren Al Anwar, yaitu:
  • Mewujudkan pesantren yang mampu menghasilkan lulusan yang dapat menguasai disiplin ilmu keislaman serta berakhlak mulia serta peduli kepada sesama.
  • Memantapkan iman dan taqwa serta mengembangkan ilmu pengetahuan keislaman untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat berdasarkan Al-Qur'an dan Assunnah.
MISI PONDOK PESANTREN AL ANWAR

Adapun misi dari pondok Pesantren Al Anwar, antara lain:
  • Beriman dan bertaqwa, berprestasi serta berakhlakul karimah.
  • Mengarahkan dan mengantarkan umat memenuhi fitrahnya sebagi khairu ummah yang dapat memerankan kepeloporan kemajuan dan perubahan sosial sehingga tercipta negara Indonesia sebagai Baldah Thayyibah dan Rabb Ghafur.
TUJUAN PONDOK PESANTREN AL ANWAR

Tujuan dari pesantren Al Anwar, antara lain:
  • Menghimpun santri untuk keperluan pembinaan dan pengembangan secara optimal di bidang keilmuan keislaman dan dan iptek.
  • Menjadi pusat unggulan (dalam arti khusus) sehingga tercipta persaingan yang sehat dan mandiri.
  • Memproduksi peserta didik yang memiliki tingkat keberhasilan keilmuan yang maksimal.
  • Mengimplementasikan IMTAQ dalam kehidupan sehari-sehari.
  • Program Pengembangan Masyarakat
  • Program "Frame" Pondok Pesantren al-Anwar
Di samping itu kehadiran pesantren Al Anwar telah memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat setempat. Banyak lulusan atau alumni Pesantren yang kemudian menjadi tokoh masyarakat, pejabat pemerintah serta profrsi lainnya yang berhubungan langsung dengan pengembangan dan pendayagunaan masyarakat.

Beberapa jenis Program Pengembangan Masyarakat yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al Anwar, diantaranya :

1. Progam Pengembangan Santri Dan Kerjasama Dengan Lembaga Pendidikan Dunia

Dalam rangka meningkatan mutu keilmuan para santri, maka Pondok Pesantren Al Anwar menjalin kejasama dengan Universitas Al Azhar Kairo, Mesir dan Majma’ Kaftaro Damaskus, Syiria, Pesantren Daruttauhid, Makkah Al Mukarromah dan lembaga pendidikan lainnya. Melalui kerjasama tersebut telah banyak melahirkan alumni Pondok Pesantren Al Anwar yang melanjutkan pendidikannya di lembaga-lembaga perguruan tinggi tersebut tanpa melalui tes saringan masuk. Di antara pelaksanaan program ini, maka Pondok Pesantren Al Anwar juga mengirim santri-santri terbaiknya untuk mengikuti bahsul Masail yang diselenggarakan oleh pondok pesantren lain atau lembaga - lembaga pendidikan lainnya.

2. Peningkatan Profesionalisme Asatidz Pondok Pesantren Al Anwar

Peningkatan profesionalisme guru dengan menjalin kerjasama bersama dengan Universitas Abin Nur, Syria. Dengan kerjasama tersebut  para Asatidz memperoleh kesempatan untuk mengikuti daurah tahunan di lembaga pendidikan Abin Nur besama dengan para mahasiswa lain yang berasal dari berbagai negara. Para Asatidz juga didorong dan diberi kesempatan untuk mengikuti seminar di berbagai bidang yang diselenggarakan beberapa lembaga baik pemerintah maupun swasta.

3. Program Prioritas Pondok Pesantren Al Anwar

Pengembangan program prioritas adalah dengan mendidik para santri agar mampu memahami dan mendalami kitab-kitab klasik (salaf) dan modern ('ashriyyah) serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Progam ini direalisasikan dengan cara mengadakan aktifitas kajian kitab-kitab salaf, aktifitas Mudzakarah, Muhafazhah dan kegiatan - kegiatan lain yang mampu mendukung dan menyukseskan program prioritas tersebut.

4. Penguatan IPTEK  Para Santri Pondok Pesantren Al Anwar

Peningkatan pengetahuan santri di bidang Iptek. Sehubungan dengan itu Pondok Pesantren Al Anwar mendirikan Madrasa Tsanwiyyah dan Madrasah Aliyah dengan target santri mampu menguasai berbagai disiplin ilmu, baik ilmu keislaman dan non keislaman sebagai bekal mereka saat terjun ke dalam masyarakat.

5. Progam Pengembangan Masyarakat Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia

Pondok Pesantren Al Anwar juga memberikan pelatihan khusus dan kesempatan magang di beberapa tempat. Para santri dikirim ke beberapa wilayah seperti Madura, Malang , Brebes, Papua dan wilayah lainnya. Program lainnya adalah dengan menyelenggarakan pengajian mingguan untuk masyarakat sekitar yang langsung diasuh oleh Asy Syaikh Maimoen Zubair. Hal ini merupakan bentuk kepedulian Pondok Pesantren Al Anwar kepada masyarakat sekitar lokasi Pesantren.

6. Sebagai Agen Perubahan

Pondok Pesantren Al Anwar dituntut untuk memproduksi dan menghasilkan lulusan yang berakhlaqul karimah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta mampu menjadi penyejuk di tengah modernisasi zaman seperti sekarang ini yang semakin tidak terkendali.

7. Sebagai Pusat Unggulan Pendidikan Islam

Pondok Pesantren Al Anwar selain berfungsi sebagai lembaga keagamaan dan pendidikan, juga berfungsi sebagai lembaga pengembangan masyarakat. Dengan fungsinya yang begitu banyak maka Pondok Pesantren Al Anwar selalu menjadi pusat unggulan, baik dalam hal pendidikan keislaman maupun pengembangan masyarakat.

KH. Maimun Zubair
Almarhum KH. Maimoen Zubair sebagai pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar adalah sosok yang paling berperan dan berpengaruh dalam perkembangan Pesantren tersebut. Beliau adalah seorang ulama yang sangat di hormati oleh ulama - ulama di Indonesia bahkan ulama dari mancanegara. Kealiman, kepribadian, serta sifat arif dari beliau sangat dikagumi oleh para santri maupun sesama ulama.

Sebagai gambaran untuk para Santri semua, Pondok pesantren al-Anwar merupakan pondok pesantren yang benar-benar dibangun dan dikembangkan oleh ulama-ulama Indonesia yang memang tafaqquh dibidangnya. 

Berikut ini adalah nama-nama pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang beserta tempat pendidikannya, antara lain:
  • KH. Maimoen Zubair (Ma’had Sayyid Al Maliki Makkah, Saudi Arabia)
  • KH. Abdullah Ubab MZ (Ma’had Sayyid Al Maliki Makkah, Saudi Arabia)
  • KH. Muhammad Najih MZ (Ma’had Sayyid Al Maliki Makkah, Saudi Arabia)
  • KH. Aufal Marom (Ma’had Sayyid Al Maliki Makkah, Saudi Arabia)
  • KH. Majid Kamil MZ (Ma’had Sayyid Al Maliki Makkah, Saudi Arabia)
  • KH. Abdur Rouf MZ (Ma’had Sayyid Al Maliki Makkah, Saudi Arabia)
  • KH. Abdul Ghofur MZ MA (Universitas Al Azhar Kairo, Mesir)
  • KH. Muhammad Wafi MZ Lc ( Universitas Zamalik Kairo, Mesir)
  • KH. Taj Yasin MZ (Ma’had Ta’hily Mujamma’ As-Syaikh Ahmad Kaftaroo, Syiria)
  • Ags. H. M. Idror MZ (Ma’had Sayyid Al Maliki Makkah, Saudi Arabia)
Salah seorang ulama yang kharismatik dan dalam keilmuannya adalah KH. Ahmad Bahauddin Nursalim atau di kenal dengan nama Gus Baha.

Gus Baha
image by [email protected]_berkah

Demikianlah artikel tentang Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Rembang Jawa Tengah. Semoga bermanfaat bagi para Santri semua dan bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar