Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keajaiban Dunia Islam

mukjizat-bulan-terbelah

Islam adalah agama yang sempurna dan keajaiban dunia Islam adalah sesuatu yang harus di yakini. Keajaiban dunia Islam dapat kita temui di dalam bukti-bukti kenabian dan ayat-ayat Al-quran yang menunjukkan keagungan Islam. Keyakinan terhadap keajaiban dunia Islam dapat menumbuhkan keimanan dan meningkatkan ketakwaan. 

Keajaiban dunia Islam di antaranya adalah berupa mukjizat yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Keajaiban dunia Islam juga terdapat di dalam ayat-ayat Al-quran yang mengabarkan berita yang kesemuanya terbukti benar. Keajaiban dunia Islam berupa Mukjizat Nabi Muhammad Saw.

Mukjizat adalah fenomena yang sangat menakjubkan berupa keajaiban yang terjadi pada seorang nabi. Dalam konteks dunia Islam, terdapat mukjizat luar biasa yang diperlihatkan oleh Nabi Muhammad Saw. 

Tujuan utama dari mukjizat ini adalah untuk menggoyahkan keyakinan orang-orang kafir yang menolak kebenaran kenabiannya. Keberadaan mukjizat-mukjizat ini dalam Islam mampu mematahkan argumen-argumen orang-orang kafir yang menentang kebenaran seorang nabi.

Mukjizat Nabi Muhammad Saw

Mukjizat Nabi Muhammad Saw. merupakan keajaiban dunia Islam yang menunjukkan bahwa Islam adalah wahyu dari Allah yang telah sempurna. Mukjizat-mukjizat Nabi Muhammad Saw. yang telah Allah turunkan kepada beliau antara lain sebagai berikut:

1. Al-Quran

Al-quran adalah mukjizat Nabi Muhammad Saw. yang paling utama. Manusia sepanjang masa dapat menemukan, mempelajari, dan mengamalkan syariat Islam yang terdapat di dalamnya. Al-quran adalahkalamullah sehingga sampai detik ini tidak ada manusia yang bisa membuat buku yang setara dengan Al-quran sebagai tandingannya. 

Pendapat orang-orang kafir yang menuduh Al-quran sebagai buatan Nabi Muhammad Saw. sama sekali tidak terbukti benar. Orang-orang yang ingin menjawab tantangan Al-quran (seperti yang terdapat dalam surat Al-Baqarah: 23 dan Hud:13) untuk mendatangkan surat-surat yang menyamai surat-surat dalam Al-quran sudah tak terhitung jumlahnya. 

Mereka gagal melakukannya! Bahkan, mereka hanya mendapatkan tertawaan tidak hanya dari kalangan kaum mukminin, tetapi juga dari kalangan yang sama-sama memusuhi Al-quran, yaitu kaum kafirin.

2. Isra Miraj

Isra mi'raj adalah perjalanan di malam hari menembus jarak dan waktu. Peristiwa ini sulit untuk diterima dengan akal namun bisa diyakini dengan keimanan. Peristiwa isra miraj ini disebutkan dalam Al-quran, surat Al-Isra ayat ke-1. yang berbunyi sebagai berikut.

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Perjalanan ini dilakukan Nabi Muhammad Saw. dimulai dari Masjidil Haram di Mekah menuju Masjidil Aqsha di Palestina yang berjarak ribuan mil. Perjalanan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha, langit ke-7

3. Menyembuhkan Orang Sakit

Rasulullah Saw. bisa menyembuhkan orang yang sakit dengan izin Allah Swt. Di antara para sahabat yang pernah disembuhkan oleh Rasulullah adalah Ali bin Abi Thalib yang sembuh dari sakit mata dan Abdullah bin ‘Utaik yang sembuh dari patah kaki. Rasulullah juga pernah menyembuhkan seorang sahabat yang bernama Salamah bin al-Akma.

4. Bulan Terbelah

salah satu keajaiban dunia Islam adalah terjadinya peristiwa bulan terbelah. Peristiwa ini telah dikabarkan di dalam Al-quran, yaitu surat Al-Qamar ayat 1 yang berbunyi sebagai berikut.

“Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.”

Terbelahnya bulan terjadi pada zaman Rasulullah. Kisah ini dijelaskan dalam hadis berikut ini.

Dalam riwayat Anas r.a, beliau mengatakan bahwa penduduk Mekah meminta kepada Rasulullah Saw. agar diperlihatkan sebuah mukjizat (tanda kenabian). Sebagai respons, Rasulullah Saw. memperlihatkan kepada mereka mukjizat terbelahnya bulan sebanyak dua kali. 

Namun, meskipun demikian, peristiwa ini tetap ditolak oleh orang-orang Mekah yang memiliki sikap bermusuhan terhadap Rasulullah. Mereka menganggapnya sebagai ilusi dan menuduh Rasulullah melakukan sihir terhadap mereka. 

Namun, pengingkaran mereka tersebut bertentangan dengan kesaksian para musafir yang melakukan perjalanan ke Mekah dan menyaksikan fenomena bumi terbelah ini. Bahkan, terbelahnya bulan juga dilihat di beberapa negara, seperti di India.

Mukjizat lainnya yang diterima Nabi Muhammad antara lain keluarnya air dari sela jari-jarinya, terlindunginya diri Rasulullah dari kejahatan musuh, bertambahnya makanan yang tadinya sedikit, dan tangisan pangkal pohon kurma

Kisah tentang mukjizat-mukjizat di atas sampai kepada kita melalui riwayat yang shahih yang wajib kita yakini kebenarannya. Selain mukjizat yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi mukjizat Nabi Muhammad Saw. yang menunjukkan keajaiban dunia Islam dan keagungan Nabi Muhammad Saw.

Keajaiban Dunia Islam

1. Keajaiban Islam Berupa Al-Quran

Al-quran adalah kalamullah, bukan perkataan manusia. Seluruh isi kitab suci Al-quran terbukti benar dan tidak ada pertentangan di dalamnya. Al-quran adalah wahyu dari Allah yang ilmuNya meliputi segala sesuatu.Setiap informasi yang terkandung di dalam Al-quran mengungkapkan keajaibannya. 

Ayat-ayat berupa fakta-fakta ilmiah dan peristiwa masa depan dinyatakan di dalam Al-quran. Informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan tersebut mustahil bisa diketahui pada zaman Rasulullah mengingat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada pada masa itu tidak memungkinkan untuk melakukan penelitian untuk membuktikan kebenarannya. Inilah keajaiban Al-quran yang menunjukkan keajaiban dunia Islam!

Ayat-ayat yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan banyak ditemukan di dalam Al quran. Berikut ini adalah beberapa fenomena yang terdapat di dalam Al-quran yang bisa kita jadikan bahan perenungan mengenai keajaiban dunia Islam.

2. Lautan yang Tidak Bercampur Satu Sama Lain

Ayat yang menunjukkan fenomena alam ini adalah surat Ar-Rahman ayat 19-20:

“Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.”

Di antara ahli tafsir ada yang berpendapat bahwa "la yabghiyan" maksudnya "masing-masingnya tidak menghendaki". Jadi, maksud ayat 19-20 ialah bahwa ada dua laut yang keduanya terpisah karena dibatasi oleh tanah genting, tetapi tanah genting itu tidaklah dikehendaki (tidak diperlukan). Pada akhirnya, tanah genting itu dibuang (digali untuk keperluan lalu lintas), maka bertemulah dua lautan itu. Para ahli kelautan telah meneliti sifat lautan yang saling bertemu, akan tetapi air laut dan air tawar tidak bercampur satu sama lainnya.

Richard A. Davis dalam bukunya Principles of Oceanography (1972) menyatakan bahwa hal ini disebabkan oleh gaya fisika yang dinamakan “tegangan permukaan”. Dinding tipis yang seolah memisahkan kedua lautan tersebut dikarenakan adanya perbedaan massa jenis, tegangan permukaan sehingga air dari laut-laut yang bersebelahan tidak menyatu. 

Keajaiban alam ini benar-benar menunjukkan keajaiban dunia Islam. Bagaimana tidak, di saat manusia belum memiliki pemahaman tentang ilmu kelautan, hal ini telah dinyatakan di dalam Al-quran. Inilah keajaiban dunia Islam!

3. Pergerakan Gunung

Gunung-gunung yang berdiri kokoh tinggi menjulang tidaklah seperti yang terlihat oleh mata kita. Al-quran menyebutkan bahwa sebenarnya gunung itu terus bergerak. Gerakan gunung-gunung dikarenakan adanya gerakan kerak bumi tempat gunung itu berada.

“Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. An-Naml: 88)

Seorang ilmuwan Jerman mengatakan bahwa benua-benua pada permukaan bumi menyatu pada masa-masa awal bumi. Namun kemudian, bergeser ke arah yang berbeda sehingga terpisah ketika mereka bergerak saling menjauhi. Daratan yang merupakan satu kesatuan ini disebut Pangaea yang terletak di Kutub Selatan. 

Ratusan juta tahun yang lalu, Pangaea terbelah menjadi dua dan masing-masing belahan bergerak ke arah yang berbeda dan membentuk benua-benua. Benua-benua ini terbentuk dari pecahan Pangaea karena adanya pergeseran permukaan bumi sejauh beberapa sentimeter per tahun secara terus-menerus.

Para ilmuwan di bidang geologi telah meneliti hal ini, seperti yang disebutkan oleh Carolyn Sheets, dkk dalam bukunya General Science(1985) bahwa pergerakan benua jika diukur berkecepatan 1 hingga 5 cm per tahun. Lempengan-lempengan tersebut terus-menerus bergerak, dan menghasilkan perubahan pada geografi bumi secara perlahan. Menakjubkan! Inilah fenomena alam lainnya yang menunjukkan keajaiban dunia Islam.

Posting Komentar untuk " Keajaiban Dunia Islam"