Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Belajar Sholat 5 Waktu

Panduan Belajar Sholat 5 Waktu

Bila Anda ingin belajar sholat, apakah karena Anda baru memeluk agama Islam atau karena Anda ingin bertaubat dan ingin mengetahui cara sholat yang benar, atau Anda ingin mengajari anak Anda untuk sholat, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar sholat Anda menjadi sempurna.

Sholat 5 waktu merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Dikatakan bahwa sholat merupakan tiang agama, jadi bagi Muslim yang tidak melaksanakan perintah sholat, maka bisa dikatakan bahwa orang tersebut menghancurkan agama Islam.

Belajar gerakan sholat tidak hanya belajar tentang bagaimana gerakan dan bacaan sholat. Akan tetapi, sholat adalah suatu kegiatan dimana Anda seperti menghadap Allah SWT secara langsung, sehingga ada persyaratan yang perlu Anda penuhi untuk menyempurnakan sholat.

Persyaratan yang pertama adalah persyaratan yang membuat Anda wajib mengerjakan sholat atau biasa dikenal dengan syarat wajib sholat. 

1. Yang pertama adalah Anda harus suci dari haid dan nifas.

Syarat ini untuk waita yang sedang datang bulan boleh tidak mengerjakan sholat, akan tetapi setelah siklus datang bulan mereka selesai, maka mereka harus mensucikan diri dan setelah suci, sholat 5 waktu menjadi wajib untuk dikerjakan.

2. Syarat wajib sholat yang kedua adalah sudah sampai dakwah Islam kepada orang tersebut, artinya orang tersebut tahu bahwa sholat 5 waktu adalah kewajiban bagi setiap orang Islam. Bila hal tersebut terjadi, maka diwajibkan untuk sholat bagi orang tersebut.

3. Syarat selanjutnya adalah berakal dan baligh. Berakal disini artinya tidak gila dan baligh yaitu saat Anda sudah menstruasi untuk wanita dan pria saat sudah mimpi basah. 

4. Dan syarat wajib yang terakhir adalah bisa mendengar dengan jelas. Selain syarat wajib, ada juga syarat yang harus Anda penuhi yaitu syarat sah sholat.

Dengan memenuhi syarat ini, maka sholat Anda akan menjadi sah. Syarat sah sholat adalah sebagai berikut:

  • Suci dari hadats besar dan kecil
  • Suci badan, pakaian dan tempat sholat dari najis
  • Menutup aurat Anda (laki-laki dari pusar sampai lutut, perempuan seluruh badan kecuali muka dan telapak tangan)
  • Masuk waktu sholat 
  • Menghadap kiblat

Setelah Anda mengetahui syarat sholat, maka hal berikutnya yang perlu Anda ketahui saat belajar tentang sholat adalah rukun sholat. Bila ada salah satu rukun yang tidak Anda kerjakan saat Anda sholat, maka sholat Anda menjadi batal dan perlu diulang.

Rukun sholat adalah sebagai berikut:

  • Niat sholat
  • Berdiri (bagi yang mampu)
  • Takbiratul Ihram
  • Membaca Al-Fatihah
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud 2 kali
  • Duduk diantara 2 Sujud
  • Duduk Tashyahud awal
  • Membaca Tashyahud akhir
  • Membaca sholawat untuk Nabi
  • Salam pertama
  • Tertib (rukun harus dijalankan secara berurutan)

Setelah mengetahui syarat dan rukun sholat, Anda bisa mulai menjalankan sholat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah bersuci diri yaitu dengan berwudlu.

Pertama, membaca Basmalah sambil mencuci tangan dan sela-sela jari sampai perelangan tangan dengan bersih. 

Lalu, berkumur-kumur tiga kali dan memasukkan air ke dalam hidung dan mengeluarkannya kembali. 

Setelah itu membasuh muka merata mulai bagian paling atas kening sampai dagu bagian bawah sambil membaca niat wudhu.

Setelah itu membasuh kedua tangan kanan mulai dari siku sampai ujung jari sebanyak 3 kali dan tangan kiri mulai siku sampai ujung jari sebanyak 3 kali. Selanjutnya mengusap rambut dengan air mulai dari depan ke belakang.

Kemudian membasuh kedua telinga sebanyak 3 kali secara merata, dan terakhir membasuh kaki kanan kemudian kaki kiri mulai dari tengah-tengah betis sampai ujung jari kaki secara merata sebanyak 3 kali.

Setelah itu, membaca dua setelah berwudlu Anda siap untuk masuk ke proses sholat 5 waktu selanjutnya yaitu mengerjakan sholat. 

Pertama, Anda membaca niat sesuai dengan sholat yang Anda jalankan.

Lalu Takbiratul Ihram yaitu dengan mengangkat kedua tangan sebatas telinga dengan telapak tangan menghadap ke depan dan jari agak dibuka sedikit dan membaca takbir.  

Sesudah itu bersedekap dengan telapak tangan kanan berada diatas telapak tangan kiri, dan meletakkan kedua tangan diatas diafragma Anda. 

Posisi ini dapat memperbaiki kemampuan bernafas Anda. Dan telah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan bahwa posisi berdiri dengan bersedekap adalah posisi berdiri dimana otot kita bekerja lebih sedikit.

Lalu membaca doa Iftitah, Surat Al-Fatihah dan Surat pendek dari Al-Quran. Setelah itu melakukan Ruku’ dengan membaca bacaan takbir. Telapak tangan Anda diletakkan sedikit diatas lutut. Untuk laki-laki, tangan agak direnggangkan menjauhi perut dan untuk wanita dirapatkan.

Saat Ruku’ membaca bacaan Ruku’ sebanyak 3 kali. Saat Ruku’, punggung Anda harus lurus (bagi yang mampu). Anda bisa melakukan ini dengan memAndang tempat Sujud Anda. 

Posisi Ruku’ yang sempurna ini juga terbukti mengurangi resiko kanker prostat. Lalu bangkit berdiri dengan tegak melakukan I’tidal sambil membaca bacaan Tasmi’.

Saat berdiri ini, tangan lurus ke bawah dan membaca  bacaan I’tidal. Setelah itu melakukan sujud dengan membaca  takbir sebelumnya. 

Saat sujud ada 5 bagian tubuh yang menyentuh sajadah, yaitu kening, kedua telapak tangan, kedua lutut dan jari-jari kaki Anda. Telapak kaki Anda dirapatkan. Saat sujud membaca  bacaan tasbih sujud sebanyak 3 kali.

Posisi saat sujud hendaknya bagi pria perut ditarik agar tidak menempel paha kita sedangkan untuk wanita melakukan sebaliknya. Posisi tangan dan siku juga agak terbuka hingga sekiranya bisa terlihat ketiak kita. Sujud ini juga merupakan salah satu keajaiban sholat.

Posisi sujud adalah satu-satunya posisi dimana otak kita lebih rendah dari jantung kita. Artinya, aliran oksigen ke otak kita menjadi lebih banyak yang dapat meningkatkan kinerja dan kecerdasan otak kita. Oleh karena itu, latihan dan proses belajar gerakan sholat ini sangat baik dilakukan saat anak kita masih kecil.

Setelah itu, bangun dan duduk diantara dua sujud dengan membaca  takbir. Posisi duduk diantara dua sujud adalah kaki ditekuk dan telapak tangan diletakkan diatas paha Anda. Saat posisi ini membaca  doa diantara dua sujud. Setelah itu sujud dengan bacaan yang sama seperti sujud yang pertama. 

Setelah sujud kedua ini, Anda kembali ke posisi Takbiratul Ihram. Akan tetapi, bila Anda berada pada rokaat kedua, maka Anda melakukan Tahiyatul Awal dengan posisi telapak kaki kiri diduduki dan telapak kaki kanan ditekuk dan menghadap ke belakang, jari telunjuk tangan kanan Anda menunjuk lurus ke depan.

Posisi Tahiyatul Awal membaca  doa Tahiyatul pertama. Untuk rokaat akhir, Anda melakukannya dengan menyilangkan kaki kiri ke bawah kaki kanan, selebihnya posisi sama dengan Tahiyatul Awal.

Anda membaca bacaan sama dengan Tahiyatul Awal yang kemudian dilanjutkan dengan solawat untuk Nabi dan Rosul. Setelah selesai menengok ke kanan dan membaca salam  Kemudian menengok ke kiri dan membaca salam yang sama. 

Gerakan terakhir dari shalat ini adalah membaca salam yang kemudian diikuti dengan beristhigfhar dan bertasbih memuji Keagungan Allah SWT. Serta berdoa dengan merendah memohon ampunan dan apapun keinginan Anda.

Posting Komentar untuk " Panduan Belajar Sholat 5 Waktu"