Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tuntunan Pemberian Nama Bayi Dalam Agama Islam

Tuntunan Pemberian Nama Bayi Dalam Agama Islam
credit:[email protected]_aqiqah

Nama bayi yang Islami menjadi perhatian bagi para orang ketika akan memberikan nama untuk anaknya. Sebagai umat Islam, sudah semestinya orangtua memberikan nama anaknya dengan nama bayi Islami.

Memberi nama bayi Islami pada anak merupakan kewajiban bagi setiap orang. Nama memiliki makna yang sangat besar pada diri seseorang karena seseorang akan menyandang namanya sepanjang hayat. Oleh karena itu, nama bayi Islami memiliki makna yang sangat besar dalam kehidupan anak hingga ia dewasa.

Nama bayi Islami bisa dikatakan sebagai tanda bahwa anak tersebut merupakan hamba Allah SWT. Hal ini mengingat Allah SWT yang memberikan perintah bahwa anak sebaiknya diberi nama dengan nama nama yang Islami.

Pemberian nama bayi Islami bukan tanpa alasan karena nama merupakan sebuah doa atau harapan yang diberikan untuk anak. Dengan demikian diharapkan anak yang memiliki nama bisa menjalani hidupnya sesuai dengan doa yang terpatri dalam namanya.

Tuntunan Pemberian Nama dalam Agama Islam

Nama bayi Islami sudah sepatutnya kita berikan untuk anak. Sebagai umat Islam, kita sudah diajarkan untuk memberikan nama yang baik. Meskipun keputusan memberikan nama ada pada orangtua, bukan berarti orangtua bisa memberikan nama yang tidak memiliki arti untuk anak.

Dalam Islam, nama itu adalah doa. Maksudnya, nama yang disandang oleh seseorang itu mengadung sebuah doa dan harapan agar anak bisa menjalani hidup sesuai dengan harapan orangtua dalam namanya.

Nama bayi Islami saat ini bisa kita dapatkan dengan mudah, bahkan lengkap dengan arti nama bayi tersebut. Memberi nama bayi Islami untuk anak kita merupakan tuntunan langsung dari Allah SWT. Hal ini ditunjukkan pada Allah SWT ketika memberi nama untuk anak Nabi Zakariya, berdasarkan firman-Nya:

”Hai Zakariya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang serupa dengannya” (QS. Maryam: 7)

Berdasarkan ayat di atas, jelas sekali jika memberi nama untuk anak adalah tuntunan yang wajib untuk kita laksanakan, terutama memberi nama bayi Islami untuk anak kita. Bahkan para ulama pun sepakat bila kita wajib memberikan nama untuk anak kita.

Memberikan nama bayi yang Islami untuk anak kita memang bukan keharusan. Namun akan lebih baik jika kita menggunakan nama tersebut untuk anak ketika akan memberi nama karena nama bayi Islami mengandung arti yang sangat baik.

Arti Penting Memberi Nama 

Apalah arti sebuah nama. Itu adalah pepatah yang seringkali kita dengar menyangkut sebuah nama, apakah itu nama anak, nama baik atau nama buruk, termasuk juga dengan nama - nama bayi yang Islam. 

Namun, jika kita merujuk dengan apa yang dituntunkan dalam ajaran Islam, nama itu memiliki arti yang sangat penting sehingga kita tidak boleh sembarangan memberikan nama untuk anak.

Anda tentu tidak ingin bukan memberikan anak nama yang tidak memiliki arti apa-apa atau hanya sekadar mengikuti nama orang lain? Selain tidak mengikuti syariat agama, memberi nama anak dengan bukan nama bayi Islami terkesan memandang rendah arti penting dari sebuah nama.

Lalu, apa sebenarnya arti penting dari memberi nama dengan nama yang baik dalam Islam? Berikut beberapa hal yang menyatakan betapa pentingnya memberikan nama bayi Islami tersebut, yaitu:

  • Nama bayi Islami berfungsi untuk membedakan dan mengenali anak dengan anak-anak yang lainnya. Nama bayi Islami juga memberi tanda bahwa anak tersebut jelas asal-usulnya, baik orang tua maupun agamanya
  • Nama, terutama nama bayi Islami merupakan hal pertama yang wajib dilakukan untuk anak ketika anak keluar dari rahim ibunya.
  • Nama bayi Islami merupakan sifat pertama yang dilihat dan diketahui perbedaannya dengan sesama jenisnya, anak laki-laki atau anak perempuan.
  • Nama, termasuk nama bayi Islami merupakan tindakan pertama yang akan dilakukan oleh seorang bapak kepada anaknya yang baru lahir sehingga si anak memiliki hubungan sifat, waris, dan keturunan.
  • Nama, termasuk juga dengan nama bayi Islami merupakan bekal untuk anak supaya bisa masuk dan diterima di tengah masyarakat.

Hal-hal Penting Seputar Pemberian Nama 

Di atas telah dikemukakan apa sebenarnya arti penting dari pemberian nama anak dengan nama bayi yang Islami. Tetapi tahukan Anda hal-hal apa saja yang perlu dan penting untuk kta ketahui seputar nama - nama tersebut? 

Apakah nama bayi Islami hanya sebatas memberikan nama sesuai dengan nama yang islami saja? Tahukah Anda ada hal-hal lain yang mungkin luput dari perhatian kita seputar nama tersebut? 

Berikut beberapa hal penting yang perlu kita ketahui seputar pemberian nama bayi yang Islam, antara lain:

1. Waktu yang Tepat untuk Memberikan Nama 

Ternyata perkara memberikan nama bayi Islami tidak hanya sebatas menyiapkan nama untuk anak jauh-jauh hari sebelum anak dilahirkan. 

Ada waktu yang tepat yang bisa kita pilih untuk memberikan nama bayi Islami, yaitu sebagai berikut.

  • Memberikan nama anak pada saat hari kelahiran anak.
  • Memberikan nama anak di hari ketiga setelah kelahiran anak.
  • Memberikan nama anak di hari ketujuh setelah kelahiran anak.

2. Orang yang Berhak Memberi Nama 

Sebaiknya yang memberikan nama adalah bapak atau ayah si anak. Namun, tidak ada keharusan seorang ayah atau bapak saja yang berhak memberikan nama bayi Islami tersebut untuk anaknya. Ibu si anak pun juga mempunyai hak yang sama dengan ayah ketika akan memberikan nama pada anaknya.

Hanya saja seringkali terjadi beda pendapat antara ibu dan ayah pada saat memilih nama untuk anaknya. Tetapi jika terdapat perbedaan pendapat ketika akan memberi nama anak, maka pendapat sang ayah yang lebih berhak.

3. Adab Memberikan Nama 

Meskipun orangtua, dalam hal ini seorang ayah atau bapak yang berhak memberikan nama untuk anaknya, bukan berarti orangtua bisa bebas semaunya, apalagi jika jauh dari tuntunan agama. Ada beberapa adab atau aturan yang harus dipatuhi ketika akan memberi nama anak dengan nama bayi yang Islami. 

Berikut beberapa adab memberi nama, antara lain:

  • Hendaknya orangtua bersungguh-sungguh memberikan nama bayi Islami yang paling disukai.
  • Ketika memberikan nama, perhatikan banyak sedikitnya huruf yang digunakan. Sebaiknya memberikan nama bayi Islami dengan menggunakan huruf seoptimal mungkin.
  • Sebaiknya pilih nama yang ringan dan mudah dilafalkan atau diucapkan untuk menghindari salah penyebutan nama anak.
  • Memilih nama yang mudah diingat dan mudah didengar oleh orang lain.
  • Memberi nama bayi Islami juga harus memperhatikan kesesuaian antara nama dengan kodisi anak.

Beberapa Nama bayi Islami Pilihan untuk Anak Anda

Sebelum memberikan nama untuk anak, kita harus memperhatikan beberapa ketentuan dan adab di atas. Ingat nama bayi Islami bukan hanya untuk sesaat saja disandang oleh anak kita, tetapi seumur hidupnya. 

Sebaiknya sebagai orang tua kita tidak boleh egois dengan memberikan nama untuk anak karena alasan yang sifatnya duniawi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih dengan baik nama bayi Islami mana saja yang sekiranya cocok untuk anak Anda.

Berikut beberapa nama bayi Islam yang bisa Anda jadikan sebagai nama anak Anda, yaitu:

  • Abdul Bari: hamba Allah yang banyak kebaikan.
  • Abdul Jabbar: hama Allah yang tegas.
  • Abdul Hadi: hamba Allah yang kaya.
  • Bahran: bercahaya.
  • Bahruddin: sinar agama.
  • Basyar: pembawa berita baik.
  • Daffa: pembela.
  • Dana: cerdas dan bijak.
  • Dzakir: teguh pendirian.
  • Fadhil: orang yang beruat kebaikan.
  • Fadlan: keutamaan.
  • Faisal: penyelesaian atau pemisah antara hak dan batil.
  • Hadi: penuntun, seseorang yang religius.
  • Hafiz: penjaga atau pelindung.

Itulah contoh nama bayi Islami untuk Anda pakai. Semoga berguna dan bermanfaat!

Posting Komentar untuk " Tuntunan Pemberian Nama Bayi Dalam Agama Islam"