Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Sedekah Menurut Islam

Manfaat Sedekah Menurut Islam

Secara istilah sedekah dalam Islam diartikan sebagai pemberian sesuatu dari seseorang kepada orang lain atas dasar semata-mata mengharapkan ridho dan keberkahan dari Allah SWT.

Ikhlas Bersedekah

Sedekah dilakukan tidak atas dasar sebab-sebab lain, misalnya karena ingin dipuji orang lain, karena ingin menduduki jabatan tertentu dan sebagainya. Kualitas sedekah ditentukan oleh keikhlasan yang mendasari niat sedekah.

Tingkatan ikhlas tertinggi adalah semata-mata mengharap keridhoan dari Allah SWT atas apa yang telah disedekahkannya. Sementara tingkatan-tingkatan yang lain adalah sedekah dilakukan atas dasar hajat si pemberi sedekah, harapan atas pahala dan syurga dari Allah, serta permintaan-permintaan lain pada Allah yang menjadi latar belakang seseorang melakukan sedekah.

Sedekah merupakan bentuk investasi manusia terhadap Allah SWT. Investasi sesuatu hal yang sebenarnya juga merupakan milik Allah juga. Manusia tak pernah punya kekuatan apapun untuk memiliki sesuatu, segala hal dan apa-apa yang dimiliki manusia semata-mata hanyalah titipan.

Manusia hanya diberi hak pakai, bukan hak milik mutlak untuk memiliki. Sedekah dalam Islam akan berbuah pada ketentraman jiwa si pelaku sedekah. Sebab prilaku sedekah merupakan hal baik berupa pahala.

Pahala adalah segala sesuatu yang menentramkan hati dan jiwa. Sedekah merupakan pahala, dan secara otomatis akan melahirkan ketenangan jiwa bagi si pelaku sedekah.

Akhiri Masalah Hidupmu dengan Sedekah!

Manfaat Sedekah Menurut Islam
credit:[email protected]_queenzio08

Manusia kerap kali dihimpit aneka macam persoalan hidup yang senantiasa melilit hidup. Ada banyak persoalan yang sering dialami manusia terkait rezeki kehidupan mereka dari Sang Pencipta. 

Mulai dari sedikitnya penghasilan, sulit mencari pekerjaan, susah mendapatkan pasangan hidup, hutang yang selalu menumpuk dan sebagainya.

Semua permasalahan hidup tersebut memiliki benang merah yang sama, yakni persoalan rezeki yang dianugerahkan Allah pada manusia. Inilah permasalahan hidup yang banyak dialami manusia.

Banyak orang menjadi jahat, kufur dan melakukan tindak dosa hanya karena permasalahan harta, jodoh, jabatan dan sebagainya. Persoalan rezeki sering membuat manusia lupa kepada Sang Maha Pemberi rezeki itu sendiri.

Padahal Islam telah memberikan rumus canggih untuk mengobati segala permasalahan hidup tersebut. Sedekah dalam Islam dapat menyelesaikan berbagai persoalan rezeki yang kerap meresahkan manusia.

Melalui sedekah Anda bisa mendapatkan doa dari orang lain. Dan doa tersebut bukan mustahil akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Sebagai contoh Anda membutuhkan pekerjaan yang layak untuk Anda, atau membutuhkan pasangan hidup yang tak kunjung Anda temukan. Maka carilah seseorang yang amat membutuhkan bantuan sedekah Anda. Berilah sedekah pada orang tersebut.

Jangan lupa setelah memberikan apa yang Anda sedekahkan, mintalah doa apa yang menjadi hajat Anda pada orang yang Anda beri sedekah. Ikhlaskan semua semata-mata karena Allah. Dan mintalah doa yang tulus dari orang yang telah Anda beri sedekah tersebut.

Inilah salah satu keistimewaan sedekah dalam Islam. Dampak positifnya tak hanya akan dirasakan oleh orang yang menerima sedekah. Namun bagi si pelaku sedekah, berjuta hikmah manfaat kebaikan akan didapatkan. Belum lagi ganjaran pahala dari Allah SWT di akhirat kelak.

Bagi Anda yang merasa sulit untuk mendapatkan keturunan, tak ada salahnya Anda meningkatkan kualitas sedekah Anda. Perbaiki amal ibadah Anda terlebih dahulu jika belum baik. Setelah itu maksimalkan sedekah dan teruslah berdoa.

Sedekah dalam Islam berfungsi sebagai pengundang rezeki. Keturunan atau anak merupakan bagian dari rezeki yang diberikan Allah pada manusia. Maka tak ada salahnya Anda menjemputnya dengan sedekah dan doa yang maksimal pada Allah SWT.

Sedekah Adalah Berbagi

Manfaat Sedekah Menurut Islam

Ada kata-kata bijak yang perlu kita renungkan dalam dalam. Kebahagiaan sejati adalah ketika kita bisa membahagiaan orang lain. Nah, salah satu caranya adalah dengan sedekah. Sebab sedekah adalah berbagi. 

Berbagi kepada sesama dengan sesuatu yang kita miliki. Sedekah adalah wujud syukur dan cinta kita kepada Tuhan dan sesama.

Makna sedekah

Dalam kajian keislaman, sedekah adalah sesuatu yang akrab didengar, baik lewat khutbah-khutbah keagamaan, maupun dalam kehidupan keseharian mereka yang beragama Islam.  

Sedekah, sering diartikan dengan menyisihkan atau menginfakkan sebagian harta yang dimilikinya di jalan Tuhan, di jalan Allah SWT.

Namun,  arti yang demikian ini sebenarnya kurang tepat. Sedekah sebenarnya mempunyai makna yang lebih luas dari sekedar zakat, atau mengeluarkan harta tertentu, baik untuk orang miskin maupun orang-orang yang berada dalam kesulitan hidup dan mereka membutuhkan uluran tangan.

Sedekah, sebenarnya mempunyai definisi yang lebih tepat yaitu mencakup seluruh amal dan perbuatan yang baik. Tujuannya, semata-mata bukan hanya untuk dunia semata, tetapi lebih besar yaitu untuk mencapai ridha Allah SWT.

Macam-macam sedekah

Karena keluasan makna sedekah tersebut, dalam Islam, ada beberapa macam sedekah yang bisa dilakukan umatnya, untuk mencapai ridha Allah semata, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menyebut nama Allah SWT

Yaitu dengan mengucapkan tasbih, tahlil dan tahmid. Sedekah ini adalah kewajiban kita kepada Allah SWT atas segala kenikmatan dan pemberiannya yang tidak pernah dapat dihitung oleh umatnya.

Mencegah kemungkaran

Mencegah kemungkaran berarti mencegah perbuatan-perbuatan buruk yang dilakukan oleh manusia. Baik disekitar kita maupun yang jauh dengan kita. Caranya adalah dengan menggunakan tangan (kekuasaan) yang dimiliki atau menggunakan lisan atau tulisannya agar kemungkaran itu tidak terjadi lagi.

Memberi nafkah kepada keluarga

Kadang, manusia sering lalai terhadap masalah ini. Memberi nafkah kepada keluarga sering dilakukan, khususnya untuk mereka yang menyandang sebagai seorang ayah. Jika, usaha demikian diniatkan untuk mencari ridha Allah SWT, maka yang demikian adalah sedekah.

Tersenyum

Untuk bersedekah, caranya sangat gampang. Jika tak punya harta atau sesuatu yang bisa dibagikan kepada orang lain, cukuplah dengan senyuman. 

Tersenyum tulus kepada semua orang sehingga menyenangkan hatinya, itupun sudah dihitung sebagai amalan sedekah. Sebuah amalan  yang mudah, tapi kadang orang sering lalai untuk tak melakukannya.

Demikian beberapa hal mengenai makna dan macam-macam sedekah. Terlampau sedikit memang, namun ketika yang sedikit itu bisa dilaksanakan sepenuhnya, insyaallah kebaikan bagi diri maupun lingkungan sekitar akan terwujud.

Post a Comment for " Manfaat Sedekah Menurut Islam"