Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami dan Mengetahui Misteri Shalat Subuh

Memahami dan Mengetahui Misteri Shalat Subuh

Pelaksanaan shalat dua rakaat sebelum fajar menyingsing ini ternyata memiliki rahasia yang menakjubkan dan kedahsyatan tersendiri. Pantas saja ada seorang tokoh Yahudi sampai berkata dengan nada emosional, “Kami akan takut terhadap umat Islam jika mereka telah melaksanakan shalat subuh seperti mereka melaksanakan shalat jumat”. Ada misteri shalat subuh apa di balik ucapan tokoh Yahudi tersebut?

Ternyata di balik aktivitas atau pelaksanaan dua rakaat di ambang fajar, banyak tersimpan rahasia yang sangat menakjubkan. Dalam hadits diriwayatkan, Rasulullah SAW pernah bersabda "dua rakaat shalat subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya".

Betapa dahsyatnya efek shalat dua rakaat ini yang dinilai lebih berharga dari kemilaunya dunia yang penuh kenikmatan. Meskipun hanya dua rakaat, namun ternyata menyimpan banyak misteri mengagumkan terkait dengan sisi kerohanian, dari segi kesehatan, dan nilai kesuksesan hidup.

Banyak sekali permasalahan yang jika kita runut, bisa berawal dan bersumber dari disepelekannya pelaksanaan dari shalat subuh ini. Karena itulah, mengapa mereka yang paham, dengan mencontoh sahabat-sahabat Nabi yang senantiasa berupaya sekuat tenaga supaya tak terlalai hingga kehilangan waktu emas nan berharga tersebut.

Diriwayatkan dalam suatu kisah, pernah suatu hari ketika mereka terlambat melaksanakan shalat subuh dua rakaat dalam masa penaklukan benteng Tastar. Saking begitu menyesalnya akan tragedi tersebut sampai membuat sahabat seperti Anas bin Malik selalu menangis sedih bila mengenang kelalaian tersebut.

Dibandingkan dengan kondisi zaman sekarang, orang biasanya ketinggalan atau melalaikan shalat subuh karena begadang menyelesaikan suatu tugas, misalnya pelajar yang mau ujian dengan sistem kebut semalam, atau pekerja yang mengejar deadlinenya, atau sekedar karena hobi nonton bola hingga subuhnya pun akhirnya terlewatkan.

Apakah mereka menyesal menangisi kelalaiannya itu? Seperti sahabat selalu menangis sedih bila terkenang kelalaian tersebut dan tidak mau mengulanginya lagi. Padahal ada misteri menarik di waktu subuh. Ternyata banyak kisah penting dalam sejarah terjadi di waktu subuh.

Seperti masa peralihan dari masa kegelapan jahiliyah menuju ke masa cahaya tauhid, dalam kisah tragedi Kaum ‘Ad, juga kaum Tsamud, serta kaum pendurhaka yang lain, habis dilibas azab pedih di waktu subuh, sehingga menandai habis dan berakhirnya dominasi masa kebodohan jahiliyah menuju bersinaran cahaya tauhid menyembah Allah semata.

Firman Allah SWT:

قَالُوا يَا لُوطُ إِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَصِلُوا إِلَيْكَ ۖ فَأَسْرِ بِأَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِنَ اللَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ أَحَدٌ إِلَّا امْرَأَتَكَ ۖ إِنَّهُ مُصِيبُهَا مَا أَصَابَهُمْ ۚ إِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۚ أَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيبٍ

Artinya:

Para utusan (malaikat) berkata: "Hai Luth, sesungguhnya kami adalah utusan-utusan Tuhanmu, sekali-kali mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah dengan membawa keluarga dan pengikut-pengikut kamu di akhir malam dan janganlah ada seorangpun di antara kamu yang tertinggal, kecuali isterimu. Sesungguhnya dia akan ditimpa azab yang menimpa mereka karena sesungguhnya saat jatuhnya azab kepada mereka ialah di waktu subuh; bukankah subuh itu sudah dekat?" [QS. Hud: 81]

Dilihat dari sisi rohani, berdasarkan kisah adzab di atas, orang yang mengerjakan shalat subuh memiliki beberapa keutamaan, di antaranya menjadi penyelamat dari adzab, mendapatkan pahala senilai ibadah haji dan umroh, membebaskan diri dari api neraka, menghindarkan diri dari kemunafikan, dan mendapatkan perlindungan langsung dari Allah SWT.

Seperti yang diriwayatkan Tirmidzi dalam hadits Rasulullah bersabda: "Berpagi-pagilah kalian dalam menunaikan shalat subuh karena itulah pahala yang paling mulia".

Sedangkan dari segi kesehatan, penelitian membuktikan bahwa bangun pagi untuk melaksanakan shalat subuh mampu menormalkan mensinergikan kinerja antara saraf dan kerja otak.

Saat pagi hari disinyalir bahwa kadar ozon (O3) dinilai cukup tinggi, sehingga mampu untuk membantu aktivitas kerja saraf dan kerja otak, juga termasuk mengurangi resiko sakit penyumbatan pada pembuluh darah dan penyakit serangan jantung.

Selain itu, dampak dahsyat shalat subuh juga bermanfaat untuk kesuksesan dalam kehidupan kita. Mengapa? Karena pada pagi hari hingga fajar menjelang banyak pintu rezeki terbuka lebar dari Allah SWT.

Jika Anda termasuk golongan yang tidur lagi setelah shalat subuh, mulailah untuk menggantinya dengan aktivitas yang lain, semisal dengan berdzikir dan berdoa atau berolahraga.

10 Keutamaan Shalat Subuh

Memahami dan Mengetahui Misteri Shalat Subuh


1. Melapangkan rezeki

Dikisahkan pada suatu hari ketika Nabi Muhammad SAW pulang dari melaksanakan shalat subuh, beliau kembali ke rumah dan mendapati puterinya Fathimah R.A masih tertidur.

Dengan serta merta beliau pun membalikkan tubuh Fatimah dengan kaki beliau, kemudian berkata padanya: "Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rizki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rizki pada hamba antara shalat subuh dan terbitnya matahari".

2. Menjaga diri sebagai seorang muslim

"Barang siapa yang melaksanakan shalat subuh, maka dia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan-Nya dari kalian dengan sebab apapun. Karena siapapun yang Allah cabut jaminan-Nya darinya dengan sebab apapun, pasti akan tercabut. Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahannam" (HR.Muslim)

3. Nilainya sama dengan shalat malam semalam suntuk

"Barang siapa yang melaksanakan shalat isya secara berjamaah, maka ia seperti shalat malam separuh malam. Dan, barang siapa melaksanakan shalat subuh secara berjamaah, maka ia seperti shalat malam satu malam penuh". (HR.Muslim)

4. Sebagai tolok ukur keimanan seseorang

"Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak". (HR.Ahmad)

5. Sebagai penyelamat dari api neraka

"Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya". (HR.Muslim)

6. Sebagai penyebab masuk surga

"Siapa yang melaksanakan dua shalat bardain dia masuk surga" (HR.Bukhari). Yang dimaksud shalat bardain adalah shalat subuh dan ashar. Disebut Al Bardain (dua waktu dingin) karena keduanya dilaksanakan pada waktu dinginnya siang, tepatnya pada kedua ujung siang ketika suasana teduh dan tidak ada terik panas.

7. Dapat mendatangkan nikmat, yaitu bisa melihat wajah Allah SWT

"Apabila penghuni syurga telah memasuki syurga. Allah berfirman, 'Apakah kalian ingin aku beri tambahan?' Mereka menjawab, 'Bukankah Engkau telah memutihkan wajah-wajah kami? Bukankah Engkau telah memasukkan kami ke dalam syurga? Dan Engkau selamatkan kami dari neraka?’ Rasulullah melanjutkan, Kemudian bukalah tabir, maka tidak ada lagi nikmat yang lebih besar daripada nikmat bisa melihat Rabb mereka. Inilah nikmat tambahan itu. Lalu beliau membaca surat Yunus: 26 yang artinya, 'Bagi orang-orang yang berbuat baik ada pahala yang terbaik jannah dan tambahannya'" (HR.Muslim)

8. Menjadi saksi bagi sesiapa yang memeliharanya

"Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat-malaikat malam dan mereka berkumpul pada waktu shalat subuh dan ashar setelah itu malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit. Lalu, Allah bertanya kepada mereka, dan dia lebih tahu tentang mereka, 'Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaku?' Mereka menjawab, 'Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat dan kami datang kepada mereka ketika mereka shalat'" (HR.Bukhari)

9. Sebagai kunci kemenangan

"Bahwa Rasulullah apabila hendak menyerbu suatu kaum, beliau menundanya hingga tiba waktu subuh". (HR Bukhari) Diriwayatkan dalam suatu kisah, pasca meletusnya perang Mesir-Israel tahun 1973 ada seorang tentara Mesir yang mengajak berbicara tentara Yahudi yang paham bahasa Arab.

Tentara Mesir itu berkata, "Demi Allah, kami akan memerangi dan mengalahkan kalian sampai ada di antara kalian yang bersembunyi di balik pohon dan batu, kemudian pohon dan batu itu mengatakan, "Hai hamba Allah, hai Muslim, ini ada Yahudi di belakangku, ke mari dan bunuhlah dia". Tentara Yahudi menjawab, "Semua itu tidak akan terjadi sebelum shalat subuh kalian sama dengan shalat Jumat".

10. Nilainya melebihi dari dunia dan seisinya

"Dua rakaat shalat subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya". (HR.Muslim dan Ahmad) Mengenai shalat dua rakaat sunnah sebelum subuh Rasulullah bersabda, "Dua rakaat itu lebih aku sukai daripada dunia seluruhnya." (HR.Muslim)

Tips Menjaga Shalat Subuh

  • Mengikhlaskan niat karena Allah
  • Bertekad dan berintrospeksi diri setiap hari
  • Bertobat terhadap dosa dan berniat untuk tidak mengulanginya kembali
  • Banyak membaca doa agar Allah membuka kesempatan ber shalat subuh
  • Gaulilah kawan yang sholeh
  • Melatih diri untuk tidur ala Rasulullah SAW ( tidur awal, wudhu sebelum tidur, miring ke kanan, membaca surat An Naas, Al Falaq, dan Al Ikhlas, lalu berdoa mau tidur)
  • Kurangi makan jelang tidur dan hindari minum teh ataupun kopi
  • Tulis dan gantung di dinding tentang keutamaan shalat subuh
  • Pasang alarm untuk pengingat, bisa jam weker, juga sms/telp, juga bel pintu
  • Mengajak orang lain untuk sama-sama melaksanakan shalat subuh dan mulailah dari keluarga yang terdekat.

Demikian uraian mengenai shalat subuh. Ternyata di balik misteri shalat subuh terkandung beberapa nilai pahala yang luar biasa sekali. Semoga uraian tersebut bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk " Memahami dan Mengetahui Misteri Shalat Subuh"