Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengobati Stres dengan Berzikir

Mengobati Stres dengan Berzikir

Definisi Stres

Stres memang menjadi hal yang tidak diinginkan ketika kita mengalami masalah. Stres dapat merusak suasana hati dan pada akhirnya mengacaukan semua yang telah kita rencanakan. 

Stres bisa membuat kita tidak bisa berpikir logis. Alih-alih berpikir logis, pikiran kita akan dibebani oleh pikiran-pikiran yang tidak perlu akibat stres. Oleh sebab itu, kita harus tahu cara mengobati stres.

Menurut H. Handoko, stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seseorang. Dari definisi tersebut, jelas bahwa stres adalah sebuah sebab akan akibat yang lebih besar, seperti tidak stabilnya emosi seseorang atau lebih buruk lagi mepengaruhi kondisi fisik orang tersebut.

Sementara itu, Seyle (1936) menjelaskan bahwa stres merupakan salah satu sindrom atau penyakit yang berhubungan dengan jasmaniah. Namun, pendapat ini kemudian disempurnakan oleh Mason (1971) yang menyatakan bahwa stres bukan hanya termasuk proses jasmaniah, melainkan masuk ke ranah yang lebih dalam, yakni kondisi mental dan psikologis seseorang.

Lalu, bagaimana sikap kita terkait hal ini? Apa yang harus kita lakukan untuk mengobati stres?

Penyebab Stres

Menurut Wolf dan Goodel (1968), stres akan terjadi jika terdapat stressor yang mendorong terjadinya stres. Stressor tersebut bisa berasal dari berbagai kondisi, yakni kondisi biologis, kondisi psikologis, dan kondisi sosio-kulutural. 

Pernahkah Anda mengalami stres karena sedang mengalami sakit gigi? Kondisi gigi yang tidak sehat akan direspon dengan perubahan kondisi psikologis Anda. Anda akan mengalami stres berat sampai kondisi gigi sehat seperti semula.

Hal itu merupakan contoh bagaimana kondisi biologis sangat mempengaruhi tingkat stres. Berbeda dengan stressor biologis, stressor psikologis lebih bersifat abstrak dan lebih menyangkut kondisi kehidupan Anda sehari-hari. Kondisi perekonomian yang sulit, status sosial di masyarakat, dan perang jabatan terkadang membuat Anda merasa tertekan.

Tekanan berbagai persoalan tersebut akan mengakibatkan kondisi tubuh Anda turun seketika. Frustasi, rendah diri, dan merasa terasing, merupakan respon yang cukup banyak timbul.

Zikir dapat Mengatasi Stres

Dalam pandangan Islam, zikir adalah sebuah upaya untuk senantiasa mengingat Sang Pencipta. Zikir dapat dilakukan oleh siapa pun, kapan pun, dan dimana pun. “Bukankah dengan mengingat Allah, hati ini akan menjadi tenang?” adalah pelajaran langsung yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya.

Ketika mengalami masalah, tentunya Anda akan berusaha untuk menyelesaikan persoalan tersebut, bukan? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencari dan mendatangi langsung sumber masalah Anda. 

Hal ini pula yang bisa menjelaskan bagaimana zikir bisa membuat Anda semakin tenteram. Allah SWT merupakan sumber dari segala solusi.

Dengan mengingat dan kembali kepada-Nya, Anda akan mendapatkan ketenangan yang belum pernah didapatkan sebelumnya dari ahli psikologi mana pun. 

Rasulullah SAW sendiri telah mengajarkan kita untuk senantiasa mengingat akan kebesaran dan keagungan Sang Pencipta. Rasulullah memberikan teladan kepada kita untuk senantiasa berzikir, baik pagi hari maupun petang.

Post a Comment for " Mengobati Stres dengan Berzikir"