Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kata Motivasi Islami untuk Menjadi Pribadi Bermanfaat

Kata Motivasi Islami untuk Menjadi Pribadi Bermanfaat

Menjadi seorang motivator hebat adalah suatu kebanggaan. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk terjun sebagai motivator. Tapi ada baiknya, sebelum menjadi motivator untuk orang lain, kita berusaha untuk menjadi motivator bagi diri kita sendiri terlebih dahulu. 

Berikut contoh kata motivasi yang islami yang bisa dijadikan sebagai referensi

Menjadi seorang motivator itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Terlihat gampang karena kita hanya tinggal melontarkan beberapa kata yang memotivasi seseorang untuk berubah menjadi lebih baik atau lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Namun yang susah adalah mengaplikasikan kata-kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada kenyataannya, melakukan tak semudah melontarkannya. Seorang motivator yang baik tentunya bisa mengaplikasikan dengan baik, paling tidak untuk dirinya sendiri.

Mungkin tak sedikit orang yang tertarik untuk mencari kata motivasi yang Islami di internet. Padahal bagi umat muslim, tiada sumber yang paling baik, selain Al-Quran. Al-Quran sendiri bukan sebatas kitab suci, melainkan pedoman hidup bagi umat muslim.

Tak ada salahnya bukan untuk mencari kata motivasi yang Islami di Al-Quran. Lantas, seperti apa kata-kata motivasi yang dimaksud? Adapun kata-kata motivasi yang diperoleh dari Al-Quran adalah sebagai berikut.

Kata Motivasi dari Al-Quran dan Hadist

Bermanfaat untuk banyak itu luar biasa. Lantas, bagaimana cara menjadi pribadi yang bermanfaat itu? Mudahkah atau sulitkah?

Menjadi orang yang bermanfaat merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Setiap muslim harus bisa bermanfaat bagi orang lain, bukan justru memanfaatkan orang lain.

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep Islam yaitu memberi. Memberi derajatnya daripada menerima. Karena bagaimana pun juga dengan bermanfaat bagi orang lain, akan mendatangkan kebaikan untuk diri kita sendiri.

Hal ini juga termuat jelas dalam sebuah hadist yang berbunyi “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”. Jadi, selagi kita bisa membantu orang-orang di sekitar, kenapa tidak? Insya allah satu kebaikan akan mendatangkan banyak kebaikan untuk kita.

Masih ada lagi kata motivasi islam lainnya. Salah satunya kata motivasi yang bersumber dari Al-Quran, yakni pada surat ke 17 ayat 7 yang berbunyi “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri”.

Maksud dari ayat tersebut adalah dengan berbuat baik kepada orang lain, merupakan salah satu amalan baik bagi diri kita. Selain bisa meringankan beban orang lain, di sisi lain kita juga mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Kemudian ada lagi kata motivasi yang Islami lainnya yang berbunyi “Barangsiapa yang membantu keperluan saudaranya, maka Allah membantu keperluannya”. Maknanya, kalau memang kita bisa membantu apa yang diperlukan oleh orang lain, insya allah ketika kita membutuhkan pertolongan, akan Allah mudahkan.

Ada juga hadist riwayat Muslim yang berbunyi “Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mukmin dari berbagai kesulitan dunia, Allah akan menyelesaikan kesulitannya di hari kiamat”. Kata-kata diatas memotivasi diri kita untuk senantiasa berbuat baik kepada orang lain.

Insya Allah jika kita mempermudah urusan orang lain di dunia, urusan akhirat akan dilancarkan oleh Allah. Tapi ingat, ketika membantu orang jangan pernah mengharapkan imbalan, kecuali ridho Allah. Semoga saja amal ibadah yang kita tanam di dunia bisa mengantarkan masuk ke surga-Nya Allah.

Itu dia beberapa kata motivasi yang Islami untuk menjadi pribadi yang bermanfaat. Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya, kadang untuk prakterk tidak semudah mengucapkannya. Lantas, bagaimana cara untuk menjadi pribadi yang bermanfaat?

Langkah Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

Langkah pertama untuk menjadi pribadi yang bermanfaat adalah kemauan. Kemauan untuk memberikan manfaat kepada orang lain.

Contohnya, bila di jalan kita melihat ada anak kecil yang kelaparan, tak ada salahnya untuk membelikannya makan. Selain itu, bisa juga memberikan pendidikan gratis bagi anak-anak jalanan.

Misalkan ada bencana alam dan membutuhkan bantuan, kita bisa membantu dengan memberikan pakaian bekas yang masih layak, obat-obatan, dan makanan. Namun bisa juga dengan memberikan tenaga kita untuk membantu para korban dalam proses evakuasi atau pendirian tenda darurat.

Jadi pada dasarnya, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk bermanfaat bagi orang-orang di sekitar asalkan ada kemauan. Dengan kata lain, langkah pertama untuk bermanfaat bagi orang lain adalah dengan menanamkan kemauan.

Setelah ada kemauan, langkah selanjutnya adalah take action now. Coba pikirkan apa saja yang bisa Anda lakukan sekarang untuk bermanfaat bagi orang lain?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan, asal ada kemauan dan tentunya langsung dipraktekkan. Contoh sederhananya adalah menulis artikel yang tentunya mengandung informasi yang bermanfaat dan share artikel tersebut di media sosial Anda.

Dengan demikian, teman-teman Anda di media sosial kemungkinan akan membaca artikel yang Anda buat. Tentunya menambah wawasan bagi para pembacanya. Share artikel di media sosial tentu lebih bermanfaat, daripada sibuk mencibir orang melalui status-status.

Bisa juga dengan melihat sekitar, adakah yang bisa dibantu? Misalkan di sebelah rumah ada tetangga baru yang sedang sibuk pindahan. Tak ada salahnya untuk menawarkan diri membantu memindahkan barang-barang. Di samping membantu, juga membuat awal silahturahim yang baik dengan tetangga.

Nah, jika sudah tahu apa yang bisa Anda lakukan untuk bermanfaat bagi orang lain, jadikan ini sebagai kebiasaan. Karena seperti yang kita tahu, biasa itu karena terbiasa. Jadi, jika sudah terbiasa maka menjadi pribadi yang bermanfaat bukanlah hal yang sulit.

Yang perlu digarisbawahi disini adalah membantu orang di sekitar aalah kebaikan tapi belum sempurna. Kalau sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup, itu baru sempurna.

Karena tak jarang, orang hanya melakukan kebaikan sesekali atau dalam keadaan terdesak. Padahal tak ada salahnya untuk menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan.

Tindakan baik yang dilakukan secara terus menerus, akan tertanam kuat pada akhlak kita. Dengan ini insya allah ini memudahkan kita untuk menjalani kehidupan di akhirat kelak.

Jika sudah terbiasa dan menjadi kebiasaan, tingkatkan manfaat diri Anda. Berlomba-lomba dalam kebaikan itu adalah hal yang baik bukan. Menjadi juara dalam kebaikan tentunya mendatangkan kepuasan yang tidak ada habisnya.

Oleh karena itu, bermanfaat bagi orang lain belum cukup. Tapi usahakan juga untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas kebaikan Anda. Salah satu cara meningkatkan kualitas diri adalah menggali terus kemampuan dan keterampilan. Dengan begitu, apa yang kita berikan juga kualitasnya semakin baik.

Hal yang paling penting adalah jangan sampai lupa untuk bermanfaat untuk diri sendiri. tak sedikit orang yang membantu namun ada ketidakikhlasan atau riya. Hal inilah yang tanpa disadari akan menghapus pahala yang Anda tabung selama ini.

Oleh karena itu, dalam membantu orang itu harus ditanamkan niat ikhlas karena Allah Ta'ala. Dan jangan berharap imbalan, karena nanti Allah akan membalasnya berkali-kali lipat dari itu.

Nah, itu dia kata motivasi yang Islami untuk menjadi pribadi yang bermanfaat. Kata-kata motivasi yang bersumber dari Al-Quran dan hadits. Semoga kita bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Post a Comment for " Kata Motivasi Islami untuk Menjadi Pribadi Bermanfaat"