Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hikmah Dibalik Kisah - Kisah Nabi dan Rasul

Hikmah Dibalik Kisah - Kisah Nabi dan Rasul

Ada banyak sekali hikmah yang dapat dipetik oleh umat manusia dibalik kisah-kisah Nabi dan Rasul. Itu dikarenakan, tujuan utama Nabi dan Rasul diutus ke dunia ini adalah sebagai pemberi petunjuk dan pemberi contoh pada manusia. Mereka adalah pembawa pesan dari Tuhan, yang mengarahkan pada kehidupan yang lebih baik.

Berikut ini adalah 2 contoh hikmah dibalik kisah -kisah Nabi dan Rasul tersebut, yaitu:

Kisah Nabi Yusuf AS dan Saudaranya

Hikmah yang ada dalam kisah Nabi Yusuf adalah kesabaran beliau yang sangat besar. Allah SWT telah melebihkan Nabi Yusuf dengan wajah yang sangat rupawan dan akhlak mulia, sehingga membuat ayahnya, Nabi Yaqub, sangat sayang pada putranya itu. 

Kesebelas kakak Yusuf merasa sangat iri, sehingga mereka kemudian berencana untuk menyingkirkan Yusuf agar ayah mereka ganti menyayangi mereka.

Setelah ditinggalkan dalam sebuah tempat terpencil, Yusuf tetap bersabar hingga diketemukan oleh pedagang budak dan dijual ke bangsawan istana. 

Yusuf yang tampan akhirnya membuat Zulaikha, permaisuri raja, berusaha menggoda Yusuf. Namun, Yusuf tetap sabar dan memilih menghindari zina. Kesabaran Yusuf masih diuji oleh Allah dengan hukuman penjara, karena fitnah dari Zulaikha.

Hingga akhirnya, kebahagiaan Yusuf tiba dengan diangkatnya ia menjadi penasehat istana. Allah memberi kelebihan pada Yusuf dengan kemampuannya mentafsirkan arti mimpi yang dialami oleh Raja. 

Pertemuan dengan ayah tercinta setelah berpuluh tahun terpisah, merupakan puncak kebahagiaan Yusuf, sampai-sampai kisah kehidupannya diabadikan dalam beberapa ayat Al-Qur'an.

Kisah Nabi Musa AS

Nabi Musa juga terkenal dengan kisah hidupnya yang penuh cobaan. Namun, sebagai seorang nabi, Allah memang menganugerahkan kesabaran yang kadarnya sungguh sangat tinggi. Mulai dari masa bayi, Nabi Musa telah dibuang oleh ibunya ke sungai Nil, hingga akhirnya diambil oleh istri Fir'aun.

Lalu, karena keberaniannya melawan Fir'aun yang durjana karena sombong dan mengaku sebagai tuhan, maka Nabi Musa dikejar-kejar oleh pasukan Fir'aun yang jumlahnya ribuan orang. 

Mukjizat Nabi Musa berbeda dengan kisah kisah nabi dan rasul yang lain. Pada saat terdesak oleh pasukan Fir'aun, tongkat Nabi Musa mampu membelah lautan dengan izin Allah SWT hingga ia dan pengikutnya selamat menyeberangi lautan.

Hikmah dari berbagai kisah kisah nabi dan rasul yang ada dalam Al-Qur'an antara lain adalah mencontohkan pada umat untuk terus sabar dan selalu berharap pada pertolongan Allah dalam menghadapi ujian hidup. 

Selain itu, umat juga jangan pernah putus asa serta selalu bekerja keras dalam berbagai keadaan, seperti yang dilakukan oleh para nabi dan rasul. Sebab, mereka adalah contoh yang harus diteladani.  

Itulah 2 contoh Hikmah Dibalik Kisah - Kisah Nabi dan Rasul. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for " Hikmah Dibalik Kisah - Kisah Nabi dan Rasul"