Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa- Doa untuk Kesuksesan

Doa-doa untuk Kesuksesan

Mungkin Anda bertanya, adakah doa-doa khusus untuk meraih kesuksesan? Tentu saja ada, namun sebelum membahas doa-doa khusus untuk kesuksesan, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu kesuksesan. 

Ya, kesuksesan merupakan sebuah istilah yang sangat didambakan oleh semua manusia yang hidup di dunia. Dengan kesuksesan, manusia bisa melakukan apapun yang diinginkannya.

Lantas, kesuksesan seperti apa yang bisa diraih dengan bantuan doa-doa khusyuk untuk kesuksesan tersebut? Ya, kesuksesan bisa diraih seorang manusia jika dirinya telah melakukan berbagai upaya untuk meraihnya. 

Namun, kesuksesan akan diraih seseorang bukan hanya dengan usahanya saja melainkan juga dengan bantuan doa-doa kepada Allah Swt agar dimudahkan meraih kesuksesan yang dicita-citakan.

Anda penasaran ingin mengetahui doa-doa apa saja yang jika dikombinasikan dengan usaha maksimal akan menghadirkan kesuksesan? 

Berikut ini adalah uraian dan penjelasannya.

Doa-doa untuk Kesuksesan Dunia Akhirat

Setiap kesuksesan yang telah kita raih di dunia merupakan kebaikan yang telah Allah Swt berikan atas setiap usaha yang dilakukannya. 

Biasanya, seorang muslim akan mengucapkan doa-doa sambil memohon kesuksesan di dunia berupa harta yang cukup, anak yang shaleh, suami/istri yang shaleh, ilmu yang bermanfaat, dan hal-hal lain yang merupakan kebaikan dari Allah SWT.

Sementara itu, doa-doa permohonan untuk kesuksesan di akhirat yang biasa diajukan oleh setiap muslim bisa berupa permohonan ridho Allah SWT atas setiap hal yang ia kerjakan dan permohonan agar ia terhindar dari azab neraka yang teramat pedih. 

Perlu diingat, meraih kesuksesan di akhirat jauh lebih penting, bahkan boleh dikatakan sebagai yang utama dibanding dengan kesuksesan apapun yang berhasil diraihnya di dunia. 

Satu dari sekian banyak doa-doa yang diucapkan seorang muslim untuk memohon kesuksesan di dunia dan akhirat adalah yang bersumber dari Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 201, yaitu:

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya:

Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka". [QS. Al-Baqarah: 201] 

Doa inilah yang merupakan sebaik-baiknya doa yang diucapkan seorang muslim agar sukses mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Doa-doa Untuk Kesuksesan Suatu Usaha

Setiap usaha yang dilakukan oleh seseorang tentulah memiliki tujuan utama bernama kesuksesan. Ya, kesuksesan berupa raihan atau pendapatan terbaik adalah realisasi dari setiap mimpi dan doa-doa permohonan yang tak bosan-bosan dipanjatkan kepada Allah SWT.

Seorang muslim yang baik akan senantiasa melibatkan Allah SWT dalam setiap urusannya. Dia sadar, hanya Allah SWT-lah yang mampu memberikan segala kemudahan di setiap kesulitan yang tengah menderanya, termasuk dalam urusan usaha.

Lantas, seperti apakah doa-doa yang baik agar seorang muslim mampu mendapatkan kesuksesan dalam usahanya?

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk mengucapkan doa-doa agar bisa meraih sukses usaha melalui sebuah haditsnya. 

Adapun salah satu doa-doa tersebut adalah sebagai berikut.

“Allohuma ashlihlii diyni allazy huwa ishmatu amrii wa aslihlii dunyaa ya allatii fiiha ma’a’sy wa as lihlii akhirotii allati fiiha maadii waj’alya al hayaa ziyaadatali fii kulli khoerin waja’lil mauta roohatan lii mingkulli syarri”

Artinya: “Ya Allah, baguskanlah untukku agamaku yang jadi pangkal urusanku. Baguskan pula duniaku yang jadi tempat penghidupanku dan baguskanlah akhiratku yang padanya tempat kembaliku nanti. Jadikanlah hidup itu bekal/ tambahan bagiku dalam segala kebaikan, serta jadikanlah mati itu sebagai pelepas segala keburukan bagiku.” [HR. Muslim]

Doa-doa Untuk Kesuksesan Mendapatkan Rezeki

Allah SWT adalah Dzat yang Mahakaya. Apapun yang kita minta, selama itu dalam hal kebaikan, niscaya Allah SWT akan mengabulkannya. Bagi seorang muslim, berada di sisi Allah SWT adalah tujuan hidup. 

Allah SWT adalah tempat meminta dan mencurahkan doa-doa serta segala keluh kesah yang dialaminya. Allah SWT adalah sumber dari segala sumber rahmat dan nikmat. Takada sesuatu apapun yang mustahil pada Dzat-Nya.

Orang yang beriman sangat sadar bahwa rezeki berupa hartanya adalah titipan Allah SWT dan di setiap harta yang dimilikinya juga terdapat hak orang lain yang turut Allah titipkan. 

Dalam urusan mencari rezeki di jalan Allah, seorang muslim akan selalu mengucapkan doa-doa dan memohon bantuan kepada Allah SWT. 

Bagaimana cara berdoa untuk memohon kemudahan dan sukses mendapatkan rezeki? Berikut ini adalah satu dari sekian banyak doa-doa yang dicontohkan Rasulullah SAW.

“Allohumma inni as aluka al aafiyata fii diinnii wa dunyaa yaw a maaliiwa ahlii”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu afiyah dalam agamaku, duniaku, keluargaku, dan hartaku.” [HR. An-Nasai dan Ibnu Majah]

Doa-doa Untuk Kesuksesan Menghadapi Ujian

Selama hidup di dunia, manusia tidak akan pernah terlepas dari cobaan dan ujian, tetapi semua itu semata-mata Allah SWT berikan sebagai bentuk perhatian-Nya kepada kita. 

Selama kita bisa menerima segala bentuk perhatian berupa cobaan atau pun ujian tersebut dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, serta tetap mengucapkan doa-doa kepada-Nya niscaya Allah SWT akan menghadiahkan keberhasilan.

Nah, agar kita sukses menghadapi segala macam ujian dari Allah SWT, baik itu dalam dunia pendidikan, karier atau pun dalam kehidupan sehari-hari, maka sebaiknya kita lebih memperbanyak doa-doa kepada-Nya. 

Adapun satu dari sekian banyak doa-doa agar kita sukses menghadapi ujian yang dicontohkan Rasulullah Saw adalah sebagai berikut.

“allohumma laa sahla illa ja’altahu sahlan wa anta taja’lul hazana idza syita sahlan”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya tiada yang mudah selain yang Engkau mudahkan dan Engkau jadikan kesedihan atau kesusahan itu mudah jika jika Engkau menghendakinya jadi mudah.” [HR. Ibnu Hiban].

Doa-doa Sukses Terhindar dari Rasa Malas

Tidak ada seorang pun yang dapat menghilangkan sifat malas dalam dirinya kecuali dirinya sendiri. Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali mereka mau mengubah nasibnya sendiri. 

Selama dalam diri kita terdapat motivasi dan niat untuk membuang sifat malas, maka sesungguhnya tiada yang sia-sia atas apa yang kita kerjakan atau usahakan. 

Allah akan memberikan ganjaran yang setimpal pada setiap doa-doa yang diucapkan dan usaha yang kita kerjakan dengan penuh keikhlasan serta semata-mata hanya untuk mendapat ridho Allah SWT. 

Ada satu dari sekian banyak doa-doa dari Rasulullah SAW agar seseorang bisa terhindar dari sifat malas. 

Berikut adalah doanya:

“Allohumma inni audzubika minal kasali”

Artinya: “Ya Alloh, aku berlindung kepadamu dari penyakit malas.” [HR. Bukhari].

Doa-doa Untuk Kesuksesan Saat Belajar dan Menuntut Ilmu

Sikap seorang muslim sejati adalah menuntut ilmu secara terus menerus tanpa ada rasa bosan. Mereka sadar, sesungguhnya ilmu yang mereka miliki di dunia sangatlah tidak sebanding dengan luasnya ilmu Allah SWT. 

Ilmu mereka ibarat setetes air di samudera yang luas. Dengan segala keterbatasannya itu, manusia hendaklah mengucapkan doa-doa sambil memohon kepada Allah SWT yang Maha Memiliki Kemampuan untuk senantiasa membimbing setiap langkah hidupnya ketika mencari ilmu.

Selain itu, manusia harus selalu berdoa kepada Allah agar diberikan kemampuan berpikir dan kemampuan memahami setiap ilmu Allah SWT. 

Berkenaan dengan kesuksesan menuntut ilmu ini, terdapat ayat Al-Quran dan hadits yang bisa dijadikan pedoman terbaik sebagai doa-doa sukses menuntut ilmu oleh setiap muslim. 

Berikut ini adalah ayat Al-Quran yang dimaksud tersebut:

فَتَعَٰلَى ٱللَّهُ ٱلْمَلِكُ ٱلْحَقُّ ۗ وَلَا تَعْجَلْ بِٱلْقُرْءَانِ مِن قَبْلِ أَن يُقْضَىٰٓ إِلَيْكَ وَحْيُهُۥ ۖ وَقُل رَّبِّ زِدْنِى عِلْمًا

Artinya: “Maka Maha Tinggi Allah raja yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al qur'an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan Katakanlah: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan." [Qs. Thaahaa: 114].

Sementara itu, hadits yang di maksud adalah sebagai berikut. 

“Allohuma inni as aluka ilman nafian wa audzu bika min ilmin laa yanfauu”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat dan aku berindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat.”[HR. Ibnu Hiban].

Itulah ulasan tentang doa - doa untuk kesuksesan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Doa- Doa untuk Kesuksesan"