Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 10 Tanda - Tanda Kiamat Kubra

Semua orang tentu tahu bahwa hari kiamat pasti akan terjadi. Hari kiamat dalam agama Islam bisa dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Kiamat Sugra atau kiamat kecil 
  • Kiamat Kubra atau kiamat besar

Pengertian Hari Kiamat

Pemahaman dan pengertian hari kiamat berdasarkan agama Islam adalah kejadian hancur leburnya alam semesta dan apa saja yang ada didalamnya, termasuk semua makhluk hidup akan musnah dan binasa. 

Memiliki iman dan meyakini akan adanya hari kiamat merupakan salah satu dari rukun iman, yakni rukun iman kelima.

Mengutip dari halaman buku Pengajaran Agama Islam dan Budi Pekerti kreasi Aris Abi Syaifullah, dkk, hari kiamat akan didahului dengan bunyi terompet sangkakala Malaikat Israfil atas perintah dari Allah SWT. Seorang tidak bisa disebut sebagai mukmin jika memungkiri datangnya hari kiamat tersebut.

Hari kiamat akan tiba secara mendadak (tiba - tiba), karena tidak ada satu  orang pun yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat tersebut, terkecuali Allah SWT yang mengetahuinya. 

Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam Al Quran surat Al A'raf ayat 187, sebagai berikut:

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Arab latin: Yas`alụnaka 'anis-sā'ati ayyāna mursāhā, qul innamā 'ilmuhā 'inda rabbī, lā yujallīhā liwaqtihā illā huw, ṡaqulat fis-samāwāti wal-arḍ, lā ta`tīkum illā bagtah, yas`alụnaka ka`annaka ḥafiyyun 'an-hā, qul innamā 'ilmuhā 'indallāhi wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya'lamụn

Maknanya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." [QS.Al-A'raf : 187]

Meskipun kehadiran hari kiamat tidak bisa diketahui atau diprediksi, tetapi sebagai umat Islam kita harus mempercayai jika hari kiamat akan benar terjadi dan dirasakan oleh semua manusia dan mahluk hidup lainnya. 

Dalam artikel kali ini, penulis akan berbagi informasi tentang 10 tanda tanda kiamat Kubra. Apa saja kesepuluh tanda - tanda tersebut?

Mari simak informasinya berikut. Namun, sebelumnya kita simak terlebih dahulu informasi tentang kiamat Kubra.

Apa Itu Kiamat Kubra?

Kiamat Kubra atau kiamat besar adalah hari berakhirnya kehidupan di dunia. Ketika kiamat ini terjadi, seluruh alam semesta akan hancur lebur. Ini berbeda dengan kiamat Sugra atau kiamat kecil seperti mendapatkan musibah bencana alam. 

Kiamat Sugra umumnya akan terjadi begitu saja tanpa ada tanda-tanda khusus. Sedangkan kiamat Kubra akan datang dengan berbagai tanda menjelang hari kiamat. Tanda-tanda tersebut antara lain tercantum dalam Al-Quran dan Hadits Rasulullah SAW.

Tidak ada yang bisa mengetahui kapan kiamat tersebut akan datang. Hanya saja, dalam Al-Quran disebutkan bahwa hari kiamat akan terjadi pada hari Jum’at. 

Selain itu dijelaskan juga bahwa menjelang hari kiamat, 10 tanda hari kiamat yang lain akan mulai bermunculan. Oleh karena itu, sebagai umat muslim kita sebaiknya harus sudah mempersiapkan segala amal ibadah kita di dunia sebagai bekal kelak di akhirat.

Pelajaran tentang tanda-tanda kiamat ini juga banyak diajarkan di sekolah-sekolah dalam mata pelajaran Agama Islam. Pemberian materi ini dimaksudkan agar para siswa bisa mempercayai adanya hari kiamat sebagaimana rukun iman kelima dalam agama Islam yaitu mempercayai adanya hari akhir atau hari kiamat.

Gambaran Kiamat Kubra

Gambaran kiamat kubra ada pada Al Quran surat Al Hajj ayat 7. Dengan alasan ini, maka setiap muslim harus yakini mengenai datangnya kiamat kubra tersebut. 

Berikut ini adalah ayatnya:

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

Bacaan latin: Wa annas-sā'ata ātiyatul lā hilanga fīhā wa annallāha yab'aṡu man fil-qubụr

Maknanya: "Dan benar-benar, (hari) Kiamat itu tentu tiba, tidak ada kebimbangan kepadanya; dan benar-benar, Allah akan menghidupkan siapa saja yang dalam pendam." [QS. Al-Hajj : 7]

Diambil dari Sumber Belajar Kemdikbud, kiamat kubra adalah saat hancurnya alam semesta dan saja yang ada didalamnya atas kehendak Allah SWT. Kiamat kubra ini bisa terjadi sesudah malaikat Israfil meniup terompet sangkakala yang pertama.

Kehancuran yang diartikan seperti, berlangsungnya kematian pada makhluk hidup, dunia jadi porak-poranda, hancur, dan binasa. Kehidupan manusia akan ganti dengan alam yang baru, yaitu alam akhirat.

Selainnya dalam surat Al Hajj diatas, gambaran kiamat kubra juga ada dalam surat-surat lain dalam Al Quran. Berikut ini adalah daftarnya:

1. QS. Az Zumar ayat 5

Ayat ini menerangkan saat malaikat Israfil mulai meniupkan terompet sangkakala. Diambil dari buku Pengantar Study Akidah Islam kreasi Umar Sulaiman Al Asyqar, tiupan pertama ini akan mengakhiri kehidupan di bumi dan langit.

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Maknanya: "Dan ditiuplah sangkakala, karena itu matilah siapakah yang di langit dan di bumi terkecuali siapakah yang diinginkan Allah. Selanjutnya ditiup sangkakala itu satu kali lagi, karena itu mendadak mereka berdiri menanti (keputusannya masing-masing)." [QS. Az-Zumar : 5]

2. QS. Yasin ayat 49-50

Surat yasin ayat 49-50 bercerita mengenai tiupan sangkakala yang mengerikan dan merusak. Waktu itu, semua orang bisa mendengarnya tetapi mereka tidak sempat berwasiat maupun kembali ke keluarganya masing - masing.

Berikut adalah ayatnya:

(49) مَا يَنْظُرُونَ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً تَأْخُذُهُمْ وَهُمْ يَخِصِّمُونَ

(50) فَلَا يَسْتَطِيعُونَ تَوْصِيَةً وَلَا إِلَىٰ أَهْلِهِمْ يَرْجِعُونَ

Maknanya: "Mereka tidak menanti tetapi satu pekikan saja yang hendak memusnahkan mereka saat mereka sedang berkelahi. Lantas mereka tidak sanggup membuat satu warisan juga dan tidak (juga) bisa kembali ke keluarganya." [QS. Yasin : 49-50]

3. QS. Al Insyiqaq ayat 1-4

Mengutip dari buku tafsir Kemenag, Allah SWT memvisualisasikan kiamat kubra yang ada pada surah Al Inssyiqaq ayat 1-4 sebagai bumi yang betul-betul hancur. Baik karena berlangsungnya bentrokan (tubrukan) dengan planet atau benda langit yang lain, maupun lenyap atau kacau-balaunya gaya gravitasi.

Selanjutnya, gunung-gunung juga turut remuk dan mengeluarkan apa yang dikandungnya.

إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ

وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ

وَإِذَا الْأَرْضُ مُدَّتْ

وَأَلْقَتْ مَا فِيهَا وَتَخَلَّتْ

Maknanya: "Jika langit terbelah, dan taat ke Tuhannya, dan telah seharusnya taat, dan jika bumi diratakan, dan memuntahkan apa yang telah ada didalamnya dan jadi kosong," [QS. Al-Inssyiqaq :1-4]

4. QS. Al Infithar ayat 2-3

Seirama dengan tafsir pada ayat diatas, surah Al Infithar ayat 2-3 memvisualisasikan kerusuhan semesta alam karena lenyapnya gaya gravitasi. Sampai bintang-bintang jatuh berantakan, tak lagi pada tempatnya.

Bahkan juga ketika hari kiamat tiba, batasan di antara satu laut dengan yang lain terbelah hingga air jadi melimpah. Lautan itu juga menenggelamkan semua dataran.

وَإِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْ

وَإِذَا الْبِحَارُ فُجِّرَتْ

Maknanya: "dan jika bintang-bintang jatuh berantakan, dan jika lautan jadi melimpah," [QS. Al-Infithar : 2-3]

5. QS. Al Zalzalah ayat 1-2

Gambaran kiamat kubra selanjutnya ada pada surah Al Zalzalah ayat 1-2. Dilukiskan jika bumi mengalami guncangan yang hebat. Hal tersebut mengakibatkan bumi menghamburkan isi perutnya yang terkubur berbentuk logam, harta simpanan, bahkan juga mayat-mayat dari kubur.

إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا

وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا

Maknanya: "Jika bumi digoncangkan dengan guncangan yang hebat, dan bumi sudah keluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya," [QS. Al-Zalzalah : 1-2]

6. QS. Al Qariah ayat 4

Saat hari kiamat datang, kondisi manusia seperti laron yang beterbangan di sekitar lampu saat malam hari. Ini untuk memvisualisasikan kondisi manusia yang tidak tahu dengan maksud tujuannya.

يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ

Maknanya: "Di hari itu manusia seperti laron yang beterbangan," [QS. Al-Qariah : 4]

Itu beberapa gambaran kiamat kubra yang ada pada surat-surat dalam Al Quran. Mudah-mudahan kita bisa ambil maknanya supaya makin berlomba dalam kerjakan amal kebaikan. 

Tanda -Tanda Kiamat Kubra

Tanda-tanda kiamat ini sudah banyak dijelaskan dalam Al-Quran. Namun meskipun begitu, masih jarang orang yang mengetahui secara detail kesepuluh tanda-tanda kiamat tersebut.

Inilah 10 tanda kiamat Kubra sebagaimana yang tercantum dalam Al-Quran, diantaranya:

1. Keluarnya asap yang disebut Dukhan

Dukhan ini bisa menyebabkan penyakit di kalangan orang beriman seperti penyakit selesma atau pilek. Sedangkan bagi orang-orang kafir, asap ini bisa mematikan.

2. Datangnya Dajjal

Kedatangan Dajjal membawa fitnah yang sangat besar. Fitnah ini akan menguji keimanan manusia, sampai-sampai banyak orang yang tertipu.

3. Datangnya Dabbah

Dabbah adalah makhluk yang sangat besar. Dabbah ini akan memberikan berbagai nasihat, bisa berbicara, bisa berpikir, serta menyebut manusia dengan membedakan sebutan antara yang mukmin dan yang kafir.

4. Matahari akan terbit dari Barat (tempat tenggelamnya)

Pada saat ini, Allah tidak akan menerima taubat dari orang yang berdosa serta iman dari orang-orang yang kafir.

5. Nabi Isa a.s turun ke bumi

Nabi Isa ini akan mematahkan seluruh salib yang telah dibuat oleh orang-orang Nasrani. Ia juga akan membunuh Dajjal.

6. Bangsa Yajuj dan Ma’juj akan keluar

Mereka akan membuat kerusakan di bumi. Bangsa Yajuj dan Ma’juj ini memiliki wujud yang ganji (kerdil) namun memiliki nafsu makan yang besar dan melebihi batas normal. Jika ada tumbuhan yang mereka makan, tumbuhan itu akan berhenti tumbuh dan kemudian mati. 

Begitu juga ketika mereka minum, jika mereka minum dari suatu tempat, airnya tidak lagi bertambah, bahkan menjadi kering. Orang-orang yang ada di sekitarnya juga akan menanggung akibatnya yaitu krisis air dan makanan.

7. Terjadinya gempa bumi yang sangat besar di wilayah Timur (Kemungkinan di Aceh).

8. Terjadinya gempa bumi di wilayah Barat (Negara-negara Barat).

9. Terjadinya gempa Bumi di Semenanjung Arab.

10. Munculnya api yang sangat besar yang menghalau manusia ke Padang Mahsyar. Api akan muncul dari sekitar Yaman.

Apa Itu Dajjal?

Dajjal

Munculnya Dajjal merupakan salah satu dari 10 tanda kiamat Kubra. Dalam Eskatologi Islam, Dajjal adalah tokoh kafir yang sangat jahat. Ia muncul ketika menjelang hari kiamat. Dajjal akan membawa fitnah yang besar sesuai dengan namanya Dajjal, yang berarti pembohong, penyamar, atau nabi palsu.

Berdasarkan pada kepercayaan di kalangan umat muslim, Dajjal digambarkan memiliki karakteristik berikut:

a. Mata kanan Dajjal buta, namun mata kirinya tetap bisa melihat tapi warnanya gelap. Dalam hadis, dijelaskan bahwa Dajjal akan datang dengan menunggangi keledai putih. Keledai putih tersebut memiliki langkah yang sangat panjang yaitu sekitar 1 mil untuk satu langkahnya. Keledai tersebut juga bisa menghembuskan asap, makan api, dan terbang.

b. Dajjal merupakan seorang pemuda dengan kulit kemerahan, gemuk, rambutnya keriting, mata yang kanan buta dan yang kiri hitam tidak bersinar.

c. Dajjal akan menipu para mukmin dengan mengajarkan tentang surga pada mereka, namun sebenarnya ajaran tersebut merupakan ajaran tentang neraka.

d. Pada dahi Dajjal akan muncul tulisan Arab Kaf Fa dan Ra yang dibaca kafir dengan arti kufur. Tulisan ini bisa dilihat oleh umat muslim dan mereka yang buta huruf.

e. Dajjal sangat ahli dalam menipu umat manusia.

f. Dajjal akan selalu mencoba untuk menempatkan manusia pada posisi Tuhan.

g. Dajjal bisa mendengar dan melihat di beberapa tempat sekaligus.

h. Dajjal juga akan menyatakan bahwa ia adalah Tuhan yang sebenarnya dan ia akan menipu umat manusia dalam pola pikirnya. Ia kemudian akan berkata bahwa ia sudah bangun. 

Ia kemudian akan membunuh tokoh yang penting dan menghidupkannya lagi. Kemudian Allah akan menghidupkan orang yang telah dibunuh Dajjal dan Dajjal ini tidak lagi memiliki kekuatan apapun.

i. Dalam ajaran Islam, dipercayai bahwa Dajjal akan muncul dari wilayah Isfahan.

Mereka yang menolak Dajjal dan tidak mempercayainya akan menderita kelaparan serta kemarau yang sangat panjang, sedangkan mereka yang mempercayai Dajjal akan hidup senang.

j. Dajjal tidak bisa masuk ke Makkah dan Madinah. Ini terjadi karena kedua kota tersebut telah dijaga oleh malaikat.

k. Dajjal akan dilawan oleh Imam Mahdi dengan atas nama Islam.

l. Dajjal akan dibunuh oleh Nabi Isa di dekat gerbang Lud. Wilayah ini kini merupakan wilayah Israel.

m. Dajjal akan membawa air dan api. Mereka yang meminta air akan diberikan api dan mereka yang meminta api akan diberikan air. 

Jika seseorang mempercayai Dajjal dan murtad dari agama Islam, ia akan memberikannya air. Tapi, jika seseorang tetap menjadi mukmin dan ada di jalan Allah, ia akan memberikannya api dan ia akan membunuhnya.

Melihat tanda-tanda kiamat di atas, rasanya kiamat memang sudah dekat. Kini banyak terjadi bencana alam yang sangat dahsyat. Sebut saja gempa bumi yang menelan korban hingga ratusan ribu jiwa. 

Bencana alam seperti ini kini banyak terjadi baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Kita sebagai umat muslim sudah sepantasnyalah memikirkan bekal yang akan kita bawa ke akhirat kelak. Jangan hanya memikirkan masalah duniawi saja.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan dalam artikel ini mengenai 10 tanda tanda kiamat kubra. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan tentunya kita sebagai umat Islam bisa lebih beriman kepada Allah SWT dan mempercayai Kiamat itu pasti datang dan kita akan kembali ke asalnya yaitu kepada Sang Maha Pencipta.

Post a Comment for " Inilah 10 Tanda - Tanda Kiamat Kubra"