Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggali Arti Akhlak dalam Islam

 

Menggali Arti Akhlak dalam Islam

Menggali Arti Akhlak dalam Islam - Banyak definisi tentang akhlak manusia. Ada yang menyebutnya sebagai norma atau nilai-nilai. Ada pula yang mengartikannya sebagai sopan santun atau tata krama. 

Semua penjelasan tentang makna akhlak di atas tidaklah salah, karena sopan santun ataupun nilai-nilai kesusilaan adalah perwujudan dari akhlak manusia.

Menurut agama sendiri, akhlak dalam Islam memiliki porsi yang cukup penting. Bahkan, ada sebuah perkataan dari nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa dirinya diutus menyebarkan risalah Islam di permukaan bumi salah satunya adalah untuk menjadikan akhlak manusia lebih sempurna.

Menggali Arti Akhlak dalam Islam

Akhlak manusia akan tampak dalam penampilan, perkataan ataupun tingkah laku seseorang. Berjalan dengan sopan dan menyapa tetangga adalah contoh akhlak yang baik, sedangkan melangkah dengan angkuh dan cuek adalah contoh akhlak yang buruk.

Berpakaian rapi, bersih dan wangi adalah sebuah perwujudan akhlak yang patut diacungi jempol, sebaliknya berbaju kotor, sekenanya dan asal pakai adalah gambaran akhlak yang tidak terpuji.

Cerminan akhlak juga muncul ketika diri ini berbicara dengan orang lain. Contohnya, berkata dengan lemah lembut dan ramah adalah ciri akhlak yang terpuji. Sebaliknya, berucap dengan kasar dan bernada tinggi merupakan sikap yang tidak pantas ditiru.

Sehingga akhlak dalam Islam bisa diartikan sebagai perwujudan sikap manusia di depan manusia yang lain, sesuai dengan tuntunan agama.

Belajar Agama Menumbuhkan Akhlak Mulia

Tidak bisa dipungkiri, agama merupakan pondasi dasar akhlak manusia. Seseorang bisa memahami mana perilaku yang baik dan mana yang buruk, melalui kacamata agama yang dianut.

Belajar agama dengan sungguh-sungguh akan menjadikan akal manusia sadar akan perlunya akhlak mulia. Saling menolong, membantu, dan tepo seliro adalah beberapa hal yang terbangun ketika akhlak berlandaskan agama telah dipelajari dengan utuh.

Ada dua dasar yang wajib dipelajari dalam agama Islam, sehingga akhlak yang utuh akan tercermin dalam individu manusia, yaitu:

Akidah Islam

Akidah Islam bisa disinonimkan dengan keimanan atau kepercayaan. Ada pula yang mengartikan akidah sebagai pondasi agama. Percaya kepada Allah SWT bukan hanya meyakini keberadaan Allah SWT sebagai pencipta saja, melainkan juga sebagai pemberi aturan tentang standar benar dan salah, termasuk akhlak manusia.

Syariah Islam

Adapun aturan-aturan yang telah ditetapkan Allah SWT secara nyata telah tertulis di dalam Al Qur’an sebagai wahyu-Nya. Juga terpola dalam perbuatan dan keputusan Rasulullah Muhammad SAW, sebagai utusan-Nya. 

Inilah yang dimaksud dengan syariah. Bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, berarti kumpulan aturan baik berupa perintah maupun larangan dari Allah Swt. sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Ibarat sebuah bangunan rumah, maka harus diperkuat pondasinya. Agar bangunan tersebut indah dan awet, maka Anda harus mematuhi benar aturan atau komposisi sebuah struktur rumah.

Akhlak manusia pun bisa terlihat indah jika pondasi pemahaman akidah Islamnya kuat, dan dibangun di atasnya sebuah bangunan akhlak yang sesuai dengan aturan syariah Islam.

Post a Comment for " Menggali Arti Akhlak dalam Islam"