Skip to main content

Materi Tarbiyah untuk Wanita Muslimah

 

Materi Tarbiyah untuk Wanita Muslimah

Materi Tarbiyah untuk Wanita Muslimah - Tarbiyah secara detil bisa disimpulkan sebagai usaha mendidik, memiara, meningkatkan dan menjaga nilai-nilai keshalehan seorang supaya masih tetap ada pada lingkaran jemaah golongan Muslimin, masih tetap loyalitas dengan pemhamaman dan penerapan semua wujud amal beribadah harian dan terawat dari beberapa hal yang jauh dari keridhaan Allah SWT.

Tarbiyah sebagai usaha pengamanan pada loyalitas seorang dalam melakukan tuntunan agamanya lewat beragam suplemen piranti-perangkat dan materi tarbiyah.

Semua piranti itu dikerjakan sebagai usaha kenaikan pengetahuan seorang pada Islam, memberikan dukungan proses tarbiyah dan menolong seorang mempertingkat keshalehan diri. Usaha tarbiyah sebagai usaha terus-terusan yang sudah dilakukan sepanjang umur, karena manusia sebagai tempat lupa dan lupa.

Urgensi Tarbiyah

Apa sebenarnya membuat tarbiyah itu jadi penting dan mendesak untuk manusia? Kenapa manusia memerlukan pengamanan diri lewat materi tarbiyah dan piranti-perangkatnya? 

Berikut sejumlah argumen kenapa manusia memerlukan tarbiyah, antara lain:

Karena manusia dibuat oleh Allah sebagai makhluk yang mempunyai karakter lupa. Karena itu tarbiyah dalam masalah ini berperan untuk mengingati dan jaga manusia dari fitrah lupanyanya itu. Meski begitu, memang dianggap jika tarbiyah tidak lalu jamin seorang akan masuk surga.

Tarbiyah bukan segalanya, tetapi segalanya itu bisa diraih lewat tarbiyah. Tarbiyah sebagai langkah dan fasilitas. Sedang beberapa orang yang sudah lewat tarbiyah ada banyak salah, bagaimana sama mereka yang tidak ingin tarbiyah?

Fitrah manusia memerlukan hidup mengelompok dan bermasyarakat. Manusia tidak bisa hidup sendiri, oleh karenanya seorang Muslim perlu tergabung dengan sebuah jemaah golongan Muslimin yang dipercayanya bisa bawa pada kebaikan diri baik di dunia atau akhirat. 

Dan tarbiyah tawarkan jemaah Muslimin yang bisa jaga seorang Muslim dari beragam keperluan diri sebagai manusia yang memerlukan kehidupan sosial (berjemaah). Karena manusia mempunyai perilaku karakter yang kurang kuat dan bodoh. 

Tarbiyah akan memberinya pencerahan pada kejahilan manusia dalam mengenali Tuhan dan agamanya. Lewat mediatoran pengetahuan, karena itu kehidupan seorang bisa menjadi jelas dan berkilau. 

Tarbiyah ajak seorang agar semakin belajar banyak dan membahas ilmu-ilmu yang bakal berguna untuk kehidupan seorang baik di dunia atau akhirat.

Tarbiyah untuk Muslimah

Muslimah sebagai salah satunya elemen yang cukup penting dalam Islam. Seorang wanita Muslim mempunyai peranan di beberapa sektor berkaitan agamanya. 

Lewat materi tarbiyah yang terterima oleh seorang Muslimah setiap pekannnya, diharap jika Muslimah itu sanggup tumbuh memberinya sumbangsih yang lumayan besar pada perjuangan gerak ceramah Islam dari muka bumi.

Berikut peranan dan aksi seorang Muslimah yang sudah tertarbiyah dan teratur mendapatkan suntikan piranti dan materi tarbiyah di tengah-tengah warga, agama dan keluarga.

Lewat tarbiyah, seorang Muslimah bisa mempertingkat pengetahuan dan wacananya. Tidak cuman masalah pengetahuan agama, tetapi beragam ketrampilan, kemampuan, kepimpinan dan lain-lain. 

Tarbiyah akan membuat seorang yang sebelumnya bodoh bisa menjadi pandai. Muslimah yang pandai pasti lebih berperan dalam agama daripada Muslimah bodoh. 

Lewat tarbiyah, seorang Muslimah diharap sanggup memberikan dukungan ceramah suami. Berikut kontributor yang cukup penting untuk seorang Muslimah yang sudah tertarbiyah. 

Dia akan memahami dan mengerti bagaimana beratnya beban ceramah yang dipikul suami hingga dia akan turut mengambil peranan pada perjuangan ceramah.

Dia akan memberikan semangat dan motivasi yang besar pada suaminya untuk lakukan ceramah, tidak justru kebalikannya menghalangi ceramah si suami.

Melalui tarbiyah, Muslimah akan sukses mendidik anak. Tarbiyah melahirkan pengetahuan yang bagus pada nilai-nilai agama. Pengetahuan itu akan berbuah pada kesabaran diri yang bagus. 

Bermodal kesabaran, seorang ibu akan sukses mendidik anaknya, ditambah dengan beragam pengetahuan penting yang dia dapatkan lewat tarbiyah. 

Lewat tarbiyah, seorang Muslimah akan sukses exist di tengah-tengah warga. Modal pengetahuan dan beragam kemampuan yang dipunyai oleh Muslimah akan mengantar dianya diperlukan oleh warga masyarakat.

Rekomendasi Topik Dari Penulis
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar