Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Doa Setiap Hari untuk Anak

 

Kumpulan Doa Setiap Hari untuk Anak

Kumpulan Doa Setiap hari untuk Anak - Seperti apakah kumpulan doa setiap hari untuk anak-anak itu? Lalu, apa faedah memperkenalkan kumpulan doa setiap hari pada anak? 

Saat sebelum menjawab langsung berkaitan beberapa pertanyaan yang disodorkan barusan, simak asalan keutamaan kumpulan doa untuk anak ini.

Anak seperti kertas putih yang sedikit tergesek oleh tinta-tinta kehidupan. Bila ingin menyaksikan dunia sebagai sebuah hal yang bagus dan membahagiakan tanpa beban, jadilah seperti anak-anak. 

Mereka selalu sama dengan ketulusan, kepolosan, dan kebaikan. Karakter-sifat baik yang dipunyai dengan alami oleh anak-anak bahkan juga sanggup menjatuhkan keangkuhan orang dewasa.

Anak-anak akan gampang terima beragam dampak yang dijumpainya. Oleh karena itu, nilai-nilai kebaikan perlu diberikan sejak awal kali. Salah satunya tuntunan kebaikan itu ialah dasar keagamaan. 

Hal paling simpel yang dapat dekatkan anak pada agamanya dengan berdoa. Kumpulan doa anak juga menjadi bimbingan untuk beberapa orang-tua untuk menuntun anaknya.

Kumpulan doa untuk anak sama dengan doa yang selalu dipanjatkan saat beraktivitas setiap hari. Mereka akan berdoa untuk beberapa hal yang menurut kita remeh. Anak kecil condong akan memiliki roda untuk kebaikannya dan beberapa orang yang mereka cintai. 

Mereka bahkan juga dapat berdoa untuk kakek tua renta yang lewat di depan mereka. Sebuah doa yang ikhlas juga terlempar dari bibir imutnya.

Pada beberapa sekolah taman kanak-kanak yang berdasarkan tuntunan agama Islam, mengingat beberapa kumpulan doa harian menjadi satu diantara persyaratan yang harus disanggupi. 

isa mengingat kumpulan doa setiap hari mengisyaratkan anak itu telah dalam tahapan sanggup terima info yang diberi oleh ke-2 orangtuanya. Ini nanti akan memudahkan proses belajar mengajarkan anak dengan gurunya.

Kumpulan doa yang umum diakrabkan dengan anak sejak dari kecil ialah doa-doa saat akan lakukan aktivitas setiap hari seperti doa sebelum dan setelah makan, saat sebelum tidur dan doa bangun tidur, doa saat sebelum belajar, doa setelah belajar, doa saat menggunakan pakaian, doa supaya jadi anak yang memiliki ilmu dan bermanfaat.

Berikut ialah kumpulan doa setiap hari untuk anak yang bakal menolongnya agar semakin mengenali tuntunan agama.

Kumpulan doa setiap hari untuk anak yang bakal diulas pertama kalinya dalam artikel ini ialah doa sebelum dan setelah makan. 

Mengajari anak berdoa lewat kumpulan doa setiap hari untuk anak sebagai langkah terbaik memberikan pengetahuan agama ke anak. Mengajari anak untuk berdoa saat sebelum makan otomatis sudah mengajari tata krama untuk anak.

Berdoa saat sebelum makan dapat menghindari anak dari selera makan terlalu berlebih karena dampak setan. Berdoa saat sebelum makan ialah "ketentuan" pertama yang bisa diaplikasikan saat sebelum "beberapa aturan" lain.

1. Doa sebelum makan:

Allahuma baarik lana fiimaa razaqtana wa qinaa adzaa-bannaar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami, peliharalah kami dari siksa neraka.”

2. Doa sesudah makan:

Alhamdulullahilladzi ath’amanaa wa saqaana wa ja’alanaa minal muslimiina

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami muslim.”

Kumpulan doa yang dibahas dalam artikel ini berikutnya adalah doa sebelum dan sesudah tidur. Percayakan anak Anda bahwa berdoa sebelum tidur dapat melilndunginya dari gangguan setan yang biasa menjadi hal menakutkan bagi mereka. 

Berdoa sebelum tidur juga dapat menghindarkan mereka dari mimpi buruk. Ceritakan manfaat berdoa sebelum tidur pada anak.

3. Doa sebelum tidur:

Bismika Allahumma ahyaa wabismikaa ammut

Artinya: “Dengan nama-Mu Ya Allah hidupku dan dengan nama-Mu pula Ya Allah matiku.”

4. Doa sesudah tidur (bangun tidur):

Alhamdulillahilladzi ahyana ba’dama amatana wailaihi nusyur

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit.”

Kumpulan doa yang selanjutnya adalah doa sebelum dan sesudah belajar. Berdoa sebelum dan sesudah belajar juga penting. 

Dengan berdoa Allah akan memudahkan masuknya ilmu ke dalam ingatan anak-anak. Gangguan bersifat kemalasan pun akan berkurang. Prestasi di sekolah pun akan meningkat.

Doa sebelum belajar:

Rodlittu billahirobba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawwarasulla robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya: “ Aku ridho Allah sebagai Tuhanku dan agama Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi dan utusan Allah. Ya Allah tambahkanlah aku ilmu, dan berikanlah aku karunia untuk memahaminya.”

Doa sesudah belajar:

Allahumma arinal haqqo haqqon warzuqnattibaa’ahu wa arinalbaathila baathulan warzuqnajtinaabahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kamu kebenaran sehingga kami dapat mengikutinya dan tunjukkanlah kepada kami kejelekkan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Kumpulan doa yang akan dibahas berikutnya adalah doa ketika memakai baju. seperti apa doa memakai baju tersebut? 

Berikut adalah doanya:

Allahumainni as aluka min khoirihi wa khoiri maa huwalahu wa a’uudzu bika min’syarrihii wa syarri maa huwalahu

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang ada di pakaian ini, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan pakaian ini dan dari kejahatan yang diakibatkan pakaian ini.”

Kumpulan doa yang berikutnya adalah doa menjadi anak yang berilmu. seperti apa doanya? 

berikut adalah doa agar menjadi anak yang berilmu dan berguna:

Allahummaj’alni wa auladi wa dzurriyati min ahlil khoiri wa la taj’alni wa iyyahummin ahlis su iwa ahlidh ghoiri warzuqni wa iyyahum ilman nafi’an wa rizqon wa si’aw wa khuluqon hasanan wattaufiqo lith tho’ati wa fahman nabiyyiin

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku, anak-anakku dan keluargaku termasuk dari golongan orang yang baik. Dan janganlah engkau jadikan aku serta mereka dalam golongan orang yang jahat dan orang yang membuat mudharat. Berilah rejeki kepadaku dan kepada mereka.”

Nah, itulah kumpulan doa setiap hari untu anak yang sebisa mungkin harus dihafal atau dilakukan oleh anak. Ada pengalaman menarik ketika membicarakan kumpulan doa sehari-hari bagi anak. Ya, penulis suka teringat kejadian waktu kecil dulu.

Ibu penulis selalu bilang "kalo makan ga baca doa dulu, nanti setan ikut makan lho, de". Atau " kalo mau tidur, Ade berdoa dulu ya, biar mimpinya indah." 

Kata-kata sederhana yang membuat penulis tak pernah melupakan doa sebelum makan meski kini penulis bukan lagi anak-anak.

Sepertinya, agar anak merekam dengan baik mengapa mereka harus harus menghapal kumpulan doa sehari-hari, Anda sebagai orangtua harus bisa memilih alasan sederhana yang real dan bisa diterima oleh anak-anak, seperti yang pernah ibu penulis lakukan dahulu.

Tak hanya dengan cara menakuti anak saja supaya anak-anak bisa menghafal kumpulan doa. Membiasakan anak untuk membacanya setiap hari di waktu yang tepat akan jauh lebih efektif bagi si anak untuk menghafal kumpulan doa.

Post a Comment for "Kumpulan Doa Setiap Hari untuk Anak"