Skip to main content

Akhlak dalam Keluarga

 

Akhlak dalam Keluarga

Akhlak dalam Keluarga - Jika kita berbicara tentang akhlak dalam keluarga, tentu tidak terlepas dari pola sikap antaranggota keluarga. Bagaimana tingkah laku ayah terhadap ibu, ibu terhadap ayah, ayah terhadap anak, ibu terhadap anak, anak terhadap sesama saudara, dan anak terhadap kedua orang tua, adalah wujud akhlak dalam keluarga.

Sikap terpuji antar anggota keluarga menjadikan sebuah keluarga menjadi harmonis dan penuh cinta. Demikian pula sebaliknya. Apabila keluarga tidak dihiasi dengan akhlak yang baik, ketentraman keluarga bisa jadi di ujung tanduk. 

Keluarga yang terbangun selama ini menjadi tidak harmonis. Apalagi, bahagia. Sebuah akhlak mulia perlu dipupuk sedikit demi sedikit sehingga membuahkan kenyamanan dalam berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain.

Akhlak Antara Ayah dan Ibu

Di dalam Islam, ayah dan ibu atau suami dan istri memiliki hak dan kewajiban sama meskipun tugas masing-masing berbeda. Sang ayah sebagai kepala rumah tangga mempunyai tugas untuk memberi nafkah atau rezeki bagi seluruh anggota keluarga, termasuk sang istri.

Ayah ibarat seorang masinis di kereta api rumah tangga karena segala keputusan ayah menjadi pilihan bagi keluarganya. Demikian pula dengan sang ibu. 

Seorang ibu mempunyai kewajiban mengurus rumah tangga dengan penuh tanggung jawab dan keteladanan. Ibu juga memiliki kewajiban memberikan saran dan masukan kepada suami untuk mengatur arah gerbong keluarganya kelak.

Di sini, pentingnya sebuah komunikasi antara ayah sebagai suami dan ibu sebagai istri karena keduanya hidup berdampingan dan tidak bisa dipisahkan dalam satu kesatuan keluarga.

Komunikasi yang baik merupakan awal terarahnya sebuah bahtera keluarga. Tentu sang ayah harus berbicara dengan lemah lembut kepada sang istri, demikian pula sebaliknya.

Akhlak Antara Orang Tua dan Anak

Islam sebagai agama yang sempurna dan mengatur semua sisi kehidupan manusia, termasuk keluarga, juga menjelaskan secara gamblang tentang akhlak orang tua terhadap anak dan anak kepada kedua orang tuanya.

Sebagai orang tua, sejak dilahirkan, Islam mengajarkan supaya kedua orang tua memberikan nama yang terpuji bagi putra-putrinya. 

Nama ibarat doa yang selalu teriring di setiap langkah sang buah hati. Islam juga memberikan petunjuk bagaimana orang tua wajib memperlakukan putra-putrinya dengan penuh kasih sayang dan kebajikan.

Di sisi lain, seorang anak wajib taat kepada kedua orang tuanya, apapun keputusan ayah dan ibu, selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama. Tentu di sini perlu adanya suri tauladan keindahan perilaku dari kedua orang tua.

Akhlak kebaikan yang dicontohkan dalam Islam adalah berpamitan dan mengucap salam setiap kali masuk ataupun keluar rumah. Contoh lain adalah menjawab setiap panggilan ayah dan ibu dengan balasan yang lembut dan sopan.

Dengan munculnya akhlak dalam keluarga melalui perbuatan saling memahami, pribadi yang mulia akan terwujud dan keluarga yang harmonis bukan lagi sebuah impian, melainkan sudah menjadi kenyataan.

Rekomendasi Topik Dari Penulis
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar