Skip to main content

Pengertian Niat Dalam Ibadah

Pengertian Niat Dalam Ibadah
credit:freepik

Pengertian Niat Dalam Ibadah - Niat secara bahasa adalah maksud dan keinginan hati untuk melakukan sesuatu.

Sedangkan pengertian niat menurut syariat adalah keinginan hati untuk menjalankan ibadah baik yang ibadah wajib atau ibadah sunnah. Keinginan akan sesuatu seketika itu atau untuk waktu yang akan datang juga disebut niat.

Hukum Niat dalam Ibadah

Dalam ajaran agama Islam, segala perbuatan ibadah wajib di dahului dengan niat. Artinya hukum niat dalam setiap ibadah adalah wajib. 

Allah SWT telah berfirman :

وما أمروا إلا ليعبدوا الله مخلصين له الدين

Artinya : 

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya.." [QS Al-Bayyinah : 5]

Dan makna ikhlas pada ayat diatas ( مخلصين ) adalah niat. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

إنما الأعمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نوى

Artinya : "Setiap amalan-amalan (harus) dengan niat. dan setiap orang mendapatkan (ganjaran) sesuai niatnya."

Tempat Niat

Tempat niat adalah didalam hati kita sendiri. Jika seseorang berniat wudhu dalam hati kemudian dia berwudhu maka sah wudhunya, walaupun dia tidak melafadzkan niat tersebut. 

dalam niat tidak diharuskan mengucapkannya dengan lisan, akan tetapi cukup dalam hati. Jika seseorang berniat dalam hati dan mengucapkannya dengan lisan maka itu akan lebih sempurna. Pada prinsipnya niat adalah sebuah keikhlasan maka tempatnya adalah di dalam hati.

Sedangkan menurut pendapat dari Madzhab Malikiyah niat hanya dalam hati, karena Rasulullah shallahu 'alaihi wasallam dan para sahabatnya tidak pernah mengucapkan niat dengan lisan.

Apakah Niat itu Rukun atau Syarat dalam Ibadah?

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa niat itu rukun dari sebuah ibadah, dan sebagian yang lain berpendapat bahwa niat itu syarat ibadah. 

Akan tetapi mereka (para ulama) juga bersepakat bahwa ibadah itu tidak sah jika tidak disertai dengan niat. Artinya seseorang yang berwudhu tanpa melafadzkan niat, maka wudhunya batal (tidak sah).

Demikianlah Pengertian Niat Dalam Ibadah. Semoga uraian singkat ini bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Rekomendasi Topik Dari Penulis
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar