Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Shalat Dhuha Untuk Rezeki

Manfaat Shalat Dhuha Untuk Rezeki
credit:instagram@mizanamanhbanyumas

Manfaat Shalat Dhuha Untuk Rezeki

Shalat adalah salah satu bentuk ibadah umat Islam. Selain shalat wajib, ada juga shalat sunnah, dan salah satu contohnya adalah shalat dhuha. Lalu, seperti apa do'a shalat dhuha tersebut? Apa manfaat dan keutamaan shalat dhuha?

Rezeki Harus Dicari

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa rezeki itu tidak turun begitu saja dari langit, akan tetapi harus dicari. Bagaimana cara mencarinya? Tentu saja dengan cara bekerja keras. Namun rezeki tidak cukup dengan bekerja saja, akan tapi juga harus didukung dengan do'a - do'a yag lain.

Semua urusan akan lancar jika dibarengi (diiringi) dengan doa dan atas kuasa-Nya. Oleh karena itu, giat bekerja itu adalah sebuah hal yang sangat bagus, tetapi jangan sampai lupa dengan kewajiban kita untuk beribadah.

Bagi umat muslim, shalat 5 waktu adalah ibadah yang wajib. Maksudnya wajib adalah jika dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak akan mendapat dosa. Sekali saja meninggalkan shalat, dosanya amat besar.

Dan memang benar, jika shalat 5 waktu dapat membuka jalan rezeki. Namun jika ingin mendapatkan rezeki yang lebih, maka ibadahnya juga harus lebih baik lagi. Contohnya dengan menjalankan ibadah shalat - shalat sunnah.

Sholat sunnah itu sangat beragam, salah satu contohnya adalah shalat dhuha. Shalat dhuha bisa dikatakan sebagai salah satu ibadah yang manjur sebagai penarik rezeki atau pembuka rezeki.

Sholat Dhuha

Shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha. Kapan waktu dhuha itu? Waktu dhuha dimulai ketika matahari naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira jam 7 pagi). Batas waktu dhuha adalah sampai dengan memasuki waktu dzuhur.

Apakah pelaksanaan shalat dhuha sama dengan shalat wajib? Jumlah rakaat shalat dhuha minimal adalah 2 rakaat dan maksimal adalah 12 rakaat. Untuk setiap 2 rakaat, dilakukan dengan sekali salam.

Hukum Shalat Dhuha

Sebelum mengenal lebih jauh tentang shalat dhuha, kita harus tahu dulu hukumnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa shalat dhuha merupakan salah satu jenis ibadah yang hukumnya sunnah.

Lalu, apa yang dimaksud dengan hukum sunnah? Sunnah adalah sebuah perkara yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala, namun jika tidak dikerjakan tidak berdosa. Jadi, kalaupun kita tidak melakukannya, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Jika shalat wajib lebih bagus dilakukan secara berjamaah, lain halnya dengan shalat dhuha. Shalat dhuha  pada dasarnya adalah shalat yang dikerjakan secara munfarid (sendiri).

Surah yang Disunahkan Saat Shalat Dhuha

Pada dasarnya bacaan yang dipakai dalam shalat dhuha itu bebas. Namun ada beberapa surah yang paling baik dibaca ketika mengerjakan shalat dhuha. Di antaranya adalah surah Al-Waqiah, Surah Ad-dhuha, Surah Al-Kafirun, Surah Al-Ikhlas, Surah Asy-Syams, dan Surah Quraisy.

Namun di antara surah-surah tersebut, surah yang paling disunahkan saat melaksanakan sholat dhuha pada rakaat pertama adalah surah Asy-Syams. Kemudian pada rakaat kedua membaca surah Ad-Dhuha.

Jika jumlah rakaatnya lebih dari dua, maka pada setiap rakaat pertama disunahkan untuk membaca surah Al-Ikhlas. Sementara itu, setiap rakaat keduanya disunahkan untuk membaca surah Al-Ikhlas.

Doa Sholat Dhuha

Setiap beribadah, kita pasti memanjatkan do'a, begitu pula halnya ketika mengerjakan shalat dhuha. Dalam shalat dhuha juga ada do'a yang dipanjaatkan.

Pada dasarnya ketika selesai shalat dhuha boleh membaca do'a apapun. Pernah Nabi SAW yang bahkan seusai shAlaat dhuha beristigfar kemudian dilanjut dengan membaca do'a lain, itu diperbolehkan.

Namun di antara banyak do'a, do'a yang paling sering digunakan selepas shAlat dhuha adalah sebagai berikut:

“Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ismata ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-I fa-anzilhu, wa in kana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana muassaroon fa yassirhu, wa in kana haroman fathohirhu, wa in kana baidan faqoribhu bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, atini atayta ibadakas solihin."

Manfaat Sholat Dhuha

Faedah atau manfaat dari shalat dhuha ini amat besar. Bagi siapa saja yang meluangkan waktunya untuk shalat dhuha, Allah akan melapangkan segala hal, terutama rezeki.

Selain itu, sholat dhuha juga bermanfaat bagi kesehatan. Apa manfaatnya? Berdasarkan penelitian, sholat dhuha ternyata mampu menguatkan otot beserta tendonnya. Hal ini dikarenakan, gerakannya teratur, sehingga menguatkan sendi dan berefek luar biasa terhadap system kardiovaskular.

Disamping itu, shalat dhuha juga bermanfaat untuk mencegah stress dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan, dengan shalat dhuha maka akan mengeluarkan zat endorphin dan enkafalin yang melenyapkan ketegangan.

Bahkan pahala shalat dhuha sama halnyaa dengan orang yang bersedekah setiap harinya. Jadi, kalau tidak mampu untuk bersedekah secara langsung, gantilah dengan shalat dhuha.

Manfaat lainnya, siapa saja yang melaksanakan shalat dhuha sebanyak 12 rakaat, Allah janjikan istana surga untuknya. Siapa coba yang menolak jika dibangunkan istana surga? Semua orang pasti mau.

Kemudian, bagi siapa saja yang melaksanakan shalat sunnah dua secara terus menerus, insya allah akan diampuni semua dosanya. Sekalipun dosanya melebihi luas lautan di bumi ini. Subhanallah.

Seperti yang kita ketahui, semua yang terjadi di dunia ini sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa. Meskipun begitu, bukan berarti kita hana pasrah dengan segala yang terjadi, melainkan harus berusaha untuk mendapatkan yang terbaik, misalnya dalam hal rezeki.

Rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. Jika memang rezeki yang diperoleh kurang mencukupi kebutuhan sehari-hari, mungkin ini pertanda Anda harus bekerja lebih giat lagi. Mungkin juga Anda rajin bekerja, namun lupa berdo'a.

Ibadah Lainnya

Sebenarnya ada ibadah lainnya yang bisa kita lakukan untuk memudahkan segala hal, baik untuk urusan duniawi ataupun ukhrawi. Apa itu? Salah satunya adalah dengan shalat tahajud.

Iya, selain shalat dhuha, shalat tahajud juga punya banyak manfaat. Namun secara garis besar, manfaat sholat tahajud adalah untuk memudahkan segala urusan. Bahkan dalam sebuah hadits dinyatakan bahwa barang siapa yang menjalankan shalat tahajud, akan dikabulkan do'anya.

Shalat tahajud merupakan salah satu ibadah shalat sunnah. Apabila dikerjakan mendapat pahala, dan bila ditinggalkan tidak mendapat dosa. Shalat tahajud hampir sama tata caranya dengan shalat dhuha.

Perbedaan shalat tahajud dan dhuha terletak pada niat, doa, dan waktunya. Jika shalat dhuha dikerjakan setelah terbit fajar antara jam 7 sampai dengan jam 9. Sementara shalat tahajud dikerjakan pada waktu tengah malam.

Pelaksanaannya yang tengah malam itu, yang membuat shalat tahajud besarfaedahnya. Bagaimana tidak, disaat yang lain sedang tidur lelap bahkan bermimpi, kita malah terbangun dan melaksanakan ibadah shalat tahajud

Sudah tahu kan, betapa melimpahnya manfaat sholat sunnah dhuha. Ingin mendapatkan manfaatnya? Yuk, biasakan shalat dhuha setiap hari, beribadah sekaligus menabung amal untuk akhirat nanti.

Jadi, rezeki itu bukan dinanti, tetapi dicari. Bagaimana cara mencarinya? Iya tentunya dengan bekerja keras. Kalaupun sudah bekerja keras tapi belum bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, berdo'alah kepada Allah.

Apapun masalahnya, apapun cobaannya, semua pasti ada jalannya. Dan sebaik-baiknya pemberi solusi adalah Allah SET. Jadi kalau ada masalah, meminta petunjuklah kepada Yang Maha Kuasa agar diberi kemudahan untuk melewati cobaan itu.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat shalat dhuha untuk rezeki dan do'a sholat tahajud serta faedahnya. Semoga ulasan yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Manfaat Shalat Dhuha Untuk Rezeki"