Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Doa - Doa Menjelang Akhir Bulan Ramadhan Lengkap dengan Artinya

Daftar Doa - Doa Menjelang Akhir Bulan Ramadhan Lengkap dengan Artinya
credit:freepik

Bulan Ramadhan tahun ini akan segera berakhir dan hanya tinggal hitungan jam saja. Sungguh sedih rasanya harus berpisah dengan bulan Ramadhan, karena kita begitu merasakan nikmatnya beribadah selama sebulan penuh. 

Nuansa religius dan kerohanian sangat terasa selama bulan Ramadhan, dan semua itu akan segera berlalu pergi meninggalkan kita semua. Kita hanya bisa berdo'a kepada Allah SWT agar dapat dipertemukan kemabli dengan bulan Ramadhan tahun yang akan datang.

Berakhirnya bulan Ramadhan juga dapat dijadikan sebagai bahan renungan untuk menyongsong kehidupan yang akan kita jalani dimasa yang akan datang.

Hal ini agar kebaikan yang telah kita jalankan dan kita kerjakan selama bulan Ramadhan tetap terjaga dengan sebaik-baiknya di bulan-bulan yang lain, tidak hanya pada saat Ramadhan saja.

Mengutip dari portaljember.com, dari situs Hajinews.id, Ada sebuah nasihat yang disampaikan oleh seorang ulama yang bernama Imam Al-Fudhail bin Iyadh Rahimahullah. Sebagaimana dinukil dalam kitab Hilyatul Auliya, beliau pernah mengatakan:

تُحْسِنُ فِيمَا بَقِيَ ، يُغْفَرُ لَكَ مَا مَضَى وَمَا بَقِيَ

Artinya:

“Seandainya di hari-hari terakhir yang tersisa ini, engkau berbuat baik, memanfaatkan secara maksimal hari-hari yang tersisa ini, maka kekuranganmu yang telah lampau dan yang akan datang akan diampuni oleh Allah.”

Maksud dari pernyataan diatas adalah, jika beberapa hari ini telah maksimalkan ibadah, minimalkan kekurangan-kekurangan, maka kesalahan-kesalahan, kekurangan-kekurangan yang telah lampau dan yang akan datang bakal diampuni oleh Allah. 

Akan tetapi beliau juga berkata:

فَإِنَّكَ إِنْ أَسَأْتَ فِيمَا بَقِيَ أُخِذْتَ بِمَا مَضَى وَمَا بَقِيَ

Artinya:

“Tapi seandainya di hari-hari yang terakhir ini justru engkau tutup dengan keburukan, semakin parah engkau tidak peduli dengan bulan Ramadhan, maka engkau akan diazab atas dosa-dosa yang telah lampu dan yang akan datang.”

Sebagai seorang Muslim, kita memang pantas untuk bersedih karena akan ditinggalkan oleh Bulan Ramadan yang bergelimang  dengan pahala dan ampunan dari Allah SWT.  

Dalam sebuah hadits, Nabi SAW telah bersabda: 

إذَا كَانَ اَخِرُ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ بَكَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ وَالْمَلاَئِكَةُ مُصِيْبَةً لِاُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قِيْلَ اَيُّ مُصِيْبَةٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم هِيَ ذَهَابُ رَمَضَانَ لِاَنَّ الدَّعْوَاتِ فِيْهِ مُسْتَجَابَةٌ وَالصَّدَاقَةَ مَقْبُوْلَةٌ وَالْحَسَنَاتِ مُضَاعَفَةٌ، وَاْلعَذَابَ مَدْفُوْعٌ 

Artinya:

“Ketika tiba akhir malam Ramadlan, langit, bumi dan malaikat menangis karena adanya musibah yang menimpa umat nabi Muhammad SAW. (Sahabat) bertanya, “Musibah apakah wahai Rasulullah?” Nabi menjawab, “Berpisah dengan bulan Ramadlan, sebab pada bulan ini do’a dikabulkan dan shadaqah diterima. Kebaikan dilipatgandakan dan siksa dihentikan".

Dan di pengujung bulan Ramadhan ini, penting kiranya bagi kita semua untuk memanjatkan doa akhir Ramadhan agar apa yang menjadi hajat kita dan amal ibadah kita selama bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT. 

Berikut ini adalah bacaan do'a yang dibaca oleh Rasulullah SAW di akhir bulan Ramadhan, yaitu: 

1. Doa Mohon Dipertemukan Dengan Bulan Ramadan Yang Akan Datan

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْع لْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا 

Allahuma laa taj'alhu aakhiril'ahdi min shiyaminaa iyyaahu, fain ja'altahu faj'alnii marhuuman walaa taj'alnii mahruuman. 

Artinya:

"Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi."

2. Doa Mohon Ampunan

 Ada satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepada istrinya yakni Sayyidah ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, sebagai berikut:

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku.” [HR. Ahmad 25384, At-Turmudzi 3513, Ibn Majah 3850, An-Nasai dalam Amal Al-yaum wa lailah, dan Al-Baihaqi dalam Syua’bul Iman 3426.Hadis ini dinilai shahih oleh Al-Albani].

3. Doa Mohon Agar Ibadah Puasa Diterima

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَمَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتِلَاوَتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ 

Artinya:

"Wahai Tuhan kami,terimalah puasa kami, shalat kami, ruku' kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" 

4. Doa Diselamatkan Api Neraka

 اللهم إنا نسألك رضاك والجنة ونعوذ بك من سختك والنار، اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّا.

Artinya:

"Semoga Allah SWT mengampuni semua dosa-dosa kita, menerima semua amalan kita di bulan ramadhan, semoga Allah menyelamatkan kita dari api neraka."

5. Doa Mohon Amalan Diterima 

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً 

Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan

Artinya: 

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” 

6. Doa Permohonan Keselamatan 

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِرِضَاك مِنْ سَخَطِك وَبِمُعَافَاتِك مِنْ عُقُوبَتِك وَأَعُوذُ بِك مِنْك لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْك أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْت عَلَى نَفْسِك

Artinya:

“Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu. Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri,” [HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah] 

7. Membaca syahadat (3x)

 أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ 

Artinya, 

“Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.”

8. Istighfar (3x)

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal 'azhiima-lladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, wa atuubu ilaih.

Artinya:

"Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya."[HR. Abu Dawud 2/85, At-Tirmidzi 5/569, Al-Hakim]

Semua hari di bulan Ramadhan sangat istimewa dan semua umat muslim disarankan untuk melakukan ibadah dengan baik. Namun, 10 hari terakhir di bulan Ramadhan sangat istimewa. Ada banyak keutamaan di sepertiga bulan terakhir itu hingga Rasulullah SAW pun mengencangkan ibadahnya.

Setidaknya, apa yang dikerjakan Nabi SAW ini disebabkan beberapa faktor, antara lain: 

Pertama, sepuluh hari terakhir adalah merupakan penutup bulan Ramadhan yang penuh berkah. Dan setiap amalan manusia akan dinilai dari amalan penutupnya. 

Kedua, 10 malam terakhir di bulan Ramadhan adalah malam-malam yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW. 

Ketiga, kerinduan akan datangnya keindahan lailatul qadar atau malam kemuliaan yang keutamaan beribadahnya melebihi beribadah sepanjang 1000 bulan.

Keempat, Nabi SAW memberikan contoh kepada umatnya agar tidak terlena dalam kesibukan mempersiapkan kebutuhan hari raya sehingga melupakan keutamaan beribadah di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. 

Kalimat “Melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut” sebagai anjuran dan keteladanan dari Rasulullah SAW dalam memotivasi umatnya untuk menambah giat dalam beribadah.

Itulah ulasan artikel mengenai  Daftar Doa - Doa Menjelang Akhir Bulan Ramadhan Lengkap dengan Artinya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for " Daftar Doa - Doa Menjelang Akhir Bulan Ramadhan Lengkap dengan Artinya"