Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Lafadz Takbiran di Malam Idul Fitri Versi Panjang dan Pendek Lengkap Dengan Artinya

Takbiran
credit:freepik

Bulan Ramadhan, bulan yang penuh dengan keberkahan dan keagungan akan segera berlalu meninggalkan kita. Ada terbersit kesedihan yang mendalam dibenak umat Muslim karena harus berpisah dengan bulan mulia ini.

Kesedihan kita semakin bertambah karena tidak ada jaminan bahwasannya tahun depan kita akan dapat berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan. Kita hanya dapat berdo'a kepada Allah SWT agar umur kita di panjangkan agar dapat berjumpa kemabli dengan bulan Ramadhan tahun depan.

Seiring dengan berakhirnya bulan Ramadhan maka kita akan memasuki bulan Syawal atau bulan kemenangan. 

Seluruh umat muslim di seluruh penjuru dan belahan dunia manapun bersuka cita dan penuh dengan kegembiraan menyambut datang bulan kemenangan. Ya, besok hari adalah tanggal 1 Syawal 1442H, yang merupakan hari raya Iedul fitri.

Sebelum merayakan hari raya Iedul Fitri esok hari, seluruh umat Muslim di seluruh dunia di anjurkan untuk mengumandangkan Takbir, Tasbih dan Tahmid, memuji kebesaran Allah SWT.

Bagaimanakah bacaan takbir yang benar itu? Bacaan takbir yang biasa di kumandangkan pada malam takbiran terbagi menjadi dua, yakni bacaan takbir pendek dan panjang. 

Berikut ini adalah bacaan takbir tersebut, sebagai berikut:

1. Bacaan takbir di malam takbiran versi pendek

اللهُ اكبَرْ، اللهُ اكبَرْ اللهُ اكبَرْ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر، اللهُ اكبَرُوَِللهِ الحَمْد

"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, Laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd."

Artinya:

"Allah maha besar! Allah Maha besar! Allah Maha besar! Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha besar Allah Maha besar, dan segala puji bagi Allah."

2. Bacaan takbir di malam takbiran versi panjang (Lengkap)

اللهُ اكبَرْ، اللهُ اكبَرْ اللهُ اكبَرْ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر، اللهُ اكبَرُوَِللهِ الحَمْد

اللهُ اكبَرْ كبيْرًا والحَمدُ للهِ كثِيرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيلا، لااله اِلااللهُ ولانعْبدُ الاإيّاه، مُخلِصِينَ لَه الدّ يْن، وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُون، وَلَو كرِهَ المُنَافِقوْن، وَلَوكرِهَ المُشْرِكوْن، لاالهَ اِلا اللهَ وَحدَه، صَدَق ُوَعْدَه، وَنَصَرَ عبْدَه، وَأعَزّجُندَهُ وَهَزَمَ الاحْزَابَ وَاحْدَه، لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر، اللهُ اكبَرُ وَِللهِ الحَمْ

"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, Laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd.

Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wasubhaanallaahi bukrataw-wa ashillaa.

Laa-ilaaha illallallahu walaa na’budu illaa iyyaahu, mukhlishiina lahuddiin, walau karihal-kaafiruun. Walau karihal munafiqun. Walau karihal musyriku.

Laa-ilaaha-illallaahu wahdah, shadaqa wa’dah, wanashara ‘abdah, wa-a’azza-jundah, wahazamal-ahzaaba wahdah.

Laa-ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar walillaahil-hamd."

Artinya:

"Allah maha besar! Allah Maha besar! Allah Maha besar! Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha besar Allah Maha besar, dan segala puji bagi Allah.

Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-sebanyak puji, dan Maha suci Allah sepanjang pagi dan sore, tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya, dengan memurnikan agama Islam, meskipun orang-orang kafir, orang-orang munafiq, orang-orang musyrik membencinya.

Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dengan ke Esaan-Nya, Dia dzat yang menepati janji, dzat yang menolong hamba-Nya dan memuliakan bala tentara-Nya dan menyiksa musuh dengan ke Esaan-Nya. tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji hanya untuk Allah."

Tonton Video Takbiran Berikut ini: credit to chanel Haneef La.


Demikianlah artikel tentang Bacaan Lafadz Takbiran di Malam Idul Fitri Versi Panjang dan Pendek  Lengkap  Dengan Artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Semoga puasa kita selama bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT, dan kita dapat merayakan hari kemenangan yakni Iedul Fitri 1 Syawal 1442 H ini dengan penuh kegembiraan walaupun kita masih berada di tengah pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir.

Selamat merayakan Hari Raya Iedul Fitri 1 Syawal 1442 H, Minal Aidhin wal Faidzin, Mohon maaf lahir dan batin.

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْم

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

Posting Komentar untuk "Bacaan Lafadz Takbiran di Malam Idul Fitri Versi Panjang dan Pendek Lengkap Dengan Artinya"