Skip to main content

Pahami 16 Tanda Tanda Orang Akan Meninggal Dunia

Tanda Tanda Orang Akan Meninggal

Pahami 16 Tanda Tanda Orang Akan Meninggal Dunia - Mati adalah sebuah keniscayaan bagi setiap mahluk hidup. Kematian merupakan salah satu fase yang harus dijalani oleh semua makhluk yang pernah merasakan kehidupan, termasuk kita sebagai manusia. 

Kematian, sebagaimana jodoh dan rezeki merupakan salah satu misteri bagi semua makhluk hidup karena tidak bisa diprediksi oleh siapapun, kapan waktunya, dimana tempatnya dan bagaimana cara kematian itu akan datang. 

Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur'a surah Ali Imran ayat ke 185, sebagai berikut:

لُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Artinya:

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan." [QS. Ali-Imran:185]

Kematian adalah peristiwa yang tidak bisa diprediksi kapan kedatangannya karena merupakan salah satu dari kehendak Allah SWT. Seorang peramal atau paranormal yang paling sakti dan handal sekalipun tidak akan bisa memprediksi dengan tepat kapan waktu datangnya kematian, bahkan untuk dirinya sendiri.

Walaupun kematian adalah rahasia dan kehendak dari Allah SWT, kapan kematian akan datangbisa kita lihat dari tanda-tanda orang yang akan meninggal dunia. Tanda - tanda tersebut dapat dilihat secara fisik meskipun Anda bukan orang pintar atau berlatar belakang medis.

Terkadang kita sering di buat terheran - heran karena orang yang menderita penyakit parah selama bertahun - tahun akan tetapi tetap hidup hingga sekarang, di sisi yang lain kadang ada orang yang kelihatannya sehat - sehat saja tiba - tiba meninggal dunia.

Menurut beberapa literatur, ada sejumlah tanda - tanda fisik dari seseorang yang akan meninggal dunia, dimana tanda - tanda fisik tersebut akan terlihat sejak 40 hari sebelum kematiannya. Namun demikian, kita tentu tidak bisa membaca tanda - tanda tersebut karena kita tidak mungkin untuk memperhatikan setiap orang satu persatu.

Biasanya, setelah kematiannya barulah kemudian orang - orang bercerita bahwa mereka melihat almarhum tersebut memang terlihat berbeda dari biasanya beberapa waktu sebelum kematiannya.

Pahami 16 Tanda Tanda Orang Akan Meninggal Berikut Ini:

1. Terjadinya Pembengkakan

Pada orang yang mengalami sakit, bebrapa waktu sebelum kematiannya biasanya akan mengalami beberapa pembengkakan di bagian tubuhnya. Memang pembengkakan merupakan hal yang biasa dan lumrah serta bisa terjadi kapan saja namun sebagian besar orang yang akan meninggal dunia karena sakit akan mengalami pembengkakan terlebih dahulu di beberapa bagian tubuhnya.

Adapun bagian tubuh yang sering mengalami pembengkakan adalah bagian tangan dan kaki serta bagian tubuh lainnya yang sampai saat ini masih menjadi sebuah pertanyaan mengapa pembekakan tersebut terjadi.

Memang pembengkakan juga bisa diindikasikan bahwa terjadi masalah di dalam kinerja jantung sedangkan jantung merupakan salah satu organ yang akan menentukan seseorang akan tetap hidup atau tidak.

2. Luka Yang Sulit Disembuhkan

Tanda - tanda fisik lain yang biasa dialami oleh seseorang yang akan meninggal dunia adalah terjadinya proses penyembuhan luka dalam jangka waktu yang lama. Luka tersebut belum tentu luka yang besar namun juga bisa dalam bentuk luka yang kecil saja. 

Proses penyembuhan luka yang memakan waktu lama ini dikarenakan karena di dalam luka tersebut sudah mengalami infeksi dan kemungkinan sudah menyebar ke organ lainnya di dalam tubuh orang tersebut.

Berdasarkan kenyataan yang ada, tidak sedikit orang yang meninggal dunia karena disebabkan oleh luka kecil yang dimilikinya. Oleh karena itu, jika Anda atau kerabat Anda memiliki luka yang tak kunjung sembuh sebaiknya periksakan segera ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut apakah infeksi sudah menyebar dalam tubuh ataukah belum.

Dengan memeriksakan luka tersebut ke dokter, maka tentu akan mendapatkan perawatan luka secara tepat secara medis.

3. Jeda Ketika Bernafas

Ciri selanjutnya dari orang yang akan meninggal dunia biasanya akan memiliki jeda ketika bernafas karena adanya gangguan dari sistem pernafasannya. Ini sangat berbahaya karena jeda dalam bernafas bisa menganggu kinerja organ jantung dan membuat jantung akan mengalami kegagalan dalam bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan membuat hilangnya nyawa. 

4. Nafsu Makan Hilang

Hilangnya nafsu makan bukan hanya dialami oleh seseorang yang sedang mengalami patah hati akibat hubungan asmara yang kandas di tengah jalan saja, akan tetapi juga bisa menjadi salah satu tanda - tanda bahwa orang tersebut akan meninggal dunia.

Hilangnya nafsu makan ini terjadi secara drastis dan terjadi perbedaan yang sangat jelas pada porsi makannya sehari - hari terutama pada hari-hari terakhir menjelang kematiannya. 

5. Sering Mengantuk

Sering mengantuk merupakan salah satu dari tanda - tanda dari akan datangnya kematian yang semakin dekat untuk seseorang. Hal ini seringkali di anggap hal yang biasa karena manusia memang menghabiskan sebagian besar waktunya di dunia untuk tidur sehingga pada saat kematian mendekat akan merasa sering mengantuk.

6. Menarik Diri Dari Pergaulan

Tanda-tanda orang yang akan meninggal dunia lainnya adalah orang tersebut akan menarik diri dari pergaulannya sehari - hari. Orang tersebut juga akan melakukan hal yang berbeda dengan apa yang biasanya dilakukan (bertindak di luar kebiasaannya selama ini). 

Orang tersebut juga biasanya akan lebih sering melamun seorang diri, bahkan kadang - kadang sampai ketiduran. Orang tersebut sudah tidak memiliki minat pada segala aktivitas sosial dan kehidupannya lagi.

7. Merasa Gelisah

Perasaan gelisah merupakan hal biasa yang dialami oleh kebanyakan orang, namun pengertian gelisah disini lebih kepada perasaan gelisah dan perasaan tidak nyaman pada hal yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti. 

Kegelisahan tersebut mengakibatkan seseorang tidak bisa tidurdengan nyenyak. Jika ada teman atau Anda sendiri yang merasakannya, mungkin ini menjadi salah satu pertanda bahwa Anda harus segera bersiap untuk meninggalkan dunia yang fana ini.

8. Tiba-Tiba Menjadi Pelupa

Orang yang akan meninggal dunia seringkali merasa bingung atau linglung serta mengalami disorientasi. Jika ada kerabat yang masih dalam keadaan sakit dan tidak sadarkan diri atau sedang koma, maka Anda sebaiknya selalu mengajaknya untuk berbicara serta menceritakan berbagai cerita agar dia tidak linglung. 

Hal ini sangat penting karena orang yang sedang tidak sadar bukan berarti tidak bisa mendengarkan suara Anda. Mereka tetap bisa mendengarkan suara Anda namun tidak bisa bangun dari ketidaksadarannya tersebut.

Pahami 16 Tanda Tanda Orang Akan Meninggal Dunia
credit:https://www.hidayatullah.com/

9. Bicara Tidak Jelas (Tidak Nyambung)

Bicara tidak jelas dan setiap di ajak bicara tidak nyambung merupakan tanda - tanda akan datangnya kematian pada seseorang yang telah di ketahui secara umum. Banyak orang yang merasa heran dengan apa yang dikatakan orang yang akan meninggal dunia karena perkataannya sangat tidak wajar dan terasa janggal. 

Seperti misalnya orang tersebut secara tiba - tiba berkata, "Aku ingin pulang", "Rasanya lelah sekali, sudah tidak bisa melanjutkan lagi", "Jaga baik-baik orang yang aku sayang ya""Besok mau tidak mengantarkan aku ke suatu tempat?" dan perkataan lainnya yang menimbulkan tanda tanya besar bagi orang yang mendengarnya.

Mengapa? Karena tidak biasanya orang tersebut mengatakan kata - kata tersebut dan kemungkinan kata - kata tersebut terlontar di luar kesadarannya sendiri.

10. Mengalami Sesak Nafas

Kondisi seperti ini banyak dialami oleh orang yang akan meninggal dunia yaitu mengalami kesulitan dalam bernafas, terutama untuk orang yang sedang sakit parah. 

Jika kondisi seperti ini terjadi, sebaiknya Anda segera melakukan penanganan langsung yaitu dengan memberikannya oksigen atau dengan menidurkan dalam posisi bantal yang tinggi dan membaringkannya dengan posisi miring. Jangan lupa juga untuk mengarahkan bagaimana cara melakukan olah nafas yang baik dan benar.

11. Sering Berbicara Sendiri

Mungkin Anda tidak akan percaya dengan tanda-tanda orang yang akan meninggal dunia tersebut, namun kenyataannya seringkali memang demikian, dimana orang yang akan meninggal dunia jadi sering berbicara sendiri dan tertawa sendiri seperti dia sedang berbicara dengan orang lain namun tidak terlihat.

Sebenarnya dalam mitologi suku Jawa hal tersebut telah di ketahui sejak lama, dimana disebutkan bahwa setiap manusia memiliki 7 saudara yang tidak terlihat dan ketika manusia akan meninggal dunia, maka ke tujuh saudaranya tersebut akan datang dan mengajaknya untuk berinteraksi. 

Dalam mitologi suku Jawa juga disebutkan bahwa tujuh saudara tersebut memberikan nasihat terakhir dalam kehidupannya dan kemudian mereka menyuruh orang tersebut untuk bersiap-siap karena hendak pergi dan menemui Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai pemiliknya. Jadi, meskipun terasa aneh namun sisi spiritual memang selalu ada di dalam kehidupan ini.

12. Kehilangan Kendali Sistem Organ Tubuh

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya diatas, bahwa salah satu ciri orang yang akan meninggal dunia adalah hilangnya nafsu makan. 

Karena di dalam tubuh tidak mendapatkan asupan gizi dan nutrisi maka akan membuat kualitas darah dalam tubuh berkurang sehingga kinerja sistem organ di dalam tubuh menjadi terganggu. Salah satu organ yang cepat kehilangan fungsinya adalah ginjal yang ditandai dengan warna urin yang berubah menjadi kuning dan pekat.

13. Tiba-Tiba Mengingat Orang Yang Telah Meninggal Dunia Dan Membicarakannya

Orang yang akan meninggal dunia juga seringkali mendapatkan firasat aneh yaitu teringat pada orang yang telah meninggal terutama orang yang dulu dekat dengannya semasa hidup. Mereka juga seringkali menyebutkan bahwa orang yang telah meninggal tersebut sedang berada dengannya saat itu. 

Firasat tersebut terkadang membuat para anggota keluarga menjadi was-was karena merupakan salah satu tanda yang cukup akurat bahwa orang tersebut akan meninggal dunia.

14. Merasakan Kedinginan (Menggigil)

Ketika waktu kematian semakin mendekat, maka sirkulasi peredaran darah akan menarik diri dari pembuluh darah dan hanya terdapat pada pinggiran pembuluh darah saja. hal ini menyebabkan bagian tubuh terasa sangat dingin terutama di bagian tangan dan kaki. Bagian kuku juga menjadi pucat dan berubah menjadi warna biru.

15. Berbintik-Bintik Di Daerah Vena

Kondisi tersebut terjadi dengan ditandai dengan mulai memucatnya warna kulit atau kulit berubah menjadi biru keunguan yang disebabkan karena terganggunya fungsi sirkulasi peredaran darah. 

Selain itu juga bisa dilihat dengan jelas pada bagian telapak kaki. Hal ini juga dijelaskan pada agama Islam bahwa nyawa ditarik dari kepala sehingga bagian kaki akan "mati"  terlebih dahulu. Artinya bagian kaki adalah bagian yang pertama kali akan menjadi dingin dan berwarna pucat.

16. Kotoran Yang Memburuk

Keadaan ini bisa dilihat pada orang yang akan meninggal dunia karena sakit. Orang yang akan meninggal dunia akan menguras seluruh isi perutnya sehingga seringkali kotoran yang di keluarkannya bewarna hitam.

Demikian ulasan artikel mengenai 16 tanda-tanda orang yang akan meninggal dunia. Anda boleh percaya dan boleh juga tidak percaya karena kematian memiliki takdirnya masing-masing dan tidak semua orang memberikan tanda - tanda yang sama. 

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda serta dapat menambah kadar keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Rekomendasi Topik Dari Penulis
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar