Skip to main content

8 Keistimewaan Hari Jum'at Yang Perlu Anda Ketahui

8 Keistimewaan Hari Jum'at Yang Perlu Anda Ketahui

Dalam tujuh hari dalam seminggu, hari Jumat merupakan hari paling spesial bagi seluruh umat Islam di penjuru dunia. Mengapa? Karena pada hari Jum'at, Allah SWT menjamin keberkahan yang begitu melimpah. 

Selain karena di dalamnya diselenggarakan ibadah shalat Jum'at, masih banyak lagi kemuliaan - kemuliaan lainnya di hari Jum'at tersebut.

Sebagai gambaran untuk Anda, di bawah ini adalah sejumlah keistimewaan hari Jum'at, antara lain:

  • Dijadikan Nama Salah Satu Surah Dalam Al-Qur'an
  • Nabi SAW Menyebutnya Sebagai Hari Terbaik
  • Waktu Mustajab Untuk Berdo'a
  • Bersedekah Di Hari Jum'at Lebih Berpahala
  • Hari Dimana Allah SWT Mengampuni Dosa-Dosa Hambanya Yang Bertaubat
  • Tiap Langkah Untuk Shalat Jum'at Setara Dengan Puasa Dan Shalat Satu Tahun
  • Hari Raya Dan Bersih Diri
  • Meninggal Dunia Pada Hari Jum’at Atau Malamnya Adalah Tanda Husnul Khatimah

Kita akan coba untuk menelaah lebih dalam lagi kemuliaan - kemuliaan hari Jum'at diatas dalam uraian di bawah ini.

1. Dijadikan Nama Salah Satu Surah Dalam Al-Qur'an

Tak ada hari lain selain hari Jum'at yang diabadikan sebagai nama dari salah satu surah dalam Al-Quranul Karim. Surah ke-62 dalam Al-Qur'an dinamakan surah Jum'at (Jum’ah) karena di dalamnya dijelaskan kewajiban dan keutamaan shalat Jum'at.

Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya:

"Hai orang-orang beriman, apabila dipanggil untuk melaksanakan shalat di hari Jumat, segera ingat Allah dan tinggalkanlah perdagangan. Hal ini lebih baik bagimu jika kamu tahu" [QS. Jumu'ah :9]

2. Nabi SAW Menyebutnya Sebagai Hari Terbaik

Rasulullah SAW secara khusus telah menyebutkan bahwa hari Jum'at sebagai hari terbaik karena sejumlah alasan. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam, Beliau bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.

Artinya:

"Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at." [HR. Muslim]

3. Waktu Mustajab Untuk Berdo'a

Dalam sebuah hadits, dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW telah bersabda:

فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.

Artinya:

"Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menun-jukkan sedikitnya waktu itu"

Menurut pendapat dari Ibnul Qayyim waktu tersebut mulai dari duduknya imam hingga ditunaikannya shalat dan setelah waktu 'Ashar. (Zaadul Ma’ad I/389-390).

4. Bersedekah Di Hari Jum'at Lebih Berpahala

Kapan pun kita melakukan sedekah, maka pahalanya sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun demikian,  jika sedekah tersebut diberikan pada hari Jum'at, maka pahalanya akan jauh lebih besar lagi.

Menurut sebuah riwayat, disebutkan bahwasannya Rsulullah SAW bersabda, "Bersedekah di dalamnya lebih besar (pahalanya) daripada bersedekah pada hari lainnya."

5. Hari Dimana Allah SWT Mengampuni Dosa-Dosa Hambanya Yang Bertaubat

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah haditsnya sebagai berikut:

لاَ يَغْتَسِلُ رَجُلٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَتَطَهَّرُ مَا اسْتَطَاعَ مِنْ طُهْرٍ وَيَدَّهِنُ مِنْ دُهْنِهِ أَوْ يَمَسُّ مِنْ طِيبِ بَيْتِهِ ثُمَّ يَخْرُجُ فَلاَ يُفَرِّقُ بَيْنَ اثْنَيْنِ ثُمَّ يُصَلِّي مَا كُتِبَ لَهُ ثُمَّ يُنْصِتُ إِذَا تَكَلَّمَ اْلإِمَامُ إِلاَّ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ اْلأُخْرَى.”

Artinya:

"Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jumat dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jumat ini dengan Jumat lainnya." [HR Bukhari].

6. Tiap Langkah Untuk Shalat Jum'at Setara Dengan Puasa Dan Shalat Satu Tahun

Hal ini ditegaskan oleh hadits  Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Aus bin Aus, yang artinya:

"Siapa yang mandi lalu berwudhu pada hari Jumat, lalu ia bersegera dan bergegas (untuk shalat), kemudian ia mendekat kepada imam dan diam, baginya pada setiap langkah kaki yang ia langkahkan (ada pahala) puasa dan sholat setahun. Yang demikian ini adalah sesuatu yang mudah bagi Allah." [HR Ahmad dan Ashhabus Sunnan, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah].

7. Hari Raya Dan Bersih Diri

Di riwayatkan dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW telah bersabda, "Sesungguhnya hari ini adalah hari Ied yang Allah jadikan bagi kaum Muslimin. Siapa yang mendapati hari Jumat, hendaknya ia mandi.” [HR. Ibnu Majah]

8. Meninggal Dunia Pada Hari Jum’at Atau Malamnya Adalah Tanda Husnul Khatimah

Setiap muslim senantiasa berharap untuk meninggal dunia secara husnul khatimah. Salah satu di antara  tanda - tanda seseorang yang meninggal dalam keadaan husnul khatimah adalah ketika seseorang tersebut meninggal di hari Jumat.

Namun demikian, ini bukan berarti bahwa jika seseorang kemudian meninggal di hari lain selain hari Jum'at merupakan pertanda su’ul khatimah (akhir yang buruk).

Dari Ibnu Amr, Rasulullah SAW telah bersabda, "Tidaklah seorang Muslim yang meninggal dunia pada hari Jum’at atau pada malam Jum’at, kecuali Allah Ta’ala lindungi dari kesengsaraan kubur." [HR. Ahmad dan Turmudzi]

Demikianlah uraian artikel mengenai 8 Keistimewaan Hari Jum'at Yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Rekomendasi Topik Dari Penulis
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar